Sabtu, 18 Juni 2016


TUGAS
TELAAH MATERI BAB RIBA, BANK, DAN ASURANSI

Dibuat Guna Memenuhi Tugas Telaah Materi Mata Pelajaran Fiqih pada Madrasah Aliyah
Dosen Pengampu : Drs. Abdul Rozak Assowy

Description: https://lutfiarriza.files.wordpress.com/2014/12/unisnu.png
 













Disusun Oleh :
ACHMAD SA’DUL KHALIQ

NIM 213176




FAKULTAS TARBIYAH

UNIVERSITAS ISLAM NAHDLATUL ULAMA’ JEPARA
TAHUN 2016



KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT, dengan petunjuk dan kasih sayangnya, akhirnya kami dapat menyelesaikan makalah ini dengan segala batas kemampuan kami.
Sholawat serta salam tetap tercurahkan kepada Nabi Muhammad S.A.W yang telah membawa kita kepada jalan yang terang bendarang yakni dinnul islam.
Dalam penulisan makalah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang Telaah Materi Fiqih Madrasah Aliayh dengan bab riba, bank, dan asuransi sesuai dengan SK KD yang sesuai dengan aturan pemerintah.
Ucapan terima kasih tidak lupa kami sampaikan kepada :
1.      Bapak Drs. H. A. Slamet, M.Si. selaku dosen mata kuliah Telaah Materi PAI II yang telah mencurahkan tenaga dan fikirannya demi terselesaikannya makalah ini.
2.      Semua pihak yang telah membantu penulisan makalah ini.
Tiada yang pantas kami berikan kecuali hanya do'a semoga bantuan dan amal baik yang telah diberikan kepada kami mendapat balasan dari Allah.
Semoga makalah ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita dan pengetahuan kita. Dan untuk menambah kesempurnaan dalam makalah ini, kami mengharap adanya kritik dan saran yang membangun bagi para pembaca.

Jepara, 10 Juni 2016



Penyusun



BAB I
PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang
Pendidikan merupakan sebuah sarana penting yang senantiasa dibutuhkan oleh setiap manusia untuk meningkatkan mutu dan kualitas pribadinya masing-masing serta untuk mengentaskan manusia dari jurang kebodohan, kemalasan dan ketimpangan sosial. Pendidikan merupakan solusi atau jalan keluar untuk mengatasi berbagai masalah yang dialami oleh manusia dari dulu hingga sekarang.
Berbicara tentang pendidikan agama Islam tentu perannya sangat penting dalam hal mengarahkan manusia untuk berkehidupan secara baik dan benar, untuk itu perlu kiranya pendidikan agama Islam lebih difokuskan untuk dipelajari khususnya oleh kaum penuntut ilmu.
Kita sebagai mahasiswa yang menekuni bidang PAI harus dapat menyiapkan segala sesuatu mengenai proses kegiatan belajar mengajar sehingga menjadi mahasiswa yang berkompeten di bidangnya dalam garis besar sebagai seorang guru. Yang harus diperhatikan sebelum melakukan proses tersebut adalah menelaah materi yang akan diajarkan, apakah itu sudah sesuai dengan kurikulum, peserta didik maupun pengajar. Tidak hanya dengan menelaah materinya saja, tapi juga menelaah standar kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD) yang akan kita ajarkan kepada peserta didik. Semuanya itu dilakukan agar kegiatan belajar mengajar yang kita lakukan dapat terlaksana dengan maksimal dan optimal.
Pelajaran Fiqih merupakan salah satu mata pelajaran PAI yang diajarkan di MA. Dimana materi ini sangat peting untuk diberikan kepada peserta didik agar mereka memiliki wawasan dan pengetahuan tentang hukum-hukum syariah Islam, selain itu mata pelajaran ini juga mendorong manusia untuk lebih berhati-hati dalam menjalankan kehidupannya di dalam setiap tindakan agar selalu mengacu pada kaidah-kaidah yang telah di tentukan oleh al-qur’an dan hadits dan melelauli ijma’ dan qiyas oeh para ulama’ terdahulu.
Oleh karena itu kahediran materi Fiqih ini menjadi sesuatu yang bermanfaat. Dengan materi Fiqih siswa diajak untuk mendalami kajian-kajian hukum dalam kehidupan sehari-hari.

B.     Fokus-Fokus Batasan Telaah
Telaah penjelasan yang kami lakukan berikut memfokuskan pada penjelasan yang ada dalam materi Fiqih Madrasah Aliyah kelas X, yakni:
1.      Bagaimana penjelasan materi Fiqih MA kelas X terutama pada bab
2.      Bagaimana kesesuaian materi bab  dengan SK dan KD yang ada

C.    Tujuan Telaah Materi
Adapun tujuan penulisan telaah materi kami adalah sebagai berikut:
1.      Untuk mengetahui bagaimana telaah penjelasan materi Fiqih bab Pada Madrasah Aliyah.
2.      Untuk mengetahui sejauh mana hasil telaah Penjelasan materi Fiqih bab pada  Madrasah Aliyah kelas X.

D.    Pentingnya Penelitian Telaah Materi PAI
Materi Fiqih merupakan salah satu bagian yang penting dari kegiatan belajar mengajar di lingkup pendidikan yang berada di bawah naungan Kementerian Agama. Oleh karena itu, kesesuaian isi subtansi, ketepatan pembagian materi, alokasi pembagian SK dan KD harus sangat diperhatikan agar tujuan nasional pendidikan dapat tercapai, kemudian dari segi aspek-aspek lainnya juga harus disesuaikan sehingga nanti akan terciptalah sebuah materi yang tepat untuk diajarkan kepada peserta didik.







BAB II
RENCANA PEMBAHASAN MATERI

A.    RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah            :         MA Al-Kahfi
Mata Pelajaran            :         Fiqih
Kelas/ semester           :         X/ II
Alokasi Waktu            :         4 jam (2 x pertemuan)

A.    Standar Kompetensi
Memahami riba, bank, dan asuransi
B.     Kompetensi Dasar
1.      Menjelaskan hukum riba, bank, dan asuransi
2.      Menerapkan ketentuan islam tentang riba, bank, dan asuransi

C.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu :
           1.    Menjelaskan pengertian tentang Hukum riba.
           2.    Mengkaji dampak sosial dari praktek ekonomi ribawi
           3.    Merefleksikan larangan riba.
           4.    Menterjemahkan dalil dan Membaca dalil-dalil tentang Hukum riba
           5.    Mendiskusikan tentang hakekat riba dari dalil-dalil dalam al-Qur’an dan al-Sunnah.
           6.    Menyimpulkan tentang tentang Hukum riba.

D.    Materi Pembelajaran
1.      Arti riba, hukum riba, hikmah diharamkannya riba
2.      Arti bank, tujuan bank, fungsi bank, bank islam, hukum bunga bank
3.      Pengertian asuransi, tujuan asuransi, asuransi islam

E.     Metode Pembelajaran
1.      Ceramah: metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal
2.      Tanya jawab tentang akhlak terpuji yang siswa ketahui
3.      Diskusi
4.      Inkuiri
5.      Pengamatan

F.     Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Waktu
Aspek life skill yang dikembangkan

1.      Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
o   Memberikan salam dan memulai pelajaran dengan basma-
lah serta mengecek siswa yang tidak masuk.
o   Memberikan apersepsi/ materi yang ada hubungan dengan materi yang diajarkan serta memberikan motivasi.
o   Menyampaikan kompetensi  dari materi  yang akan diajarkan
o   Menjelaskan tujuan yang ingin dicapai dari materi yang akan diajarkan
2.      Kegiatan inti
o   Guru menunjuk salah seorang siswa untuk menjelaskan pengertian Hukum riba.
o   Siswa membuka Al-Qur’an untuk mencari  dalil yang berkaitan dengan materi (eksplorasi)
o   Siswa ditunjukkan dalil nakli ketentuan Hukum riba.
o   Siswa memabaca dalil nakli yang berkaitan dengan materi/yaitu Hukum riba.
o   Guru menunjuk Siswa Sugi dan siswa lain untuk menjelaskan Hukum riba.
o   Guru bertanya kepada siswa tentang Hukum riba.
o   Siswa mengidentifikasi hakekat riba dari dalil-dalil dalam al-Qur’an dan al-Sunnah.


Pemahaman Konsep











3.      Kegiatan penutup.
o   Mengadakan tanya jawab tentang Hukum riba.
o   Guru merangkum materi yang baru saja diajarkan.
o   Guru menugaskan keada siswa mencari dail nakli yang berhubungan Hukum riba.
o   Menutup pelajaran dengan membaca salam dan membaca hamdalah




G.    Sumber Belajar :
·  Internet dan Intranet
·  Buku paket Penidikan Agama Islam kelas X
·  Buku buku yang relevan dengan materi yang diajarkan
·  LKS Fiqih
·  LCD
·  Al-Qur’an dan terjemahannya
·  Dll

H.    Penilaian :

Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
Ø  Menjelaskan pengertian dan hukum riba
Tes tulis
Uraian
Ø  Jelaskan pengertian dan hukum riba?
Ø  Menyebutkan macam-macam riba
Tes tulis
Isian
Ø  Sebutkan macam-macam riba ?
Ø  Menjelaskan hikmah dilarangnya riba
Tes tulis
Uraian
Ø  Jelaskan hikmah dilarangnya riba ?
Ø  Mau menjauhi praktek riba
Tes tulis
Uraian
Ø  Gimana Cara Mau menjauhi praktek riba ?



Mengetahui
Kepala MA Al-Kahi




Ahmad Sirojudin Abbas, SE
Jepara, 10 Juli 2015
Guru Mapel




Ulin Nuha, SHI, MSI




BAB III
MATERI TELAAH

Materi yang saya telaah bersumber dari buku paket yang berjudul Pengamalan Fiqik untuk kelas X  Madrasah Aliyah Jilid I kurikulum KTSP ditulis oleh M. Rizal Qosim diterbitkan tahun 2008 oleh PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri. Materi yang saya telaah adalah bab Riba, Bank, dan Asuransi pada halaman158 sampai 172.

BAB IV
HASIL TELAAH MATERI

A.    Telaah Subtansi
Menurut kami materi pembelajaran Fiqih mengenai bab Riba, bank, dan asuransi tersebut mudah dipahami oleh peserta didik pada tingkat MA sesuai dengan kemampuan peserta didik pada jenjang tersebut. Setiap materi disesuaikan dengan tingkatan kelasnya.
Namun ada beberapa kekurangan dalam materi bab Riba, bank, dan asuransi MA Kelas X di dalam modul pembelajaran Fiqih MA tidak di cantumka contoh masalah masalah yang terjadi pada masa saat ini yang sedetail mungkin, alangkah baiknya di kolaborasikan dengan masalah-masalah saat ini yang benuh dengan berbagai cara untuk meghalalkan perkara yang samar untuk menjadi halal.

B.     Telaah Formatif
1.      Telaah SK/KD
Menurut kami Mudul Pembelajaran Fiqih mengenai bab Riba, bank, dan asuransi tersebut telah sesuai dengan SK dan KD yang telah ada. Setelah menelaah  SK-KD dan uraian materi Fiqih mengenai bab Riba, bank, dan asuransi tersebut, dapat kita klasifikasikan secara global kompetensi – kompetensi sesuai dalam tiga domain :
a.       Domain Kognitif
Domain kognitif berhubungan dengan kemampuan berfikir, termasuk didalamnya kemampuan menghafal, memahami, mengaplikasi, menganalisis, mensintesis, dan kemampuan mengevaluasi sehingaa kompetensi yang masuk dalam domain ini adalah kompetensi yang redaksinya berbunyi antara lain : Menghafal , memahami, mengidentifikasi, menerjemahkan.
b.      Domain Psikomotorik
Domain yang berkaitan dengan keterampilan (skill) atau kemampuan bertindak setelah seseorang menerima pengalaman belajar tertentu, maka kompetensi yang masuk dalam domain ini adalah kompetensi yang redaksinya berbunyi antara lain : menerapkan menunjukan sikap sosial tertentu.
c.       Domain Afektif
Domaim yang berkaitan dengan sikap dan nilai. Ranah afektif mencakup watak perilaku seperti perasaan, minat, sikap, emosi, dan nilai. Berdasarkan penjelasan tersebut ada kompetensi yang secara khusus menyuratakan muatan ranah afektif antara lain keteladanan.

2.       Telaah Metode
Menurut kami Metode yang tepat adalah Diskusi dan Inkuiri walaupun kita tahu bahwa tidak ada satupun metode yang tepat digunakan dalam pembelajaran, kenapa kami memilih Metode Diskusi dan Inkuiri karena didalam Metode Diskusi  karena Kurangnya minat siswa mempelajari Fiqih mengenai bab Riba, bank, dan asuransi tersebut disebabkan oleh proses belajar mengajar yang berlangsung secara imposisi. Hal ini mengakibatkan kejenuhan pada anak didik. Oleh karena itu, salah satu metode yang tepat digunakan oleh guru adalah metode diskusi untuk memecahkan disetiap masalah-masalh hukum. Penerapan metode diskusi dalam pembelajaran Fiqih mengenai bab Riba, bank, dan asuransi tersebut mampu membangkitkan keaktifan siswa sehingga suasana kelas menjadi lebih hidup. Dan Metode Inquiri Dalam kegiatan belajar mengajar, metode inkuiri merupakan suatu strategi pembelajaran yang memungkinkan para peserta didik untuk mendapatkan jawabannya sendiri, dan tak lupa juag Metode Ceramaha metode tradisional yang tak mungkin juga ditinggalkan.


3.       Telaah Bahasa
Menurut kami bahasa yang digunakan dalam modul pembelajaran Fiqih mengenai bab Riba, bank, dan asuransi tersebut mudah untuk dipahamai siswa karena didalamnya menggunkan bahasa yang mudah dipahami. Tidak terlalu banyak mengunakan basa ilmiyah. Karena pada tingkatn kelas X pada umumnya masih bingung kalau terlalu banyak mengunakan bahasa ilmiyah. Kecuali jika bahasa itu terus di perjelas.

4.      Telaah Media
Menurut kami media yang cocok adalah menggunakan banyak refrensi lain yang selalu mengaitkan setiap hukum-hukum dan alasan-alasan yang kuat.

5.      Telaah Evaluasi
Menurut kami evaluasi yang dilakukan sudah bagus yang mana dalam Modul sudah mewakili materi yang telah dibuat.

6.      Alokasi Waktu
Untuk alokasi watktu sudah cukup bagus yaitu 2x40 karena waktu itu cukup untuk menyampaikan materi



BAB V
PENUTUP
A.    Kesimpulan
     Telaah materi PAI dengan mata pelajaran Fiqih yang berjudul Riba, Bank, dan Asuransi sangatlah diperlukan karena masih banyak instansi sekolah yang kurang tepat, kurang sesuai dengan kurikulum yang diamanatkan dari pemerintah. Bahkan ada pihak pendidik yang tidak melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya dalam hal tertib administrasi seperti tidak adanya silabus dan RPP dalam melaksanakan pembelajarannya, padahal silabus dan RPP itu yang akan menjadi acuan atau pedoman pendidik dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di dalam kelas. Adanya silabus dan RPP juga mencerminkan keprofesionalan seorang pendidik yang mana dapat menyelesaikan tertib administrasi sesuai dengan kebutuhannya tanpa ada campur tangan orang lain. Selain itu silabus dan RPP yang dibuat pun sesuiai dengan kebutuhan dan kondisi dari peserta didik, kemampuan pendidik dan sarana fasilitas yang disediakan oleh pihak sekolah serta sesuai dengan biaya yang dianggarkan dalam melksanakan proses kegiatan belajar mengajar sehingga dapat berjalan lancar.



Posted on by Abd.Rozaq.6.PAI.A.7.TelaahPAI.UNISNU.JEPARA | 2 comments

2 komentar:

  1. Wynn casino, spa and hotel map - Dr.MCD
    The Wynn 밀양 출장마사지 casino is a hotel and casino located in 서귀포 출장샵 Las 군산 출장안마 Vegas, Nevada, United States. The Wynn Las Vegas is a luxury resort 공주 출장샵 and casino, located 강원도 출장안마 in

    BalasHapus