Sabtu, 18 Juni 2016

TELAAH MATERI KELAS VII SEMESTER II SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM

NAMA           : ANI MUFLIHAH
NIM                : 131310000730
Kelompok      : 2


BAB I
TELAAH MATERI KELAS VII SEMESTER II
SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM

A.        Latar Belakang

Di dalam UU No. 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dinyatakan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka salah satu bidang studi yang harus dipelajari oleh peserta didik di Madrasah adalah pendidikan agama Islam, yang dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia.

Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah terdiri atas empat mata pelajaran,  yaitu: Al-Qur’an-Hadis, Akidah-akhlak, Fikih, dan tarikh (sejarah) kebudayaan Islam. Masing-masing mata pelajaran tersebut pada dasarnya saling terkait, isi mengisi dan melengkapi. aspek Tarikh & kebudayaan Islam menekankan pada kemampuan mengambil ibrah dari peristiwa-peristiwa bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh berprestasi, dan mengaitkannya dengan fenomena sosial, budaya, politik, ekonomi, ipteks dan lain-lain untuk mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.

Sejarah Kebudayaan Islam di MTs merupakan salah satu mata pelajaran yang menelaah tentang asal-usul, perkembangan, peranan kebudayaan/peradaban Islam dan para tokoh yang berprestasi dalam sejarah Islam di masa lampau, mulai dari perkembangan masyarakat Islam pada masa Nabi Muhammad SAW dan Khulafaurrasyidin, Bani ummayah, Abbasiyah, Ayyubiyah sampai perkembangan Islam di Indonesia.  Secara substansial mata pelajaran Sejarah Kebudayan Islammemiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati Sejarah Kebudayaan Islam, yang mengandung nilai-nilai kearifan yang dapat digunakan untuk melatih kecerdasan,  membentuk sikap, watak dan kepribadian peserta didik.


BAB II
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
Ø  KELAS VII SEMESETR 2 BAB 4
            SEJARAH PERKEMBANGAN ISLAM PADA MASA KHULAFAURRASYIDIN
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
4.      Memahami sejarah perkembangan Islam pada masa Khulafaurrasyidin
4.1.  Menceritakan berbagaiprestasi yang dicapai oleh Khulafaurrasyidin
4.2.  Mengambil ibrah dari prestasi-prestasi yang dicapai olehKhulafaurrasyidin untuk masa kini dan yang akan datang
4.3.  Meneladanigayakepemimpinan Khulafaurrasyidin
5.      Memahami perkembangan Islam pada masa Bani Umaiyah
5.1    Menceritakan sejarah berdirinya daulah Amawiyah
5.2    Mendeskripsikanperkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah
5.3    Mengidentifikasitokoh ilmuwan muslim dan perannya dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah
5.4    Mengambil ibrah dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah untuk masa kini dan yang akan datang
5.5    Meneladanikesederhanaan dan keshalehan Umar bin Abdul Aziz















BAB III
URAIAN MATERI

Kelas VII semester II
     Menjelaskan berbagai prestasi yang dicapai Khulafaurrasyidin
      Mengklasifikasi prestasiKhulafaurrasyidin
      Menjelaskan prestasiKhulafaurrasyidin yang menonjol
    Modifikasi Al-qur’an
    Perluasan wilayah Islam
    Menata administrasi dan membenahi keuangan negara
    Memajukan bidang pembangunan
    Perluasan wilayah islam
         Menjelaskan hikmah yang dapat diambil dari prestasi Khulafaurrasyidin
         Mengkaitkan prestasi Khulafaurrasyidin dengan perkembangan kondisi sekarang
    Meneladani prestasi-prestasi yang dicapai dan kepemimpinan yang tegas dan teguh dalam memegang kebenaran
    Dengan adanya prestasi yang dicapai khulafaurrosyidin kita dapat mencontohdalam menghayati dan mengamalkan ajaran islam
         Menjelaskangayakepemimpinan Khulafaurrasyidin
         Mengidentifikasigayakepemimpinan Khulafaurrasyidin
         Mengklasifikasigayakepemimpinan Khulafaurrasyidin
      Abu Bakar As Siddiq : lemah lembut dan Tegas
      Umar bin Khattab : cerdas, tegas dan mengutamakan kepentingan rakyat
      Utsman bin Affan : penyantun dan sabar
      Ali bin Abi Tholib : Tegas dan Mengutamakan kebenaran
      Dlm kondisi pmrinthan  yg labil, perlu pemimpin yg tegas. Spt Abu Bakar & Ali bin Abi tholib
      Gaya kepemimpinan yang cerdas dan bersih dimiliki Umar bin Khattab
      Ustman bin Affan memiliki gaya kepemimpinan yang shaleh dan lembut
      Khulafaurrasyidin memiliki gaya kepemimpinan yang berbeda













BAB IV
ANALISA KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR
Analisa Kompetensi
Kelas VII semester Genap
4.1.   Menceritakan berbagaiprestasi yang dicapai oleh Khulafaurrasyidin
4.2.   Mengambil ibrah dari prestasi-prestasi yang dicapai olehKhulafaurrasyidin untuk masa kini dan yang akan datang
4.3.   Meneladanigayakepemimpinan Khulafaurrasyidin
Kognitif
Afektif

Afektif
1.1.   Menceritakan sejarah berdirinya daulah Amawiyah
1.2.   Mendeskripsikanperkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah
1.3.   Mengidentifikasitokoh ilmuwan muslim dan perannya dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah
1.4.   Mengambil ibrah dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah untuk masa kini dan yang akan datang
1.5.   Meneladanikesederhanaan dan keshalehan Umar bin Abdul Aziz
Kognitif
Kognitif

Kognitif

Afektif

Afekt

BAB V
EVALUASI MATERI SKI KELAS VII
A.    KRITIK
1.         Indikator pencapaian kompetensi dalam Silabus SKI kelas VII semester terdapat point penjelasan misi kehadiran nabi khusus untuk umat Islam, sedangkan hal tersebut tidak terdapat dalam RPP.
2.         Dalam Silabus dan RPP SKI kelas VII semester 1 mencantumkan indikator pencapaian kompetensi penjelasan tentang kondisi masyarakat Arab sebelum kelahiran nabi, sedangkan hal tersebut tidak tercantum dalam buku acuan (bahan ajar).
3.         Terdapat ketidak jelasan pada salah satu point evaluasi/penilaian yang tercantum dalam RPP SKI kelas VII semester 1, yakni, tentang penulisan ayat al-Qur’an.
4.         Pada Silabus SKI kelas VII semester 2 tidak terdapat indikator pencapaian kompetensi mengenai penyebutan dalil naqli berkenaan dengan misi nabi sebagai pembawa rahmat kepada seluruh alam, pembawa kedamaian, kesejahteraan dan kemajuan masyarakat, sebagaimana tercantum dalam RPP.

B.      SARAN/SOLUSI

1.      Seluruh komponen dalam RPP seharusnya mengacu pada silabus, termasuk indikator pencapaian kompetensi, sehingga penyampaian materi lebih mengarah dan sistematis. Kalaupun terdapat sub materi yang perlu dikembangkan, maka seyogyanya tetap memprioritaskan terhadap apa yang tercantum dalam silabus.
2.      Seorang tenaga pengajar semestinya tidak hanya berpedoman pada buku paket saja untuk pengembangan materi, mengingat begitu luasnya materi yang harus disampaikan sedangkan alokasi waktu PAI di sekolah umum amat terbatas (tidak proporsional).
3.      Hal-hal yang dijadikan bahan evaluasi semestinya sesuai dengan point-point indikator pencapaian kompetensi (minimal sama dengan indikator pencapaian kompetensi, boleh lebih asalkan tidak melebar dari meteri yang ada).
4.      Perlu adanya pembenahan kembali dalam hal penyusunan RPP yang ideal dan prosedural karena masih banyak tenaga pengajar yang kurang begitu memperhatikan kaidah penyusunan RRP yang baik dan benar untuk lebih meningkatkan lagi kualitas pembelajaran.

C.    CATATAN TAMBAHAN
Ø   Aspek kognitif
       Baik melalui proses eksplorasi, elaborasi maupun konfirmasi, siswa telah mendapatkan pengetahuan seputar sejarah nabi Muhammad Saw. Berikut dengan misi beliau sebagai nabi dan rasul. Aspek ini lebih mendominasi daripada aspek lainnya.
Ø   Aspek psikomotorik
        Hal ini tercermin dalam pemberian tugas oleh guru terhadap siswa seperti pemberian tugas diskusi kelompok maupun latihan membaca beberapa dalil naqli.
Ø   Aspek afektif
        Berkenaan dengan materi tentang sejarah nabi Muhammad Saw. Siswa telah dimotifasi oleh guru agar tidak hanya sekedar memiliki wawasan mengenai sejarah nabi, namun juga meneladani akhlak beliau dalam kehidupan sehari-hari.

BAB VI
PENUTUP

Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan standar proses dan standar penilaian.
Demikian hasil tela’ah kelompok kami pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam kelas VII semester genap, semoga dapat bermanfaat. Dan tentunya masih banyak kekurangan . Untuk itu kritik dan saran yang membangun sangat kami butuh kan.

Sumber Meteri : Buku Pendidikan Agama Islam Untuk SMP Kelas VII, Depok: CV. Arya Duta, 2011


Posted on by Abd.Rozaq.6.PAI.A.7.TelaahPAI.UNISNU.JEPARA | No comments

0 komentar:

Posting Komentar