NAMA : KHOIRUN NISA
NIM : 131310000900
Kelompok:
III
TELAAH
PAI 2
AL-QUR’AN
HADITS KELAS X MA
(TUJUAN
DAN FUNGSI AL-QUR’AN)
Identitas
Al-Qur’an
adalah kalam Allah Swt. yang lafaznya berbahasa arab,yang diturunkan
kepada Nabi Muhammad saw. melalui
perantara malaikat
Jibril, sebagai mu’jizat, disampaikan kepada kita dengan cara mutawatir, telah
dihafalkan dengan baik oleh umat islam, ditulis dalam mushaf-mushaf dimulai
dengan surah al-fatihah dan diakhiri dengan surah an-Nas, dan membacanya
bernilai ibadah.
Al-Qur’an
merupakan sumber pokok bagi ajaran Islam. Al-qur’an juga merupakan sumber
hukum yang utama dan pertama dalam
islam. Sebagai sumber pokok ajaran ajaran islam, Al-qur’an berisi ajaran-ajaran
yang lengkap dan sempurna yang meliputi seluruh aspek yang di butuhkan dalam
kehidupan umat manusia,terutama umat Islam.
Allah
menurunkan al-qur’an dengan membawa kebenaran yang hakiki. Al-qur’an memiliki
beberapa fungsi dan tujuan bagi kehidupan manusia,terutama umat islam. Di
antaranya : Al-qur’an sebagai petunjuk bagi manusia, Al-qur’an sebagai sumber pokok ajaran islam, Al-qur’an sebagai
peringatan dan pelajaran bagi manusia.
Kompetensi
Inti
1.
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi
Dasar
1.3 Mengfungsikan al-Qur’an
secara tepat dan benar dalam kehidupan sehari-hari
2.3 Menunjukkan
perilaku yang mengamalkan ajaran al-Qur’an
3.3 Memahami tujuan dan
fungsi al-Qur’an
4.3 Menceritakan
kisah orang yang menjadikan al-Qur’an sesuai dengan tujuan dan fungsinya
Kompetensi Dasar dalam bab ini telah
sesuai dan mencakup Kompetensi Inti yang ada mulai dari aspek spriritual
(menghayati), sosial (membiasakan), pengetahuan (memahami) dan keterampilan
(mempraktikkan).
Materi
Setelah melihat dan memahami buku
Al-Qur’an Hadits MA kelas X Bab III penulis menganalisa bahwa materi yang
disajikan dalam buku sudah tertata dengan baik dan sesuai dengan KD yang ada serta indikator
pencapaian. Sebelum menginjak materi siswa diajak berfikir dengan menganalisa
ilustrasi gambar yang ada yang sesuai dengan materi.. Materi disajikan dengan dilengkapi
dalil/ ayat Al-Qur’an yang sesuai sebagai penegas materi.
Identifikasi
pencapaian
1. Indikator
pembelajaran
·
Menjelaskan tujuan dan fungsi Al-qur’an
·
Menunjukkan perilaku orang yang
mengfungsikan Al-qur’an
·
Menerapkan fungsi Al-qur’an
2. Tujuan
pembelajaran
Setelah
mengamati, menanya, mengeksplorasi, dan mengkomunikasikan diharapkan peserta
didik mampu:
·
Menjelaskan tujuan dan fungsi Al-qur’an
·
Menunjukkan perilaku orang yang
mengfungsikan Al-qur’an
·
Menerapkan fungsi Al-qur’an
Indikator pencapaian dalam bab ini sudah sesuai dengan KI/KD yang
ada dan materi yang disajikan dalam buku sudah dapat digunakan untuk mencapai
tujuan pembelajaran tersebut.
Alokasi Waktu
Alokasi waktu yang disediakan sudah sesuai dengan silabus yaitu 2X
tatap muka (45 menit x 4). Alokasi waktu yang disediakan sudah sesuai dengan
muatan materi yang disajikan dengan rincian 45 pertama dan kedua adalah
penjelasan materi (menyampaikan materi, mengamati gambar, tanya jawab,
penguatan materi), 45 ketiga; guru membagi kelompok kemudian melakukan diskusi
secara bergantian di depan kelas dan 45 menit terakhir adalah praktik bagi
siswa dalam kelas.
Sumber
Belajar
1.
Buku Pedoman Guru Mapel Al-Qur’an Hadts MA X,
Kemenag RI, 2014
2.
Buku Pegangan Siswa Mapel Al-Qur’an Hadits MA X, Kemenag RI, 2014
3.
Al-Qur’an dan terjamahanya
4.
Buku penunjang lainnya yang relevan
5.
Media cetak dan elektronik sesuai dengan materi
Metode Pembelajaran
Metode pembelajarn yang cocok untuk menguasai
materi ini diantaranya model direct instruction (model pengajaran
langsung) yang termasuk dalam rumpun model system perilaku (the behavioral
system family of model). Direct instruction diartikan sebagai
intruksi langsung, dikenal juga dengan active learning atau whole-class
teaching mengacu kepada gaya mengajar pendidik yang mengusung isi pelajaran
kepada peserta didik dengan mengajarakan/memberikan koreksi, dan memberikan
penguatan secara langsung. Model ini dipadukan dengan model artikulasi
(membuat/mencari pasangan yang bertujuan untuk mengetahui daya serap peserta
didik).
KBM/Proses
Belajar
Kegiatan
belajar mengajar yang harus dilakukan yaitu:
1.
Persiapan
·
Guru
mengucapkan salam dan berdoa bersama
·
Guru mengabsen terlebih dahulu sebelum di mulai
pelajaran
·
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
·
Guru mengajukan
pertanyaan secara komunikatif materi sebelumnya
·
Guru Menjelaskan
secara umum materi yang akan dipelajari hari ini
2.
Pelaksanaan
Pertemuan ke satu
·
Guru bersama
siswa mengawali materi dengan membaca ayat-ayat yang ada dalam tadabbur dan
memberikan penjelasan materi yang akan dipelajari secara umum
·
Siswa mengamati
gambar dan memberi tanggapan
·
Guru membentuk
kelompok sesuai dengan nomor dengan meminta siswa berhitung 1 sampai 7.
Masing-masing berkumpul/membentuk kelompok dengan nomor yang sama
·
Guru meminta
peserta didik untuk membaca materi dan menghafal ayat yang ada di
dalamnya.
·
Siswa saling menyimak hafalan dengan teman sekelompoknya
dan mendiskusikannya.
·
Guru memberi
pertanyaan kepada siswa apakah ada kesulitan
Pertemuan ke dua
·
Guru memberikan
kartu tentang riba, bank dan asuransi kepada siswa sesuai tema yang diberikan
pada pertemuan sebelumnya
·
Siswa menghafal ayat-ayat perkelompoknya masing-masing
·
Siswa mempresentasikan secara bergiliran sesuai kelompok
·
Kelompok yang
lain memberi tanggapan tentang presentasi yang sedang berlangsung
·
Kelompok yang
melakukan presentasi mencatat semua tanggapan dan pertanyaan dari kelompok
lain, menjawab dan mencatat pernyataan dari kelompok lain
·
Guru memberikan
penjelasan tambahan dan menguatkan jawaban yang dikemukakan peserta didik dalam
diskusi.
·
Guru dan
peserta didik menyimpulkan intisari pelajaran yang telah didiskusikan
·
Selama proses
pembelajaran guru menilai sikap siswa
3.
Kegiatan Akhir
·
Guru melakukan
penilaian dengan meminta siswa mengerjakan soal-soal pada buku siswa
·
Guru bersama
siswa melakukan refleksi tentang hal-hal yang telah dipelajari
·
Guru memberikan
motivasi kepada siswa agar rajin belajar dan menjelaskan jika akan diadakan
ulangan harian setiap menyelesaikan satu KD
·
Guru memberikan
tugas tertruktur
Teknik
evaluasi
1.
Penilaian
Penilaian
yang ada dalam buku buku Al-Qur’an Hadits
Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 MA Kelas X ini, sudah sesuai dengan
Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar yaitu dengan memperhatikan aspek
spiritual, sosial, pengetahuan serta keterampilan. Rincian penilaian antara
lain sebagai berikut:
a. Uraian Singkat
Catatan:
Skor jawaban tiap item soal 20
b. Essay
Catatan:
Skor jawaban tiap item soal 20
c. Portofolio dan Penilaian Sikap
Skor
penilaian sebagai berikut:
·
Jika peserta didik dapat mengumpulkan tugasnya tepat pada
waktu yang ditentukan dan perilaku yang diamati serta alasannya benar, nilai
100.
·
Jika peserta didik dapat mengumpulkan tugasnya setelah
waktu yang ditentukan dan perilaku yang diamati serta alasannya benar, nilai
90.
·
Jika peserta didik dapat mengumpulkan tugasnya setelah
waktu yang ditentukan dan perilaku yang diamati serta alasannya sedikit ada
kekurangan, nilai 80.
2.
Pengayaan
Peserta didik yang sudah menguasai
materi mengerjakan soal pengayaan tentang kedudukan Al-Qur’an, tujuan dan fungsi Al-Qur’an yang telah disiapkan oleh
guru (Guru mencatat dan memberikan tambahan nilai dari bagi peserta didik yang
berhasil dalam pengayaan)
3.
Remedial
Peserta didik yang belum menguasai
materi akan dijelaskan kembali oleh guru.Guru akan melakukan penilaian kembali
dengan soal yang sejenis atau memberikan tugas individu membuat makalah.
Remedial dilaksanakan pada waktu yang telah ditentukan, boleh pada saat
pembelajaran apabila masih ada waktu, atau diluar jam pelajaran (30 menit
setelah jam pelajaran selesai).
4.
Interaksi guru
dengan orang tua
Guru menggunakan buku penghubung kepada orang tua yang berisi tentang
perubahan perilaku siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran atau
berkomunikasi langsung baik tatap muka, bertelepon mengenai perkembangan
perilaku anak.
0 komentar:
Posting Komentar