Sabtu, 18 Juni 2016

TELAAH PAI 2 AL-QUR’AN HADITS KELAS X MA (TUJUAN DAN FUNGSI AL-QUR’AN)



NAMA     : KHOIRUN NISA
NIM         : 131310000900
Kelompok: III

                                                     TELAAH PAI 2
                                         AL-QUR’AN HADITS KELAS X MA
                                         (TUJUAN DAN FUNGSI AL-QUR’AN)


Identitas
     Al-Qur’an adalah kalam Allah Swt. yang lafaznya berbahasa arab,yang diturunkan kepada  Nabi Muhammad saw. melalui perantara malaikat Jibril, sebagai mu’jizat, disampaikan kepada kita dengan cara mutawatir, telah dihafalkan dengan baik oleh umat islam, ditulis dalam mushaf-mushaf dimulai dengan surah al-fatihah dan diakhiri dengan surah an-Nas, dan membacanya bernilai ibadah.
Al-Qur’an merupakan sumber pokok bagi ajaran Islam. Al-qur’an juga merupakan sumber hukum     yang utama dan pertama dalam islam. Sebagai sumber pokok ajaran ajaran islam, Al-qur’an berisi ajaran-ajaran yang lengkap dan sempurna yang meliputi seluruh aspek yang di butuhkan dalam kehidupan umat manusia,terutama umat Islam.
Allah menurunkan al-qur’an dengan membawa kebenaran yang hakiki. Al-qur’an memiliki beberapa fungsi dan tujuan bagi kehidupan manusia,terutama umat islam. Di antaranya : Al-qur’an sebagai petunjuk bagi manusia, Al-qur’an sebagai sumber pokok ajaran islam, Al-qur’an sebagai peringatan dan pelajaran bagi manusia.

Kompetensi Inti
1.        Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.        Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.        Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.        Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan


Kompetensi Dasar
1.3 Mengfungsikan al-Qur’an secara tepat dan benar dalam kehidupan sehari-hari
2.3 Menunjukkan perilaku yang mengamalkan ajaran al-Qur’an
3.3 Memahami tujuan dan fungsi al-Qur’an
4.3  Menceritakan kisah orang yang menjadikan al-Qur’an sesuai dengan tujuan dan fungsinya
Kompetensi Dasar dalam bab ini telah sesuai dan mencakup Kompetensi Inti yang ada mulai dari aspek spriritual (menghayati), sosial (membiasakan), pengetahuan (memahami) dan keterampilan (mempraktikkan).


Materi
Setelah melihat dan memahami buku Al-Qur’an Hadits MA kelas X Bab III penulis menganalisa bahwa materi yang disajikan dalam buku sudah tertata dengan baik dan  sesuai dengan KD yang ada serta indikator pencapaian. Sebelum menginjak materi siswa diajak berfikir dengan menganalisa ilustrasi gambar yang ada yang sesuai dengan materi.. Materi disajikan dengan dilengkapi dalil/ ayat Al-Qur’an yang sesuai sebagai penegas materi.

Identifikasi pencapaian
1.      Indikator pembelajaran
·         Menjelaskan tujuan dan fungsi Al-qur’an
·         Menunjukkan perilaku orang yang mengfungsikan Al-qur’an
·         Menerapkan fungsi Al-qur’an

2.      Tujuan pembelajaran
Setelah mengamati, menanya, mengeksplorasi, dan mengkomunikasikan diharapkan peserta didik mampu:
·         Menjelaskan tujuan dan fungsi Al-qur’an
·         Menunjukkan perilaku orang yang mengfungsikan Al-qur’an
·         Menerapkan fungsi Al-qur’an
Indikator pencapaian dalam bab ini sudah sesuai dengan KI/KD yang ada dan materi yang disajikan dalam buku sudah dapat digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut.

Alokasi Waktu
Alokasi waktu yang disediakan sudah sesuai dengan silabus yaitu 2X tatap muka (45 menit x 4). Alokasi waktu yang disediakan sudah sesuai dengan muatan materi yang disajikan dengan rincian 45 pertama dan kedua adalah penjelasan materi (menyampaikan materi, mengamati gambar, tanya jawab, penguatan materi), 45 ketiga; guru membagi kelompok kemudian melakukan diskusi secara bergantian di depan kelas dan 45 menit terakhir adalah praktik bagi siswa dalam kelas.

Sumber Belajar
1.      Buku Pedoman Guru Mapel Al-Qur’an Hadts MA X, Kemenag RI, 2014
2.      Buku Pegangan Siswa Mapel Al-Qur’an Hadits MA X, Kemenag RI, 2014
3.      Al-Qur’an dan terjamahanya
4.      Buku penunjang lainnya yang relevan
5.      Media cetak dan elektronik sesuai dengan materi


Metode Pembelajaran
 Metode pembelajarn yang cocok untuk menguasai materi ini diantaranya model direct instruction (model pengajaran langsung) yang termasuk dalam rumpun model system perilaku (the behavioral system family of model). Direct instruction diartikan sebagai intruksi langsung, dikenal juga dengan active learning atau whole-class teaching mengacu kepada gaya mengajar pendidik yang mengusung isi pelajaran kepada peserta didik dengan mengajarakan/memberikan koreksi, dan memberikan penguatan secara langsung. Model ini dipadukan dengan model artikulasi (membuat/mencari pasangan yang bertujuan untuk mengetahui daya serap peserta didik).


KBM/Proses Belajar
Kegiatan belajar mengajar yang harus dilakukan yaitu:
1.      Persiapan
·         Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama
·         Guru mengabsen terlebih dahulu sebelum di mulai pelajaran
·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
·         Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif materi sebelumnya
·         Guru Menjelaskan secara umum materi yang akan dipelajari hari ini
2.      Pelaksanaan
Pertemuan ke satu
·         Guru bersama siswa mengawali materi dengan membaca ayat-ayat yang ada dalam tadabbur dan memberikan penjelasan materi yang akan dipelajari secara umum
·         Siswa mengamati gambar dan memberi tanggapan
·         Guru membentuk kelompok sesuai dengan nomor dengan meminta siswa berhitung 1 sampai 7. Masing-masing berkumpul/membentuk kelompok dengan nomor yang sama
·         Guru meminta peserta didik untuk membaca materi dan menghafal ayat yang ada di dalamnya.
·         Siswa saling menyimak hafalan dengan teman sekelompoknya dan mendiskusikannya.
·         Guru memberi pertanyaan kepada siswa apakah ada kesulitan
Pertemuan ke dua
·         Guru memberikan kartu tentang riba, bank dan asuransi kepada siswa sesuai tema yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
·         Siswa menghafal ayat-ayat perkelompoknya masing-masing
·         Siswa  mempresentasikan secara bergiliran sesuai kelompok
·         Kelompok yang lain memberi tanggapan tentang presentasi yang sedang berlangsung
·         Kelompok yang melakukan presentasi mencatat semua tanggapan dan pertanyaan dari kelompok lain, menjawab dan mencatat pernyataan dari kelompok lain
·         Guru memberikan penjelasan tambahan dan menguatkan jawaban yang dikemukakan peserta didik dalam diskusi.
·         Guru dan peserta didik menyimpulkan intisari pelajaran yang telah didiskusikan
·         Selama proses pembelajaran guru menilai sikap siswa
3.      Kegiatan Akhir
·         Guru melakukan penilaian dengan meminta siswa mengerjakan soal-soal pada buku siswa
·         Guru bersama siswa melakukan refleksi tentang hal-hal yang telah dipelajari
·         Guru memberikan motivasi kepada siswa agar rajin belajar dan menjelaskan jika akan diadakan ulangan harian setiap menyelesaikan satu KD
·         Guru memberikan tugas tertruktur


Teknik evaluasi
1.      Penilaian
Penilaian yang ada dalam buku buku Al-Qur’an Hadits Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 MA Kelas X ini, sudah sesuai dengan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar yaitu dengan memperhatikan aspek spiritual, sosial, pengetahuan serta keterampilan. Rincian penilaian antara lain sebagai berikut:
a.       Uraian Singkat
Catatan: Skor jawaban tiap item soal 20
b.      Essay
Catatan: Skor jawaban tiap item soal 20
c.       Portofolio dan Penilaian Sikap
Skor penilaian sebagai berikut:
·         Jika peserta didik dapat mengumpulkan tugasnya tepat pada waktu yang ditentukan dan perilaku yang diamati serta alasannya benar, nilai 100.
·         Jika peserta didik dapat mengumpulkan tugasnya setelah waktu yang ditentukan dan perilaku yang diamati serta alasannya benar, nilai 90.
·         Jika peserta didik dapat mengumpulkan tugasnya setelah waktu yang ditentukan dan perilaku yang diamati serta alasannya sedikit ada kekurangan, nilai 80.
2.      Pengayaan
Peserta didik yang sudah menguasai materi mengerjakan soal pengayaan tentang kedudukan Al-Qur’an, tujuan dan fungsi Al-Qur’an  yang telah disiapkan oleh guru (Guru mencatat dan memberikan tambahan nilai dari bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan)
3.      Remedial
Peserta didik yang belum menguasai materi akan dijelaskan kembali oleh guru.Guru akan melakukan penilaian kembali dengan soal yang sejenis atau memberikan tugas individu membuat makalah. Remedial dilaksanakan pada waktu yang telah ditentukan, boleh pada saat pembelajaran apabila masih ada waktu, atau diluar jam pelajaran (30 menit setelah jam pelajaran selesai).
4.      Interaksi guru dengan orang tua
Guru menggunakan buku penghubung kepada orang tua yang berisi tentang perubahan perilaku siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran atau berkomunikasi langsung baik tatap muka, bertelepon mengenai perkembangan perilaku anak.


Posted on by Abd.Rozaq.6.PAI.A.7.TelaahPAI.UNISNU.JEPARA | No comments

0 komentar:

Posting Komentar