TELAAH
MATERI PAI 2
Nama : M.Subhan
NIM : 131310000902
Klas : A7
Semester 6
kel. :
6
Dosen : Abdur Rozak Assowi.M.Pd
I..Identitas
1.Identitas
Normatif : Fikih kelas XII Madrasah
Aliyah Kurikulum KTSP 2008
2 Materi : Bab 1 Syiyasah Syar’iyah
A.Tinjauan Umum tentang Siyasah
B. Khilafah menurut Islam
C.Majlis Syura Ahul halli wal Aqdi dalam Islam
3. Standar
Kompetensi
Memahami
ketentuan Islam tentang siyasah syar’iyah
4. Kompetensi Dasar
a. Menjelaskan ketentuan Islam
tentang pemerintahan (khilafah).
b. Menjelaskan majlis syura dalam Islam
5. KKM nilai KKM 70
6.Indikator
Pencapaian
Menjelaskan
pengertian dan tujuan khilafah
Menjelaskan
dasar-dasar khilafah
Menjelaskan fungsi dan kedudukan khilafah
Menjelaskan hak dan kewajiban rakyat
Menjelaskan cara
pengangkatan dan bai`at khalifah
Menjelaskan kedudukan dan fungsi majlis syura dalam
pemerintahan
Mengidentifikasi persyaratan anggota majlis syura
Menjelaskan relevansi syura di tengah dominasi paham
demokrasi di dunia
7. Teknik Evaluasi Tes
tertulis, tugas pengamatan dan porto folio
8.Alokasi Waktu 4 kali
Pertemuan / 8 jam
9.Sumber Belajar
·
Internet
dan Intranet
·
Buku
paket Penidikan Agama Islam dan Buku Fiqihkelas
XII
·
Buku
buku yang relevan dengan materi yang diajarkan
·
LKS
Fiqih
·
LCD
·
Al-Qur’an
dan terjemahannya
·
Dll
10. Metode dan Pendekatan
·
Ceramah
·
Tanya
Jawab
·
Diskusi
kelompok
I.
KRITIK DAN ANALISA
1.
Kritik
Secara
keseluruhan materi yang terdapat dalam bab ini sudah cukup baik, bahkan
disertai dengan dalil yang relevan dengan materi tersebut. Namun, terdapat
kritik yang mungkin dapat dimunculkan antara lain:
a. Materi
inti bab ini sudah baik namun pada porto
polio banyak tugas yang membuat anak malas belajar
b. ringkasan materi hanya sedikit bisa ditambah
c. Pada
tazkirah terlalu panjang
2.
Analisis Deskriptif Normatif
No.
|
Instrumen Telaah
|
Analisa Deskripstif Normatif
|
1.
|
Identitas
|
Dalam buku tersebut sudah memuat
tentang tata cara pengamalan Fikih
|
2.
|
SK(Standar Kompetensi )
|
Sudah memunculkan aspek
spriritual, sosial, pengetahuan dan keterampilan dalam bab ini
|
3.
|
KD (Kompetensi Dasar)
|
Memberikan gambaran secara jelas
apa yang harus dipelajari dan langkah apa yang ditempuh untuk mencapai tujuan
pembelajaran yang tertera pada bab ini
|
4.
|
Materi
|
Materi yang disajikan sudah baik
tetapi masih kurang memadai dalam memenuhi kebutuhan tentang pemahaman dalam
bab ini
|
5.
|
Kegiatan Belajar Mengajar
|
Proses pembelajaran yang
ditunjukkan dalam silabus sudah baik (menjadikan peserta didik aktif dalam
KBM), tinggal bagaimana guru dalam mengolah dan menjadikan menarik dalam
setiap kegiatan belajar mengajar
|
6.
|
Indikator
|
Indikator pencapaian yang ingin
dicapai sudah lengkap dan menyeluruh sebagai acuan setelah proses
pembelajaran
|
7.
|
Teknik Evaluasi
|
Penilaian yang dilakukan sudah
mencakup banyak hal mulai dari aspek spiritual, sosial, pengetahun dan
keterampilan
|
8.
|
Alokasi Waktu
|
Alokasi waktu telah disesuaikan
dengan tingkat kesulitan atau banyaknya proses pembelajaran yang dibutuhkan
|
9.
|
Sumber Belajar
|
Selain dari buku siswa yang ada,
peserta didik juga harus mencari sumber belajar yang lain seperti al-Quran
dan terjemah serta sumber lain yang relevan dengan materi yang dipelajari
|
10.
|
Metode dan Pendekatan
|
Metode yang dilakukan telah
disesuaikan dengan materi yang dipelajari, materi mana yang memerlukan
diskusi dan presentasi serta praktik agar peserta didik mengerti
|
II.
SOLUSI DAN SARAN
1.
Solusi
Solusi
dari kritik di atas antara lain:
a. Guru
memberitahu sumber bacaan relevan yang lain terkait materi tersebut sehingga
peserta didik dapat menambah pengetahuan dan wawasannya.
b. Tidak
semua isi bab dijadikan sebagai materi pokok, adanya keterkaitan bab ini di buku satu dengan buku lain sebagai pedoman
c. Guru
dalam melakukan penilaian dituntut,
mulai dari aspek spiritual, sosial, pengetahuan dan keterampilan. Hal ini dapat
menyita guru dalam mempersiapkan materi pembelajaran selanjutnya. diharapkan
ada kesederhanaan dalam penilaian sehingga dapat meringankan tugas guru dalam
mendidik peserta didik.
2.
Saran
a. Guru
juga sangat berperan aktif dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas. Oleh
karena itu, guru juga harus menguasai bahan ajar yang akan disampaikan dan
penggunaan metode yang tepat dalam proses pembelajaran.
b. Di
harapkan bagi peserta didik dapat menjadi pribadi yang beriman dan bertaqwa,
berilmu, berperilaku adil dan jujur, giat dalam belajar serta berakhlaq al-karimah yang baik sesuai tuntunan agama
Islam.
c. Guru
jangan hanya mengacu pada satu buku gunakan referensi yang terkait
d. Pandai pandai memilih waktu yang tepat untuk
mengadakan evaluasi.
0 komentar:
Posting Komentar