Sabtu, 18 Juni 2016

TELAAH MATERI PAI 2
Nama       : M.Subhan
NIM        : 131310000902
Klas        : A7    Semester     6
kel.         : 6
Dosen     : Abdur Rozak Assowi.M.Pd

I..Identitas   
1.Identitas Normatif :  Fikih kelas XII Madrasah Aliyah Kurikulum  KTSP 2008
2 Materi :  Bab 1 Syiyasah  Syar’iyah
                         A.Tinjauan Umum tentang Siyasah
                         B. Khilafah menurut  Islam
                         C.Majlis Syura Ahul halli wal Aqdi  dalam Islam
3. Standar Kompetensi
            Memahami ketentuan Islam tentang siyasah syar’iyah
4. Kompetensi Dasar
    a.  Menjelaskan ketentuan Islam tentang pemerintahan (khilafah).
    b.  Menjelaskan majlis syura dalam Islam
5. KKM      nilai KKM     70
6.Indikator Pencapaian
Menjelaskan pengertian dan tujuan khilafah
Menjelaskan dasar-dasar khilafah
Menjelaskan fungsi dan kedudukan khilafah
Menjelaskan hak dan kewajiban rakyat
 Menjelaskan cara pengangkatan dan bai`at khalifah
Menjelaskan kedudukan dan fungsi majlis syura dalam pemerintahan
Mengidentifikasi persyaratan anggota majlis syura
Menjelaskan relevansi syura di tengah dominasi paham demokrasi di dunia
7. Teknik Evaluasi      Tes tertulis, tugas pengamatan dan porto folio
8.Alokasi Waktu       4 kali Pertemuan  / 8 jam
9.Sumber  Belajar 
·         Internet dan Intranet
·         Buku paket Penidikan Agama Islam dan Buku Fiqihkelas XII
·         Buku buku yang relevan dengan materi yang diajarkan
·         LKS Fiqih
·         LCD
·         Al-Qur’an dan terjemahannya
·         Dll
10. Metode dan Pendekatan
·         Ceramah
·         Tanya Jawab
·         Diskusi kelompok
·         Inkuiri
I.         KRITIK DAN ANALISA
1.         Kritik
Secara keseluruhan materi yang terdapat dalam bab ini sudah cukup baik, bahkan disertai dengan dalil yang relevan dengan materi tersebut. Namun, terdapat kritik yang mungkin dapat dimunculkan antara lain:
a.    Materi inti  bab ini sudah baik namun pada porto polio banyak tugas yang membuat anak malas belajar
b.     ringkasan materi hanya sedikit bisa ditambah
c.    Pada tazkirah  terlalu panjang

2.         Analisis Deskriptif Normatif
No.
Instrumen Telaah
Analisa Deskripstif Normatif
1.
Identitas
Dalam buku tersebut sudah memuat tentang tata cara pengamalan Fikih
2.
SK(Standar Kompetensi )
Sudah memunculkan aspek spriritual, sosial, pengetahuan dan keterampilan dalam bab ini
3.
KD (Kompetensi Dasar)
Memberikan gambaran secara jelas apa yang harus dipelajari dan langkah apa yang ditempuh untuk mencapai tujuan pembelajaran yang tertera pada bab ini
4.
Materi
Materi yang disajikan sudah baik tetapi masih kurang memadai dalam memenuhi kebutuhan tentang pemahaman dalam bab ini
5.
Kegiatan Belajar Mengajar
Proses pembelajaran yang ditunjukkan dalam silabus sudah baik (menjadikan peserta didik aktif dalam KBM), tinggal bagaimana guru dalam mengolah dan menjadikan menarik dalam setiap kegiatan belajar mengajar
6.
Indikator
Indikator pencapaian yang ingin dicapai sudah lengkap dan menyeluruh sebagai acuan setelah proses pembelajaran
7.
Teknik Evaluasi
Penilaian yang dilakukan sudah mencakup banyak hal mulai dari aspek spiritual, sosial, pengetahun dan keterampilan
8.
Alokasi Waktu
Alokasi waktu telah disesuaikan dengan tingkat kesulitan atau banyaknya proses pembelajaran yang dibutuhkan
9.
Sumber Belajar
Selain dari buku siswa yang ada, peserta didik juga harus mencari sumber belajar yang lain seperti al-Quran dan terjemah serta sumber lain yang relevan dengan materi yang dipelajari
10.
Metode dan Pendekatan
Metode yang dilakukan telah disesuaikan dengan materi yang dipelajari, materi mana yang memerlukan diskusi dan presentasi serta praktik agar peserta didik mengerti

II.      SOLUSI DAN SARAN
1.         Solusi
Solusi dari kritik di atas antara lain:
a.    Guru memberitahu sumber bacaan relevan yang lain terkait materi tersebut sehingga peserta didik dapat menambah pengetahuan dan wawasannya.
b.    Tidak semua isi bab dijadikan sebagai materi pokok, adanya keterkaitan bab ini  di buku satu dengan buku lain sebagai pedoman
c.    Guru dalam melakukan penilaian  dituntut, mulai dari aspek spiritual, sosial, pengetahuan dan keterampilan. Hal ini dapat menyita guru dalam mempersiapkan materi pembelajaran selanjutnya. diharapkan ada kesederhanaan dalam penilaian sehingga dapat meringankan tugas guru dalam mendidik peserta didik.


2.         Saran
a.    Guru juga sangat berperan aktif dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas. Oleh karena itu, guru juga harus menguasai bahan ajar yang akan disampaikan dan penggunaan metode yang tepat dalam proses pembelajaran.
b.    Di harapkan bagi peserta didik dapat menjadi pribadi yang beriman dan bertaqwa, berilmu, berperilaku adil dan jujur, giat dalam belajar serta berakhlaq  al-karimah yang baik sesuai tuntunan agama Islam.
c.    Guru jangan hanya mengacu pada satu buku gunakan referensi yang terkait
d.   Pandai pandai memilih waktu yang tepat untuk mengadakan evaluasi.


Posted on by Abd.Rozaq.6.PAI.A.7.TelaahPAI.UNISNU.JEPARA | No comments

0 komentar:

Posting Komentar