NAMA
|
SETIYAWAN MUSTAKUL
|
NIM
|
213212
|
KELAS
|
6 PAI – A7
|
MATA KULIAH
|
TELAAH PAI 2
|
SILABUS
Madrasah :
Kelas / Semester : VII
/ II
Mata Pelajaran : FIQIH
StandarKompetensi
: 1. PelaksanaanKetentuanSholatJum’atdanSholatJenazah
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
PEMBELAJARAN
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
1.1.menjelaskanketentuansholatdankhotbahJum’at
|
SholatJum’at
|
·
Menjelaskanpengertiandan
hokum sholatjum’at
·
Menyebutkansyaratwajibsholatjum’at
·
Memahamiwaktudantempatmendirikansholatjum’at
|
·
Siswadapatmemahamitentangsholat
·
Siswadapatmenyebutkansyaratwajibsholatjum’at
·
SiswadapatmenjelaskanwaktudantempatmendirikanSholatjum’at
|
TesTertulis
TesTertulis
TesTertulis
|
2x40’
menit
|
BukupaketFiqihKelas VII
Peragaan
Lokasipelaksanaan
LKS
|
1.2.MempraktikkanKhotbahdanSholatJum’at
|
KhotbahJum’at
|
·
MenyebutkanrukunKhotbahJum’atdanpengertiannya
·
Menyebutkansyaratduakhotbah
·
Menyebutkanbeberapaamalansunahdalamsholatjum’atdanartinya
|
·
Siswadapatmenyebutkanrukunkhotbahjum’at
·
Siswadapatmenyebutkansyaratduakhotbah
·
Siswadapatmenjelaskansunahjum’at
|
Tesunjukkerjaobservasiperforman
|
4x40’
menit
|
BukupaketFiqihKelas VII
Peragaan
tempat
Lokasipelaksanaan
LKS
|
1.3.Menjelaskanketentuansholatjanazah
|
Pengertiandanhukumsholatjanazah
|
·
Mendengarkanpengertiansholatjanazahdanmengetahui
hokum sholatjanazah
|
·
Siswadapatmenjelaskanartidarisholatjanazahdanmenjelaskan
hokum darisholatjanazah
|
Tesunjukkerjaobservasiperforman
|
4x40’
menit
|
BukupaketFiqihKelas VII
Peragaan
tempat
Lokasipelaksanaan
Alatperaga (mayat)
LKS
|
1.4.Menghafalbacaan-bacaansholatjanazah
|
Bacaan-bacaansholatjanazah
|
·
Memahamibacaan-bacaandalammelaksanakansholatjanazah
|
·
Siswadapatmenghafaldo’abesertabacaan-bacaandalammelaksanakansholatjanazah
|
Tesunjukkerjaobservasiperforman
|
4x40’
menit
|
BukupaketFiqihKelas VII
Peragaan
tempat
Lokasipelaksanaan
Alatperaga (mayat)
LKS
|
1.5.Mempraktikkansholatjanazah
|
praktik
|
·
Menghafalkandoadanbacaan-bacaandalamsholatjanazah
·
Mempraktikkansholatjanazah
|
·
Siswadapatmenghafalkandoabesertabacaan-bacaandalamsholatjanazah
·
Siswadapatmempraktikkansatupersatudalammelaksanakansholatjanazah
|
individu
Tesunjukkerjaobservasiperforman
|
4x40’
menit
|
BukupaketFiqihKelas VII
Peragaan
tempat
Lokasipelaksanaan
Alatperaga (mayat)
LKS
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
MTs :
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas / Semester : VII
/ II
AlokasiWaktu : 2 x 40 Menit( 2 kali pertemuan)
A.
StandarKompetensi
1.
PelaksanaanKetentuanSholatJum’atdanSholatJenazah
B.
KompetensiDasar
1.1.MenjelaskantatacaraSholatjum’atdantatacarasholatjanazah
C.
TujuanPembelajaran
§ Siswadapatmenyebutkanpengertiansholatjum’atdansholatjanazah
§ Siswadapatmenyebutkando’asholatjum’atdanbacaan-bacaansholatjanazah
§ Siswadapatmempraktikkanpelaksanaansholatjum’atdansholatjanazah
D.
MateriPembelajaran
§ Penjelasansholatjum’atdansholatjanazah
§ Bacaan-bacaansholatjanazah
§ Praktiksholatjanazah
E.
MetodePembelajaran
§ Ceramah :
metodeinidigunakanuntukmemulaikegiatanpembelajaranterutamauntukkegiatanawal
§ Kerjakelompok :
kegiataninidigunakanuntukmengumpulkaninformasitentangpelaksanaansholatjum’at,
bacaan-bacaansholatjanazah, praktiksholatjanazah
§ Diskusi : metodeinidigunakanuntukmendialogkantema yang
bertemakandenganmaterikegiatanpembelajaran
§ Praktik :
F.
Langkah-langkahPembelajaran
No
|
UraianKegiatan
|
Waktu
|
1.
|
§ Memberikan pertanyaan pertanyaan sputar
pelajaran yang lalu tentang sholat jum’at dan sholat janazah
§ Memberikan informasi tentang manfaat
mempelajari sholah jum’at, sholat janazah, beserta bacaan-bacaannya dalam
kehidupan bermasyarakat
|
15 menit
|
2.
|
§ Siswa membaca
literatur/referensi tentang sholat jum’at
dan sholat janazah
§ Siswa mengamati
demonstrasi guru tentang bacaan-bacaan dalam sholat jum’at dan sholat janazah
§ Pameran bagan dan saling mengomentari (fase elaborasi)
§ Salah seorang siswa mempraktekkan
tatacara sholat jum’at dan sholat janazah sementara yang lain memperhatikan dan
mencatat mencatat pokok-pokok penting dari hasil kegiatan pengamatan (fase elaborasi)
Penguatan tentang memahami sholat jum’at dan sholat janazah
|
60 menit
|
3.
|
§ Tanya jawab
tentang materi sholat jum’at dan sholat janazah dan bacaan-bacaannya serta tatacara melaksanakannya.
Guru memberikan tugas untuk mencari
pengertian sholat jum’at
dan sholat janazah
|
15 enit
|
G.
Sumber belajar dan media pembelajaran
§ Buku yang relevan dengan mata pelajaran fikih
§ Kertas
manilai atau lainnya
Mengetahui ................., ....................................
Kepala Madrasah Guru Bidang Studi Fiqih
.................................. .......................................................
NIP. NIP.
RINGKASAN MATERI FIQIH
KELAS 7 MTs SEMESTER GENAP (2)
A.
SHOLAT JUM’AT
1.
Pengertian
Sholat jumat berjamaah adalah sholat dua rakaat,
dilaksanakan sesudah khotbah pada waktu sholat dhuhur dihari jumat.
Hukum pelaksanaan sholat jumat adalah fardhu ‘ain bagi
laki-laki yang tidak ada uzur (yang dibenarkan dalam syariat Islam) untuk
mengerjakannya.
2.
Syarat wajib sholat
jumat
Syarat-syarat sholat jumat sebagai berikut:
·
Muslim
·
Sudah baligh (cukup
umur atau dewasa)
·
Berakal sehat
(tidak gila)
·
Laki-laki.
Perempuan tidak wajib sholat jumat. Tetapi bila perempuan melaksanakan sholat
jumat, ia tidak wajib melaksanakan sholat dzuhur
·
Sehat. Bagi orang
yang sedang sakit boleh tidak melaksanakan sholat jumat, tetapi wajib
melaksanakan sholat dzuhur
·
Mentap dikotanya
sendiri atau dikampung atau didalam Negeri. Apabila sedang berada
diperjalanan/musafir, dia tidak wajib mengerjakan sholat jumat tetapi wajib
mengerjakan sholat dzuhur
3.
Waktu dan Tempat
Mendirikan Sholat Jumat
·
Diadakan disuatu
tempat yang disediakan, misalnya masjid / mushollah
·
Dilakukan dengan
berjamaah
·
Dikerjakan pada
waktu sholat dzuhur
·
Diawali dengan dua
khotbah yang dilakukan dengan berdiri dan duduk diantara dua kotbah
B.
SHOLAT JANAZAH
1.
Pengertian dan
hukum sholat janazah
Sholat janazah artinya sholat yang dikerjakan dengan
empat kali takbir. Setelah takbir pertama dilanjutkan dengan membaca Surat Al
fatihah. Setelah takbir kedua, shalawat atas Nabi Muhammad SAW di baca.
TELAAH MATERI PAI
A.
KELAS
7
SEMESTER 2
BAB
|
KESESUAIAN
SILABUS
|
KESESUAIAN
SK / KD
|
KESESUAIAN PSIKOLOGI PERKEMBANGAN
|
KEBAHASAAN
|
KESESUAIAN DALIL
|
KESESUAIAN EVALUASI
|
KESESESUAIAN KEBUTUHAN MASYARAKAT
|
KESESUAIAN METODE
|
1
|
Dalam
Pelajaran 1 sudah sesuai dengan
silabus dengan buku yang digunakan
|
Sudah
sesuai dengan SK KD, buktinya di materi sudah ada
|
Sudah
sesuai dengan perkembangan peserta didik
|
Sudah
sesuai dengan EYD dan bahasanya sederhan mudah dimengerti
|
Sudah
sesuai dengan materi yang disampaikan
|
Sudah
sesuai dengan SK KD
|
Sudah
sesuai karena melati anak untuk sholat jum’at dan sholat janazah
|
Metode
yang digunakan hendaknya menggunakan metode ceramah dan praktek
|
0 komentar:
Posting Komentar