Sabtu, 18 Juni 2016

fiqih bab tentang sholat jum'at dan sholat janazah - kelompok 1

NAMA
SETIYAWAN MUSTAKUL
NIM
213212
KELAS
6 PAI – A7
MATA KULIAH
TELAAH PAI 2

SILABUS
Madrasah                   :
Kelas / Semester        : VII / II
Mata Pelajaran          : FIQIH
StandarKompetensi : 1. PelaksanaanKetentuanSholatJum’atdanSholatJenazah
KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI
WAKTU
SUMBER PEMBELAJARAN
1
2
3
4
5
6
7
1.1.menjelaskanketentuansholatdankhotbahJum’at
SholatJum’at
·         Menjelaskanpengertiandan hokum sholatjum’at
·         Menyebutkansyaratwajibsholatjum’at
·         Memahamiwaktudantempatmendirikansholatjum’at
·         Siswadapatmemahamitentangsholat
·         Siswadapatmenyebutkansyaratwajibsholatjum’at
·         SiswadapatmenjelaskanwaktudantempatmendirikanSholatjum’at
TesTertulis
TesTertulis
TesTertulis
2x40’
menit
BukupaketFiqihKelas VII
Peragaan
Lokasipelaksanaan
LKS
1.2.MempraktikkanKhotbahdanSholatJum’at
KhotbahJum’at
·         MenyebutkanrukunKhotbahJum’atdanpengertiannya
·         Menyebutkansyaratduakhotbah
·         Menyebutkanbeberapaamalansunahdalamsholatjum’atdanartinya
·         Siswadapatmenyebutkanrukunkhotbahjum’at
·         Siswadapatmenyebutkansyaratduakhotbah
·         Siswadapatmenjelaskansunahjum’at
Tesunjukkerjaobservasiperforman
4x40’
menit
BukupaketFiqihKelas VII
Peragaan
tempat
Lokasipelaksanaan
LKS
1.3.Menjelaskanketentuansholatjanazah
Pengertiandanhukumsholatjanazah
·         Mendengarkanpengertiansholatjanazahdanmengetahui hokum sholatjanazah
·         Siswadapatmenjelaskanartidarisholatjanazahdanmenjelaskan hokum darisholatjanazah
Tesunjukkerjaobservasiperforman
4x40’
menit
BukupaketFiqihKelas VII
Peragaan
tempat
Lokasipelaksanaan
Alatperaga (mayat)
LKS
1.4.Menghafalbacaan-bacaansholatjanazah
Bacaan-bacaansholatjanazah
·         Memahamibacaan-bacaandalammelaksanakansholatjanazah
·         Siswadapatmenghafaldo’abesertabacaan-bacaandalammelaksanakansholatjanazah
Tesunjukkerjaobservasiperforman
4x40’
menit
BukupaketFiqihKelas VII
Peragaan
tempat
Lokasipelaksanaan
Alatperaga (mayat)
LKS
1.5.Mempraktikkansholatjanazah
praktik
·         Menghafalkandoadanbacaan-bacaandalamsholatjanazah
·         Mempraktikkansholatjanazah
·         Siswadapatmenghafalkandoabesertabacaan-bacaandalamsholatjanazah
·         Siswadapatmempraktikkansatupersatudalammelaksanakansholatjanazah
individu
Tesunjukkerjaobservasiperforman
4x40’
menit
BukupaketFiqihKelas VII
Peragaan
tempat
Lokasipelaksanaan
Alatperaga (mayat)
LKS









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
MTs                            :
Mata Pelajaran          : Fiqih
Kelas / Semester        : VII / II
AlokasiWaktu            : 2 x 40 Menit( 2 kali pertemuan)
A.    StandarKompetensi
1.      PelaksanaanKetentuanSholatJum’atdanSholatJenazah
B.     KompetensiDasar
1.1.MenjelaskantatacaraSholatjum’atdantatacarasholatjanazah
C.    TujuanPembelajaran
§  Siswadapatmenyebutkanpengertiansholatjum’atdansholatjanazah
§  Siswadapatmenyebutkando’asholatjum’atdanbacaan-bacaansholatjanazah
§  Siswadapatmempraktikkanpelaksanaansholatjum’atdansholatjanazah
D.    MateriPembelajaran
§  Penjelasansholatjum’atdansholatjanazah
§  Bacaan-bacaansholatjanazah
§  Praktiksholatjanazah
E.     MetodePembelajaran
§  Ceramah : metodeinidigunakanuntukmemulaikegiatanpembelajaranterutamauntukkegiatanawal
§  Kerjakelompok : kegiataninidigunakanuntukmengumpulkaninformasitentangpelaksanaansholatjum’at, bacaan-bacaansholatjanazah, praktiksholatjanazah
§  Diskusi : metodeinidigunakanuntukmendialogkantema yang bertemakandenganmaterikegiatanpembelajaran
§  Praktik :

F.     Langkah-langkahPembelajaran
No
UraianKegiatan
Waktu
      1.             
§  Memberikan pertanyaan pertanyaan sputar pelajaran yang lalu tentang sholat jum’at dan sholat janazah
§  Memberikan informasi tentang manfaat mempelajari sholah jum’at, sholat janazah, beserta bacaan-bacaannya dalam kehidupan bermasyarakat
15 menit
      2.             
§  Siswa membaca literatur/referensi tentang sholat jum’at dan sholat janazah
§  Siswa mengamati demonstrasi guru tentang  bacaan-bacaan dalam sholat jum’at dan sholat janazah
§  Pameran bagan dan saling mengomentari (fase elaborasi)
§  Salah seorang siswa mempraktekkan tatacara sholat jum’at dan sholat janazah sementara yang lain memperhatikan dan mencatat mencatat pokok-pokok penting dari hasil kegiatan pengamatan (fase elaborasi)
Penguatan tentang memahami sholat jum’at dan sholat janazah
60 menit
      3.             
§  Tanya jawab tentang materi sholat jum’at dan sholat janazah dan bacaan-bacaannya serta tatacara melaksanakannya.
Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian sholat jum’at dan sholat janazah
15    enit

G.    Sumber belajar dan media pembelajaran
§  Buku yang relevan dengan mata pelajaran fikih
§  Kertas manilai atau lainnya


Mengetahui                                                                                                                                                                             ................., ....................................
Kepala Madrasah                                                                                                                                                                    Guru Bidang Studi Fiqih

..................................                                                                                                                                                              .......................................................
NIP.                                                                                                                                                                                        NIP.
RINGKASAN MATERI FIQIH
KELAS 7 MTs SEMESTER GENAP (2)
A.    SHOLAT JUM’AT
1.      Pengertian
Sholat jumat berjamaah adalah sholat dua rakaat, dilaksanakan sesudah khotbah pada waktu sholat dhuhur dihari jumat.
Hukum pelaksanaan sholat jumat adalah fardhu ‘ain bagi laki-laki yang tidak ada uzur (yang dibenarkan dalam syariat Islam) untuk mengerjakannya.
2.      Syarat wajib sholat jumat
Syarat-syarat sholat jumat sebagai berikut:
·         Muslim
·         Sudah baligh (cukup umur atau dewasa)
·         Berakal sehat (tidak gila)
·         Laki-laki. Perempuan tidak wajib sholat jumat. Tetapi bila perempuan melaksanakan sholat jumat, ia tidak wajib melaksanakan sholat dzuhur
·         Sehat. Bagi orang yang sedang sakit boleh tidak melaksanakan sholat jumat, tetapi wajib melaksanakan sholat dzuhur
·         Mentap dikotanya sendiri atau dikampung atau didalam Negeri. Apabila sedang berada diperjalanan/musafir, dia tidak wajib mengerjakan sholat jumat tetapi wajib mengerjakan sholat dzuhur
3.      Waktu dan Tempat Mendirikan Sholat Jumat
·         Diadakan disuatu tempat yang disediakan, misalnya masjid / mushollah
·         Dilakukan dengan berjamaah
·         Dikerjakan pada waktu sholat dzuhur
·         Diawali dengan dua khotbah yang dilakukan dengan berdiri dan duduk diantara dua kotbah
B.     SHOLAT JANAZAH
1.      Pengertian dan hukum sholat janazah
Sholat janazah artinya sholat yang dikerjakan dengan empat kali takbir. Setelah takbir pertama dilanjutkan dengan membaca Surat Al fatihah. Setelah takbir kedua, shalawat atas Nabi Muhammad SAW di baca.







TELAAH MATERI PAI

A.    KELAS 7 SEMESTER 2
BAB
KESESUAIAN
SILABUS
KESESUAIAN
SK / KD
KESESUAIAN PSIKOLOGI PERKEMBANGAN
KEBAHASAAN
KESESUAIAN DALIL
KESESUAIAN EVALUASI
KESESESUAIAN KEBUTUHAN MASYARAKAT
KESESUAIAN METODE
1
Dalam Pelajaran 1  sudah sesuai dengan silabus dengan buku yang digunakan
Sudah sesuai dengan SK KD, buktinya di materi sudah ada
Sudah sesuai dengan perkembangan peserta didik 
Sudah sesuai dengan EYD dan bahasanya sederhan mudah dimengerti
Sudah sesuai dengan materi yang disampaikan
Sudah sesuai dengan SK KD
Sudah sesuai karena melati anak untuk sholat jum’at dan sholat janazah
Metode yang digunakan hendaknya menggunakan metode ceramah dan praktek


Posted on by Abd.Rozaq.6.PAI.A.7.TelaahPAI.UNISNU.JEPARA | No comments

0 komentar:

Posting Komentar