Sabtu, 18 Juni 2016

NAMA            : NUR KHAYATI NI’MAH
NIM                : 131310000830
KELAS           : PAI . A7
SEMESTER    : VI
TUGAS           : TELAAH PAI II
KELOMPOK             : I
Telaah Pai 2
1. Identitas    Fikih klas VIII  MTS
     Identitas tentang umrah dijelaskan dalam BAB VI Buku Ayo Memahami FIQIH Untuk MTs/SMP Islam Kelas VIII KTSP 2008. Materi yang menjelaskan tentang Umrah antara lain:
1.      Menjelaskan ketentuan Ibadah Umrah
2.      Mempraktikkan tata cara Ibadah Umarah

2. Materi  Bab VI UMRAH
            A. Pengertian dan Hukum Umrah
            B. Syarat Wajib dan Syarat Sah Umr
            C. Rukun Umrah
            D. Wajib dan Mikat Umrah
            E. Tata Urutan Pelaksanaan Ibadah Umrah
3. Standar Kompetensi
            Memahami hukum Islam tentang umrah.
4. Kompetensi Dasar
    a. Menjelaskan ketentuan ibadah umrah.
    b. Mempraktikkan tata cara ibadah umrah
5. KKM      nilai KKM     70
6. Indikator Pencapaian
Siswa dapat :
·      Menjelaskan pengertian umrah dan dalilnya
·      Menjelaskan syarat sah umrah
·      Menjelaskan rukun umrah
·      Menjelaskan wajib dan mikat umrah
·      Menjelaskan tata urutan pelaksanaan umrah
·      Mempraktekkan ibadah umrah
·      Melafalkan do’a umrah
·      Mempraktekkan umrah secara berkelompok

7. Teknik Evaluasi      Tes tertulis
·         Menjelaskan pengertian umrah dan dalilnya
·         Menjelaskan syarat sah umrah
·         Menjelaskan rukun umrah
·         Menjelaskan wajib dan mikat umrah
·         Menjelaskan tata urutan pelaksanaan umrah
·         Mempraktekkan ibadah umrah

8. Alokasi Waktu       3 X 40 Menit
9. Sumber  Belajar 
·         Internet dan Intranet
·         Buku paket Pendidikan Agama Islam dan Buku Fiqih kelas VIII
·         Buku buku yang relevan dengan materi yang diajarkan
·         Modul Fiqih
·         Alqur’an dan terjemah dan hadits
·         LCD
·         Dll
10. Metode dan Pendekatan
·         Ceramah
·         Tanya Jawab
·         Kerja kelompok
·         Diskusi
·         Pameran dan shopping

I.         KRITIK DAN ANALISA
1.         Kritik
Secara keseluruhan materi yang terdapat dalam bab Umrah sudah cukup baik, bahkan disertai dengan dalil yang relevan dengan materi tersebut. Namun, terdapat kritik yang mungkin dapat dimunculkan antara lain:
a.    ringkasan materi hanya sedikit bisa ditambah
b.    Perlu tambahan materi tentang larangan dalam ibadah umrah
c.    Materi terlalu simpel bisa di tambah keterangan agar siswa bisa paham dan tidak melenceng dari pelajaran

2.         Analisis Deskriptif Normatif
No.
Instrumen Telaah
Analisa Deskripstif Normatif
1.
Identitas
Dalam buku tersebut sudah memuat tentang tata cara pengamalan Fikih
2.
SK(Standar Kompetensi )
Sudah memunculkan aspek spriritual, sosial, pengetahuan dan keterampilan dalam setiap bab yang terdapat dalam buku tersebut.
3.
KD (Kompetensi Dasar)
Memberikan gambaran secara jelas apa yang harus dipelajari dan langkah apa yang ditempuh untuk mencapai tujuan pembelajaran yang tertera pada setiap bab dalam buku tersebut.
4.
Materi
Materi yang disajikan sudah baik tetapi masih kurang memadai dalam memenuhi kebutuhan tentang pemahaman dalam bab Umrah sehingga peserta didik harus mencari sumber lain yang relevan terhadap materi tersebut dan yang di ketahui siswa terlalu simple.
5.
Kegiatan Belajar Mengajar
Proses pembelajaran yang ditunjukkan dalam silabus sudah baik (menjadikan peserta didik aktif dalam KBM), tinggal bagaimana guru dalam mengolah dan menjadikan menarik dalam setiap kegiatan belajar mengajar.
6.
Indikator
Indikator pencapaian yang ingin dicapai sudah lengkap dan menyeluruh sebagai acuan setelah proses pembelajaran
7.
Teknik Evaluasi
Penilaian yang dilakukan sudah mencakup banyak hal mulai dari aspek spiritual, sosial, pengetahun dan keterampilan
8.
Alokasi Waktu
Alokasi waktu telah disesuaikan dengan tingkat kesulitan atau banyaknya proses pembelajaran yang dibutuhkan
9.
Sumber Belajar
Selain dari buku siswa yang ada, peserta didik juga harus mencari sumber belajar yang lain seperti al-Quran dan terjemah serta sumber lain yang relevan dengan materi yang dipelajari
10.
Metode dan Pendekatan
Metode yang dilakukan telah disesuaikan dengan materi yang dipelajari, materi mana yang memerlukan diskusi, pameran dan shopping dari hasil diskusi dan kelompok di pajang serta di beri komemtar, serta praktik agar peserta didik mengerti.

II.      SOLUSI DAN SARAN
1.         Solusi
Solusi dari kritik di atas antara lain:
a.    Guru memberitahu sumber bacaan relevan yang lain terkait materi tersebut sehingga peserta didik dapat menambah pengetahuan dan wawasannya.
b.    Guru dalam melakukan penilaian  dituntut, mulai dari aspek spiritual, sosial, pengetahuan dan keterampilan. Hal ini dapat menyita guru dalam mempersiapkan materi pembelajaran selanjutnya. diharapkan ada kesederhanaan dalam penilaian sehingga dapat meringankan tugas guru dalam mendidik peserta didik.

2.         Saran
a.    Guru juga sangat berperan aktif dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas. Oleh karena itu, guru juga harus menguasai bahan ajar yang akan disampaikan dan penggunaan metode yang tepat dalam proses pembelajaran.
b.    Di harapkan bagi peserta didik dapat menjadi pribadi yang beriman dan bertaqwa, berilmu, berperilaku adil dan jujur, giat dalam belajar serta berakhlaq  al-karimah yang baik sesuai tuntunan agama Islam.
c.    Semoga hasil telaah kami ini bisa menjadi bahan tolak ukur untuk memperbaiki buku ajar yang telah ada.
SILABUS
Madrasah                   : Madrasah Tsanawiyah
Kelas/Semester          : VIII / II
Mata Pelajaran          : Fikih
Standar Kompetensi : 6. Mamahami hukun Islam tentang Umrah

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar

6.1. Menjelaskan ketentuan ibadah umrah


umrah









·         Religius
·         Jujur
·         Mandiri
·         Demokratis
·         Komunikatif
·         Tanggung jawab

·         Percaya diri
·         Berorientasi tugas dan hasil

·         Melakukan kajian literatur menemukan berbagai tentang umrah
·         Melakukan diskusi kelas tentang wajib dan mikat umrah










Siswa dapat :
·      Menjelaskan pengertian umrah dan dalilnya
·      Menjelaskan syarat sah umrah
·      Menjelaskan rukun umrah
·      Menjelaskan wajib dan mikat umrah
·      Menjelaskan tata urutan pelaksanaan umrah
·      Mempraktekkan ibadah umrah

Tes tulis.
Tes lisan.
Unjuk Kerja












3 X 40’






















Sumber:
Al Qur’an terjemahan dan hadits
Buku  acuan Paket Fikih  KTSP 2008
Alat:
OHP/komputer, LCD.

Bahan:
LKS, Bahan Presentasi, miniatur ka’bah


5.2  Mempraktekkan tatacara ibadah umrah

tatacara ibadah umrah

·         Religius
·         Jujur
·         Mandiri
·         Demokratis
·         Komunikatif
·         Tanggung jawab

·         Percaya diri
·         Berorientasi tugas dan hasil

·         Melakukan praktek umrah secara berkelompok
Siswa dapat :
·       Melafalkan do’a umrah
·       Mempraktekkan umrah secara berkelompok



Unjuk kerja.

2 x 40’








Sumber:
Buku  acuan Paket Fikih KTSP 2008
Alat:
OHP/komputer
Bahan:
LKS, Bahan Presentasi, Miniatur Ka’bah


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  R  P  P  )


Nama Madrasah                : Madrasah Tsanawiyah
Mata Pelajaran                   :  Fiqih
Kelas/Semester                   :  VIII / 2
Alokasi Waktu                    :  3 x 40 menit (1 Kali pertemuan)

A.          Standar Kompetensi
         6.   Memahami hukum Islam tentang Umrah                      
B.           Kompetensi Dasar
6.1       Menjelaskan ketentuan ibadah umrah
6.2      Mempraktikkan  tata cara ibadah Umrah
C.          Tujuan Pembelajaran
1.     Siswa dapat menjelaskan pengertian umrah dan dalilnya
2.      Siswa dapat menjelaskan syarat wajib dan sah umrah
3.      Siswa dapat menjelaskan rukun umrah
4.      Siswa dapat menjelaskan wajib dan mikat umrah
5.      Siswa dapat menjelaskan tata urutan pelaksanaan Umrah

Ü  Mengembangkan perilaku yang mencerminkan :
6.      Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab
          
Ü  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :    
7.      Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

D.          Materi Pembelajaran :

8.                        Pengertian Umrah : ibadah yang dilakukan di tanah suci Makkah yang menyerupai ibadah haji dengan beberapa perbedaan tertentu. Dalilnya :

وَاَتِمُوْاالْحَجّ الْعُمَرَةَ لِلَّهِ ( البقرة:١٩٦ )                                                                               
Artinya : " Dan sempurnakanlah ibadah haji dan Umrah karena Allah "   (Qs. Al Baqarah : 196)


9.                        Syarat wajib dan Syarat sah Umrah :
Syarat wajib dan syarat sah umrah tidak jauh berbeda dengan syarat wajib dan syarat sah haji yaitu :
a.         Muslim
b.        Baligh
c.         Berakal sehat
d.        Merdeka
e.         Istito`ah / mampu

10.                   Rukun Umrah :
a.          Ihram dengan niat untuk ihram Umrah
b.         Tawaf yaitu mengelilingi Ka'bah 7 kali dengan niat tawaf Umrah
c.          Sa'i ( berlari – lari kecil antara bukit Sofa dan Marwa )
d.         Tahallul ( memotong rambut paling sedikit tiga helai )
e.         Tertib artinya menertibkan rukun dengan mendahulukan yang lebih dahulu
11.         Wajib Umrah:
a.          Niat Ihram dimulai dari miqat ( hanya miqat makani saja )
b.         Meninggalkan semua hal yang diharamkan ( yang dilarang selama ihram ).
12.  Tata urutan pelaksanaan Umrah:
            Langkah langkah sebagai perwujudan dari pelaksanaan ibadah umrah adalah :
a.       Bersuci ( mandidan berwudhu)
b.      Berpakaian ihram
c.       Salat sunnah dua rakaat
d.      Niat dari mikat dengan membaca
Contoh niat Umrah :

نَوَيْتُ الْعُمْرَةَ وَاَحْرَمْتُ بِهَالِلَّهِ تَعَالٰى. لَبَّيْكَ الَّهُمَّ لَبَّيْكَ. لَبَّيْكَ لاَشَرِيْكَ       
لَكَ لَبَّيْكَ. اِنَّ الْحَمْدَ وَالنِّعْمَةَ لَكَ وَالْمُلْكَ لاَشَرِيْكَ لَكَ     .
     
Atau dengan mengucapkan  لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ عُمْرَة
e.       membaca talbiah, solawat dan doa
f.       masuk kota mekkah kemudian berdoa
g.      masuk masjidil haram
h.      melihat ka’bah kemudian berdoa
i.        melintasi maqam ibrahim sewaktu hendak memulai towaf dan disunnahkan berdoa di tempat tersebut
j.        tawaf
k.      Sa’i
l.        Tahalul

E.           Metode Pembelajaran
13.  Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
14.  Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang ibadah haji dan umrah
15.  Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
16.  Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan


F.           Langkah-langkah Pembelajaran
No
Uraian Kegiatan
Nilai yang ditanamkan
Waktu
1
Kegiatan awal :
Apersepsi :
17.              Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi ibadah umrah
Motivasi :
18.              Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar ibadah umrah dan tatacaranya.

10  menit
2
Kegiatan Inti :
19.              Siswa membaca literatur/referensi tentang ibadah umrah.  (fase eksplorasi)
20.              Siswa mengamati demonstrasi guru tentang  ibadah umrah dan tatacaranya (fase eksplorasi)
21.              Membuat bagan ibadah umrah dan tatacaranya (fase elaborasi)
22.              Pameran bagan dan saling mengomentari (fase elaborasi)
23.              Penguatan tentang pengertian ibadah umrah (fase konfirmasi)

Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab
60 Menit
3
Kegiatan akhir :
24.              Tanya jawab tentang materi ibadah umrah.
25.              Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian ibadah umrah untuk pertemuan selanjutnya.

Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab
10 menit
G.          Sumber belajar dan media pembelajaran
26.  Al Qur’an terjemahan dan hadits
27.  Buku  acuan Paket Fikih KTSP 2008
28.  Alat: OHP/komputer,LCD, VCD
29.  Bahan: Modul, Bahan Presentasi
H.          Penilaian
Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
30.              Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab
31.              Siswa dapat  menjelaskan pengertian umrah dan dalilnya
32.              Siswa dapat  menjelaskan syarat  wajib dan syarat sah umrah
33.              Siswa dapat  menjelaskan rukun umrah
34.              Siswa dapat  menjelaskan wajib dan mikat umrah
35.              Siswa dapat menjelaskan tata urutan dalam pelaksanaan Umrah.

Tes tulis



Tes lisan



Unjuk Kerja
Uraian
36.              Jelaskan   pengertian umrah serta  dalilnya!

37.              Sebutkan  syarat wajib dan syarat sah umrah

38.              Sebutkan  rukun umrah ?

39.              Sebutkan  wajib dan mikat umrah!

40.              Jelaskan tata urutan dalam pelaksanaan Umrah!


Mengetahui:                                                                            Jepara,  Juni 2016
Kepala Madrasah Tsanawiyah                                                Guru Mapel Fiqih,




……………………..                                                  ……………………………..                            
Posted on by Abd.Rozaq.6.PAI.A.7.TelaahPAI.UNISNU.JEPARA | No comments

0 komentar:

Posting Komentar