NAMA :
NUR KHAYATI NI’MAH
NIM :
131310000830
KELAS :
PAI . A7
SEMESTER : VI
TUGAS :
TELAAH PAI II
KELOMPOK :
I
Telaah Pai 2
1. Identitas Fikih klas VIII MTS
Identitas tentang umrah dijelaskan
dalam BAB VI Buku Ayo Memahami FIQIH Untuk MTs/SMP Islam Kelas VIII KTSP 2008. Materi yang menjelaskan tentang Umrah
antara lain:
1. Menjelaskan ketentuan Ibadah Umrah
2. Mempraktikkan tata cara Ibadah Umarah
2. Materi Bab VI UMRAH
A. Pengertian
dan Hukum Umrah
B. Syarat Wajib dan Syarat Sah Umr
C. Rukun Umrah
D.
Wajib dan Mikat Umrah
E.
Tata Urutan Pelaksanaan Ibadah Umrah
3.
Standar Kompetensi
Memahami hukum Islam tentang umrah.
4. Kompetensi Dasar
a. Menjelaskan ketentuan ibadah
umrah.
b. Mempraktikkan tata cara ibadah umrah
5.
KKM nilai KKM
70
6. Indikator
Pencapaian
Siswa dapat :
· Melafalkan
do’a umrah
· Mempraktekkan
umrah secara berkelompok
7. Teknik Evaluasi
Tes tertulis
8. Alokasi Waktu 3 X 40 Menit
9. Sumber Belajar
·
Internet dan Intranet
·
Buku paket Pendidikan Agama Islam dan Buku Fiqih kelas VIII
·
Buku buku yang relevan dengan materi yang diajarkan
·
Modul Fiqih
·
Alqur’an dan terjemah dan hadits
·
LCD
·
Dll
10. Metode dan Pendekatan
·
Ceramah
·
Tanya Jawab
·
Kerja kelompok
·
Diskusi
·
Pameran dan shopping
I.
KRITIK DAN ANALISA
1.
Kritik
Secara keseluruhan materi yang terdapat dalam bab Umrah sudah cukup baik, bahkan disertai dengan dalil yang relevan dengan
materi tersebut. Namun, terdapat kritik yang mungkin dapat dimunculkan antara
lain:
a.
ringkasan
materi hanya sedikit bisa ditambah
b.
Perlu tambahan materi tentang larangan dalam ibadah umrah
c.
Materi terlalu simpel bisa di tambah keterangan agar siswa bisa paham
dan tidak melenceng dari pelajaran
2.
Analisis Deskriptif Normatif
No.
|
Instrumen Telaah
|
Analisa Deskripstif Normatif
|
1.
|
Identitas
|
Dalam
buku tersebut sudah memuat tentang tata cara pengamalan Fikih
|
2.
|
SK(Standar
Kompetensi )
|
Sudah
memunculkan aspek spriritual, sosial, pengetahuan dan keterampilan dalam
setiap bab yang terdapat dalam buku tersebut.
|
3.
|
KD
(Kompetensi Dasar)
|
Memberikan
gambaran secara jelas apa yang harus dipelajari dan langkah apa yang ditempuh
untuk mencapai tujuan pembelajaran yang tertera pada setiap bab dalam buku
tersebut.
|
4.
|
Materi
|
Materi
yang disajikan sudah baik tetapi masih kurang memadai dalam memenuhi kebutuhan
tentang pemahaman dalam bab Umrah sehingga peserta didik harus mencari sumber
lain yang relevan terhadap materi tersebut dan yang di ketahui siswa terlalu
simple.
|
5.
|
Kegiatan
Belajar Mengajar
|
Proses
pembelajaran yang ditunjukkan dalam silabus sudah baik (menjadikan peserta
didik aktif dalam KBM), tinggal bagaimana guru dalam mengolah dan menjadikan
menarik dalam setiap kegiatan belajar mengajar.
|
6.
|
Indikator
|
Indikator
pencapaian yang ingin dicapai sudah lengkap dan menyeluruh sebagai acuan
setelah proses pembelajaran
|
7.
|
Teknik
Evaluasi
|
Penilaian
yang dilakukan sudah mencakup banyak hal mulai dari aspek spiritual, sosial,
pengetahun dan keterampilan
|
8.
|
Alokasi Waktu
|
Alokasi
waktu telah disesuaikan dengan tingkat kesulitan atau banyaknya proses
pembelajaran yang dibutuhkan
|
9.
|
Sumber
Belajar
|
Selain
dari buku siswa yang ada, peserta didik juga harus mencari sumber belajar
yang lain seperti al-Quran dan terjemah serta sumber lain yang relevan dengan
materi yang dipelajari
|
10.
|
Metode dan
Pendekatan
|
Metode
yang dilakukan telah disesuaikan dengan materi yang dipelajari, materi mana
yang memerlukan diskusi, pameran dan shopping dari hasil diskusi dan kelompok di pajang serta
di beri komemtar, serta praktik
agar peserta didik mengerti.
|
II. SOLUSI DAN SARAN
1.
Solusi
Solusi dari kritik di atas antara lain:
a.
Guru
memberitahu sumber bacaan relevan yang lain terkait materi tersebut sehingga
peserta didik dapat menambah pengetahuan dan wawasannya.
b.
Guru
dalam melakukan penilaian dituntut,
mulai dari aspek spiritual, sosial, pengetahuan dan keterampilan. Hal ini dapat
menyita guru dalam mempersiapkan materi pembelajaran selanjutnya. diharapkan
ada kesederhanaan dalam penilaian sehingga dapat meringankan tugas guru dalam
mendidik peserta didik.
2.
Saran
a.
Guru
juga sangat berperan aktif dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas. Oleh
karena itu, guru juga harus menguasai bahan ajar yang akan disampaikan dan
penggunaan metode yang tepat dalam proses pembelajaran.
b.
Di
harapkan bagi peserta didik dapat menjadi pribadi yang beriman dan bertaqwa,
berilmu, berperilaku adil dan jujur, giat dalam belajar serta berakhlaq al-karimah yang baik sesuai tuntunan agama
Islam.
c.
Semoga
hasil telaah kami ini bisa menjadi bahan tolak ukur untuk memperbaiki buku ajar
yang telah ada.
SILABUS
Madrasah :
Madrasah Tsanawiyah
Kelas/Semester :
VIII / II
Mata Pelajaran :
Fikih
Standar Kompetensi :
6. Mamahami hukun Islam tentang Umrah
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
6.1. Menjelaskan ketentuan ibadah umrah
|
|
·
Religius
·
Jujur
·
Mandiri
·
Demokratis
·
Komunikatif
·
Tanggung jawab
|
·
Percaya diri
·
Berorientasi tugas dan hasil
|
·
Melakukan
kajian literatur menemukan berbagai tentang umrah
·
Melakukan
diskusi kelas tentang wajib dan mikat umrah
|
Siswa dapat :
|
Tes tulis.
Tes lisan.
Unjuk Kerja
|
3 X
40’
|
Sumber:
Al Qur’an terjemahan dan hadits
Buku acuan Paket Fikih KTSP 2008
Alat:
OHP/komputer, LCD.
Bahan:
LKS, Bahan
Presentasi, miniatur ka’bah
|
5.2 Mempraktekkan tatacara
ibadah umrah
|
tatacara ibadah umrah
|
·
Religius
·
Jujur
·
Mandiri
·
Demokratis
·
Komunikatif
·
Tanggung jawab
|
·
Percaya diri
·
Berorientasi tugas dan hasil
|
·
Melakukan
praktek umrah secara
berkelompok
|
Siswa dapat :
· Melafalkan
do’a umrah
· Mempraktekkan
umrah secara berkelompok
|
Unjuk kerja.
|
2 x 40’
|
Sumber:
Buku acuan Paket Fikih KTSP 2008
Alat:
OHP/komputer
Bahan:
LKS, Bahan
Presentasi, Miniatur Ka’bah
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
R P P )
Nama Madrasah : Madrasah Tsanawiyah
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : VIII / 2
Alokasi Waktu : 3 x 40 menit (1 Kali pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
6. Memahami
hukum Islam tentang Umrah
B.
Kompetensi Dasar
6.1 Menjelaskan ketentuan ibadah umrah
6.2 Mempraktikkan tata cara ibadah Umrah
C.
Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa dapat menjelaskan pengertian umrah dan dalilnya
2.
Siswa dapat
menjelaskan syarat wajib dan sah umrah
3.
Siswa dapat
menjelaskan rukun umrah
4.
Siswa dapat
menjelaskan wajib dan mikat umrah
5.
Siswa dapat
menjelaskan tata urutan pelaksanaan Umrah
Ü Mengembangkan perilaku yang mencerminkan :
6. Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab
Ü
Kewirausahaan / Ekonomi
Kreatif :
7. Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.
D.
Materi Pembelajaran :
8.
Pengertian
Umrah : ibadah yang dilakukan di tanah suci Makkah yang menyerupai ibadah haji
dengan beberapa perbedaan tertentu. Dalilnya :
وَاَتِمُوْاالْحَجّ الْعُمَرَةَ لِلَّهِ (
البقرة:١٩٦ )
Artinya : " Dan sempurnakanlah ibadah haji dan Umrah
karena Allah " (Qs. Al Baqarah
: 196)
9.
Syarat wajib dan Syarat sah Umrah :
Syarat wajib
dan syarat sah umrah tidak jauh berbeda dengan syarat wajib dan syarat sah haji
yaitu :
a.
Muslim
b.
Baligh
c.
Berakal sehat
d.
Merdeka
e.
Istito`ah / mampu
10.
Rukun Umrah :
a. Ihram dengan niat untuk
ihram Umrah
b. Tawaf yaitu mengelilingi
Ka'bah 7 kali dengan niat tawaf Umrah
c. Sa'i ( berlari – lari
kecil antara bukit Sofa dan Marwa )
d. Tahallul ( memotong rambut
paling sedikit tiga helai )
e. Tertib artinya menertibkan
rukun dengan mendahulukan yang lebih dahulu
11. Wajib Umrah:
a. Niat Ihram dimulai dari
miqat ( hanya miqat makani saja )
b. Meninggalkan semua hal yang
diharamkan ( yang dilarang selama ihram ).
12. Tata urutan pelaksanaan Umrah:
Langkah langkah
sebagai perwujudan dari pelaksanaan ibadah umrah adalah :
a.
Bersuci ( mandidan berwudhu)
b.
Berpakaian ihram
c.
Salat sunnah dua rakaat
d.
Niat dari mikat dengan membaca
Contoh niat Umrah :
نَوَيْتُ الْعُمْرَةَ وَاَحْرَمْتُ
بِهَالِلَّهِ تَعَالٰى. لَبَّيْكَ الَّهُمَّ لَبَّيْكَ. لَبَّيْكَ
لاَشَرِيْكَ
لَكَ لَبَّيْكَ. اِنَّ الْحَمْدَ
وَالنِّعْمَةَ لَكَ وَالْمُلْكَ لاَشَرِيْكَ لَكَ .
Atau dengan mengucapkan لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ عُمْرَة
e. membaca talbiah, solawat dan doa
f. masuk kota mekkah kemudian berdoa
g. masuk masjidil haram
h. melihat ka’bah kemudian berdoa
i.
melintasi maqam ibrahim sewaktu hendak memulai towaf dan
disunnahkan berdoa di tempat tersebut
j.
tawaf
k. Sa’i
l.
Tahalul
E.
Metode Pembelajaran
13.
Ceramah :
Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk
kegiatan awal.
14.
Kerjak
kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang ibadah haji
dan umrah
15. Diskusi: Metode ini digunakan untuk
mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
16. Pameran dan Shopping : pajangan hasil
diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
F.
Langkah-langkah Pembelajaran
No
|
Uraian Kegiatan
|
Nilai yang ditanamkan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan awal :
Apersepsi :
17.
Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi ibadah umrah
Motivasi :
18.
Memberikan
informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar ibadah umrah dan tatacaranya.
|
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan Inti
:
19.
Siswa membaca literatur/referensi tentang ibadah umrah.
(fase eksplorasi)
20.
Siswa mengamati demonstrasi guru tentang ibadah umrah dan tatacaranya (fase eksplorasi)
21.
Membuat bagan ibadah umrah
dan tatacaranya (fase elaborasi)
22.
Pameran bagan dan saling mengomentari (fase elaborasi)
23.
Penguatan tentang pengertian ibadah umrah
(fase konfirmasi)
|
Religius,
Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan akhir :
24.
Tanya jawab tentang materi ibadah umrah.
25.
Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian ibadah umrah untuk pertemuan selanjutnya.
|
Religius,
Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab
|
10 menit
|
G.
Sumber belajar dan media pembelajaran
26. Al Qur’an terjemahan dan hadits
27. Buku
acuan Paket Fikih KTSP 2008
28. Alat: OHP/komputer,LCD, VCD
29. Bahan: Modul, Bahan Presentasi
H.
Penilaian
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Indikator
Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
30.
Religius,
Jujur, Mandiri,
Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab
|
31.
Siswa
dapat menjelaskan pengertian umrah dan dalilnya
32.
Siswa
dapat menjelaskan syarat wajib dan
syarat sah umrah
33.
Siswa
dapat menjelaskan rukun umrah
34.
Siswa
dapat menjelaskan wajib dan mikat umrah
35.
Siswa dapat
menjelaskan tata urutan dalam pelaksanaan Umrah.
|
Tes tulis
Tes lisan
Unjuk Kerja
|
Uraian
|
36.
Jelaskan pengertian umrah serta dalilnya!
37.
Sebutkan syarat wajib dan syarat sah umrah
38.
Sebutkan rukun umrah ?
39.
Sebutkan wajib dan mikat umrah!
40.
Jelaskan tata
urutan dalam pelaksanaan Umrah!
|
Mengetahui: Jepara, Juni 2016
Kepala Madrasah
Tsanawiyah Guru
Mapel Fiqih,
…………………….. ……………………………..
0 komentar:
Posting Komentar