NAMA : NUR FITRIYANI
NIM
:131310000917
Klompok : 3 (tiga)
TELAAH MATERI PAI 2
BAB 1 AL-QUR’AN
KITABKU
QUR’AN HADITS KELAS X
KURIKULUM 2013
MADRASAH ALIYAH
A. Identifikasi BAB 1 Al-Qur’an Kitabku
Mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah
Aliyah adalah salah satu mata pelajran Pendidikan Agama Islam yang merupakan
peningkatan dari Al-Qur’an Hadits yang telah dipelajari.Peningkatan tersebut
dengan cara mempelajari, memperdalam serta memperkaya kajian al qur’an dan al
hadits terutama menyangkut dasar-dasar keilmuannya sebagai persiapan
melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi, serta memahami dan menerapkan
tema-tema tentang manusia dan tanggung jawabnya di muka bumi,demokrasi serta
pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam perspektif al qur’an dan al
hadits sebagai persiapan untuk hidup bermasyarakat. Secara subtansial, mata
pelajaran Al-Qur’an Hadits memiliki kontribusi dalam memberikan moivasi kepada
peserta didik untuk mempelajari dan mempraktekikkan ajaran dan nilai-nilai yang
terkandung dalam Al-Qur’an sebagai sumber utama ajaran islam dan seekaligus
menjadi pegangan dan pedoman hidup dalam kehdupan sehari_hari. Mata pelajaran
Al-Qur”an Hadits bertujuan untuk:
a.
meningkatkan kecintaan peserta didik terhadap al
qur’an dan hadits .
b.
Membekali peserta didik dengan dalil-dalil yang
terdapat dala al-qur’an dan hadits sebagai pedoman dalam menyikapi dan
menghadapi kehidupan.
c.
Meningkatkan pemahaman dan pengamalan isi
kandungan al-qur’an dan hadits yang dilandasi oleh dasar-dasar keilmuan tentang
al qur’an hadits.
B. KI
Kompetensi Inti
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai)
sntun, responsive dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
3.
Memahami, menerapkan, dan menganalisis
pengetahuan factual, konseptual, procedural dan metakognitif berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural
pada bidang kajian yang spesifik dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
C. Kompetensi Dasar
1.1 Menghayati keountetikan Al-Qur’an sebagai wahyu Allah
SWT.
2.1 Menunjukan sikap yang
berpegang teguh untuk mengamalkan ajaran Al-Qur’an
3.1 Memahami pengertian
Al-Qur’an menurut para Ulama’
4.1 Menyajikan pengertian
Al-Qur’an yang disampaikan para ulama’
Kompetensi
Dasar dalam bab ini telah sesuai dan mencakup Kompetensi Inti yang ada mulai
dari aspek spiritual (menghayati), social ( membiasakan), pengetahuan (memahami)
dan ketrampilan (mempraktikan).
D. Identifikasi Pencapaian
1.
Indikator Pembelajaran
·
Menjelaskan pengertian Al-Qur’an menurut para
ulama’
·
Menjelaskan nama-nama Al-Qur’an
·
Menunjukan perilaku orang yang berpegang teguh
kepada Al-Qur’an
2.
Tujuan Pembelajaran
Setelah
mengamati, menanya, mengeksplorasi, dan mengkomunikasikan di harapkan peserta didik mampu :
·
Menjelaskan pengertian al qur’an menurut para
ulama’
·
Mejelaskan nama-nama al qur’an
·
Menunjukan prilaku orang yang berpegang teguh
kepada al qur’an
Indikator
pencapaian dalam bab ini sudah sesuai dengan KI/KD yang ada dan materi yang
sajikan dalam buku ini sudah dapat digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran
tersebut.
E. Materi
Setelah
memahami dan melihat sekilas buku Al-Qur’an Hadits MA kelas x Bab 1, penulis
menganalisa bahwa materi yang disajikan sudah tertata dengan baik dan runtut
sesuai dengan KD dan indicator pencapaian. Sebelum menginjak materi, siswa
diajak berfikir dengan menganalisa ilustrasi gambar tentang praktik materi, dan
materi yang di sajikan dilengkapi dengan dalil yang sesuai sebagai sumber/dasar
hukum yang jelas.
F. Alokasi Waktu
Alokasi
waktu yang disediakan sesuai dengan silabus adalah 2 tatap muka(45 menit x 4).
Alokasi waktu yang disediakan sudah sesuai dengan muatan materi yang disajikan
dengan rincian 45 pertama dan kedua adalah penjelasan materi (menyampaikan
materi, mengamati gambar, tanya jawab, penguatan materi). 45 ketiga: guru
membagi kelompok kemudian melakukan diskusi secara bargantian di depan kelas
dan 45 terakhir adalah praktik bagi siswa dalam kelas.
G. Metode Pembelajaran
Metode
pembelajaran yang cocok untuk menguasai materi ini diantaranya model direc
instruction (model pengajaran langsung) yang termasuk dalam rumpun model system
prilaku (the behavioral system family of model). Direct instruction diartikan
sebagai instruksi langsung, dikenal juga dengan active learning atau
whole-class teaching mengacu kepada gaya mengajar pendidik yang mengusung isi
pelajaran kepada peserta didik dengan mengajarkan/memberikan korelasi, dan
memberikan penguatan secara langsung. Model ini dipadukan dengan model
artikulasi (membuat/mencari pasangan yang bertujuan untuk mengetahui daya serap
peserta didik).
H. Sumber Belajar
1. Buku Pedoman Guru Mapel Qur’an Hadits MA
Kelas X, Kemenag RI, 2014
2. Buku Pegangan
Siswa Mapel Qur’an Hadits MA Kelas X, Kemenag RI. 2014
3. AL-Qur’an dan
terjemhnya
4. Buku penunjang lainnya yang relevan
5. Media cetak
dan elektronik sesuai materi
6. Lingkungan
sekitar yang mendukung
I. KBM/Proses Belajar
Kegiatan
belajar mengajar yang harus dilakukan yaitu :
1. Persiapan
·
Guru mengucapkan salam dan berdo”a bersama
·
Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian,
posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran
·
Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif
materi sebelumnya
·
Menjelaskan secara umum materi al qur’an kitabku
yang akan di pelajari hari ini
·
Menyiapkan media/alat peraga/alat bantu yang
sesuai dengan kegiatan pembelajaran
2. Pelaksanaan
Pertemuan ke satu
·
Guru bersama siswa mengawali materi dengan
membaca ayat-ayat yang ada dalam tadabbur dan member penjelasan materi yang
akan dipelajari secara umum
·
Siswa mengamai gambar dan member tanggapan
·
Guru membentuk kelompok sesuai dengan nomor
dengan meminta siswa berhitung 1 sam pai 7. Masing-masing berkumpul/membentuk
kelompok dengan nomor yang sama
·
Guru memberi judul materi yang ada al qur’an
kitabku, masing-masing kelompok diberi topic yang berbeda
·
Guru meminta peserta didik mengamati/mencari
tahu materi al qur’an kitabku
·
Peserta didik membaca materi tersebutdari
berbagai sumber belajar.
·
Siswa saling tukar informasi dan berdiskusi
tentang tema yang didapat
·
Guru member pertanyaan kepada siswa apakah ada
kesulitan pertemuan ke dua
·
Siswa mempresentasikan secara bergiliran tentang
tema yang dibahas
·
Kelompok yang lain member tanggapan tentang
presentasi yang sedang berlangsung
·
Kelompok yang melakukan presentasi mencatat
semua tanggapan dan pertanyaan dari kelompok lain, menjawab dan mencatat
pertanyaan dari kelompok lain
·
Guru memberikan penjelasan tambahan dan
menguatkan jawaban yang dikemukakan peserta didik dalam diskusi
·
Selama proses pembelajaran guru menilai sikap
siswa
J.
Tehnik Evaluasi
1. Penilaian
Penilaian yang
ada dalam buku qur’an hadits pendekatan
saintifik Kurikulum 2013 MA Kelas Xini, sudah sesuai dengan Kompetensi Inti dan
Kompetensi Dasar yaitu dengan memperhatikan aspek spiritual, social,
pengetahuan serta ketrampilan, rincian penilaian lain sebagai berikut :
a.
Uraian Singkat
Catatan: Skor jawaban tiap item soal 20
b.
Eassy
Catatan: Skor jawaban tiap item soal 20
c.
Portofolio dan Penilaian Sikap
Skor penilaian sebagai berikut :
·
Jika peserta didik dapat mengumpulkan tugasnya
tepat pada waktu yang ditentukan dan perilaku yang diamati serta alasannya
benar, nilai 100
·
Jika peserta didik dapat mengumpulkan tugasnya
setelah waktu yang ditentukan dan prilaku yang diamati serta alasannya benar,
nilai 90
·
Jika peserta didik dapat mengumpulkan tugasnya
setelah waktu yang ditentukan dan prilaku yang diamati serta alasannya sedikit
ada kekurangn, nilai 80
2. Pengayaam
Peserta didik
yang sudah menguasai materi mengerjakan soal pertanyaa berupa materi yang telah
disiapkan oleh guru ( guru mencatat dan member tambahan nilai dari bagi peserta
didik yang berhasil dalam pengayaan)
3. Remedial
Peserta didik
belum menguasai materii akan dijelaskan kembali oleh guru. Guru akan melakukan
penilaian kembali dengan soal yang sejenis atau member tugas individu membuat
makalah. Remedial dilaksanakan pada waktu yang telah ditentukan, boleh pada
saat pembelajaran apabila masih ada waktu, atau diluar jam pelajaran (30 menit
setelah jam pelajaran selesai)
4. Interaksi guru dengan orang tua
Guru meminta
peserta didik agar membuat makalah tentang materi tersebut dengan ditadai paraf
orang tua. Cara lainnya juga dapat dengan menggunakan buku penghubug keepada
orang tua yang berisitentang perubahan perilaku siswa setelah mengikuti
kegiatan pembelajaran atau berkomunikasi langsung baik tatap muka, bertelepon
mengenai perkembangan prilaku anak.
0 komentar:
Posting Komentar