Sabtu, 18 Juni 2016

TELAAH MATERI PAI 2 BAB 1 AL-QUR’AN KITABKU QUR’AN HADITS KELAS X KURIKULUM 2013 MADRASAH ALIYAH

NAMA   : NUR FITRIYANI
NIM        :131310000917
Klompok : 3 (tiga)

TELAAH MATERI PAI 2
BAB 1 AL-QUR’AN KITABKU
QUR’AN HADITS KELAS X KURIKULUM 2013
MADRASAH ALIYAH

 A.  Identifikasi BAB 1 Al-Qur’an Kitabku
        Mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Aliyah adalah salah satu mata pelajran Pendidikan Agama Islam yang merupakan peningkatan dari Al-Qur’an Hadits yang telah dipelajari.Peningkatan tersebut dengan cara mempelajari, memperdalam serta memperkaya kajian al qur’an dan al hadits terutama menyangkut dasar-dasar keilmuannya sebagai persiapan melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi, serta memahami dan menerapkan tema-tema tentang manusia dan tanggung jawabnya di muka bumi,demokrasi serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam perspektif al qur’an dan al hadits sebagai persiapan untuk hidup bermasyarakat. Secara subtansial, mata pelajaran Al-Qur’an Hadits memiliki kontribusi dalam memberikan moivasi kepada peserta didik untuk mempelajari dan mempraktekikkan ajaran dan nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Qur’an sebagai sumber utama ajaran islam dan seekaligus menjadi pegangan dan pedoman hidup dalam kehdupan sehari_hari. Mata pelajaran Al-Qur”an Hadits bertujuan untuk:
a.       meningkatkan kecintaan peserta didik terhadap al qur’an dan hadits .
b.      Membekali peserta didik dengan dalil-dalil yang terdapat dala al-qur’an dan hadits sebagai pedoman dalam menyikapi dan menghadapi kehidupan.
c.       Meningkatkan pemahaman dan pengamalan isi kandungan al-qur’an dan hadits yang dilandasi oleh dasar-dasar keilmuan tentang al qur’an hadits.
B.  KI
       Kompetensi Inti
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai) sntun, responsive dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
C. Kompetensi Dasar
1.1 Menghayati  keountetikan Al-Qur’an sebagai wahyu Allah SWT.
2.1 Menunjukan sikap yang berpegang teguh untuk mengamalkan ajaran Al-Qur’an
3.1 Memahami pengertian Al-Qur’an menurut para Ulama’
4.1 Menyajikan pengertian Al-Qur’an yang disampaikan  para ulama’
Kompetensi Dasar dalam bab ini telah sesuai dan mencakup Kompetensi Inti yang ada mulai dari aspek spiritual (menghayati), social ( membiasakan), pengetahuan (memahami) dan ketrampilan (mempraktikan).
D. Identifikasi Pencapaian
1.      Indikator Pembelajaran
·         Menjelaskan pengertian Al-Qur’an menurut para ulama’
·         Menjelaskan nama-nama Al-Qur’an
·         Menunjukan perilaku orang yang berpegang teguh kepada Al-Qur’an
2.      Tujuan Pembelajaran
Setelah mengamati, menanya, mengeksplorasi, dan mengkomunikasikan  di harapkan peserta didik mampu :
·         Menjelaskan pengertian al qur’an menurut para ulama’
·         Mejelaskan nama-nama al qur’an
·         Menunjukan prilaku orang yang berpegang teguh kepada al qur’an
Indikator pencapaian dalam bab ini sudah sesuai dengan KI/KD yang ada dan materi yang sajikan dalam buku ini sudah dapat digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut.
E. Materi
            Setelah memahami dan melihat sekilas buku Al-Qur’an Hadits MA kelas x Bab 1, penulis menganalisa bahwa materi yang disajikan sudah tertata dengan baik dan runtut sesuai dengan KD dan indicator pencapaian. Sebelum menginjak materi, siswa diajak berfikir dengan menganalisa ilustrasi gambar tentang praktik materi, dan materi yang di sajikan dilengkapi dengan dalil yang sesuai sebagai sumber/dasar hukum yang jelas.
F. Alokasi Waktu
            Alokasi waktu yang disediakan sesuai dengan silabus adalah 2 tatap muka(45 menit x 4). Alokasi waktu yang disediakan sudah sesuai dengan muatan materi yang disajikan dengan rincian 45 pertama dan kedua adalah penjelasan materi (menyampaikan materi, mengamati gambar, tanya jawab, penguatan materi). 45 ketiga: guru membagi kelompok kemudian melakukan diskusi secara bargantian di depan kelas dan 45 terakhir adalah praktik bagi siswa dalam kelas.
G. Metode Pembelajaran
            Metode pembelajaran yang cocok untuk menguasai materi ini diantaranya model direc instruction (model pengajaran langsung) yang termasuk dalam rumpun model system prilaku (the behavioral system family of model). Direct instruction diartikan sebagai instruksi langsung, dikenal juga dengan active learning atau whole-class teaching mengacu kepada gaya mengajar pendidik yang mengusung isi pelajaran kepada peserta didik dengan mengajarkan/memberikan korelasi, dan memberikan penguatan secara langsung. Model ini dipadukan dengan model artikulasi (membuat/mencari pasangan yang bertujuan untuk mengetahui daya serap peserta didik).
H. Sumber Belajar
1.  Buku Pedoman Guru Mapel Qur’an Hadits MA Kelas X, Kemenag RI, 2014
2. Buku Pegangan Siswa Mapel Qur’an Hadits MA Kelas X, Kemenag RI. 2014
3. AL-Qur’an dan terjemhnya
4. Buku  penunjang lainnya yang relevan
5. Media cetak dan elektronik sesuai materi
6. Lingkungan sekitar yang mendukung
 I. KBM/Proses Belajar
            Kegiatan belajar mengajar yang harus dilakukan yaitu :
1.  Persiapan
·         Guru mengucapkan salam dan berdo”a bersama
·         Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran
·         Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif materi sebelumnya
·         Menjelaskan secara umum materi al qur’an kitabku yang akan di pelajari hari ini
·         Menyiapkan media/alat peraga/alat bantu yang sesuai dengan kegiatan pembelajaran
2.  Pelaksanaan
      Pertemuan ke satu
·         Guru bersama siswa mengawali materi dengan membaca ayat-ayat yang ada dalam tadabbur dan member penjelasan materi yang akan dipelajari secara umum
·         Siswa mengamai gambar dan member tanggapan
·         Guru membentuk kelompok sesuai dengan nomor dengan meminta siswa berhitung 1 sam pai 7. Masing-masing berkumpul/membentuk kelompok dengan nomor yang sama
·         Guru memberi judul materi yang ada al qur’an kitabku, masing-masing kelompok diberi topic yang berbeda
·         Guru meminta peserta didik mengamati/mencari tahu materi al qur’an kitabku
·         Peserta didik membaca materi tersebutdari berbagai sumber belajar.
·         Siswa saling tukar informasi dan berdiskusi tentang tema yang didapat
·         Guru member pertanyaan kepada siswa apakah ada kesulitan pertemuan ke dua
·         Siswa mempresentasikan secara bergiliran tentang tema yang dibahas
·         Kelompok yang lain member tanggapan tentang presentasi yang sedang berlangsung
·         Kelompok yang melakukan presentasi mencatat semua tanggapan dan pertanyaan dari kelompok lain, menjawab dan mencatat pertanyaan dari kelompok lain
·         Guru memberikan penjelasan tambahan dan menguatkan jawaban yang dikemukakan peserta didik dalam diskusi
·         Selama proses pembelajaran guru menilai sikap siswa
 J.  Tehnik Evaluasi
1.  Penilaian
Penilaian yang ada dalam buku  qur’an hadits pendekatan saintifik Kurikulum 2013 MA Kelas Xini, sudah sesuai dengan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar yaitu dengan memperhatikan aspek spiritual, social, pengetahuan serta ketrampilan, rincian penilaian lain sebagai berikut :
a.       Uraian Singkat
Catatan: Skor jawaban tiap item soal 20
b.      Eassy
Catatan: Skor jawaban tiap item soal 20
c.       Portofolio dan Penilaian Sikap
Skor penilaian sebagai berikut :
·         Jika peserta didik dapat mengumpulkan tugasnya tepat pada waktu yang ditentukan dan perilaku yang diamati serta alasannya benar, nilai 100
·         Jika peserta didik dapat mengumpulkan tugasnya setelah waktu yang ditentukan dan prilaku yang diamati serta alasannya benar, nilai 90
·         Jika peserta didik dapat mengumpulkan tugasnya setelah waktu yang ditentukan dan prilaku yang diamati serta alasannya sedikit ada kekurangn, nilai 80
2.  Pengayaam
Peserta didik yang sudah menguasai materi mengerjakan soal pertanyaa berupa materi yang telah disiapkan oleh guru ( guru mencatat dan member tambahan nilai dari bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan)
3.  Remedial
Peserta didik belum menguasai materii akan dijelaskan kembali oleh guru. Guru akan melakukan penilaian kembali dengan soal yang sejenis atau member tugas individu membuat makalah. Remedial dilaksanakan pada waktu yang telah ditentukan, boleh pada saat pembelajaran apabila masih ada waktu, atau diluar jam pelajaran (30 menit setelah jam pelajaran selesai)
4.  Interaksi guru dengan orang tua

Guru meminta peserta didik agar membuat makalah tentang materi tersebut dengan ditadai paraf orang tua. Cara lainnya juga dapat dengan menggunakan buku penghubug keepada orang tua yang berisitentang perubahan perilaku siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran atau berkomunikasi langsung baik tatap muka, bertelepon mengenai perkembangan prilaku anak.       
Posted on by Abd.Rozaq.6.PAI.A.7.TelaahPAI.UNISNU.JEPARA | No comments

0 komentar:

Posting Komentar