Sabtu, 18 Juni 2016

TELAAH MATERI FIQIH (MA) KELAS X PEREKONOMIAN DALAM ISLAM



Nama : Zainal arif
NIM    : 213219
Kelompok : 6
TELAAH MATERI FIQIH (MA) KELAS X
PEREKONOMIAN DALAM ISLAM

Identitas         : Fiqih Kelas X MA
Materi Bab 7  : PEREKONOMIAN DALAM ISLAM
KI                   : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro -aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan.
Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan.
 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.



Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Penilaian
Sumber/
Bahan/Alat
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Menjelaskan aturan Islam tentang jual beli dan hikmahnya
aturan Islam tentang jual beli dan hikmahnya
·     Melakukan studi pustaka yang berkaitan dengan aturan jual beli
·     Mengidentifikasi jual beli yang dilarang syari’at
·     Mengidentifikasi prinsip jual beli yang diperboleh-kan syari’at
·         Menjelaskan pengertian dan dasar hukum jual beli
·         Menyebutkan syarat dan rukun jual beli
·         Menjelaskan jual beli yang dilarang
·         Menjelaskan hikmah jual beli
·         Melaksanakan jual beli secara benar dalam kehidupan
Tes tulis
Isian
2 x 45’

·    Buku Fiqih untuk Madrah Aliyah

Menjelaskan aturan Islam tentang khiyar
aturan Islam tentang khiyar
·     Membaca literatur tentang khiyar
·     Mengidentifikasi ciri-ciri dari macam-macam khiyar
·     Merefleksikan hikmah atas aturan khiyar
·         Menjelaskan pengertian dan hukum khiyar
·         Menyebutkan macam-macam khiyar
·         Mempraktekkan khiyar
·         Menjelaskan hikmah khiyar
Tes tulis
Isian
Menjelaskan aturan Islam tentang musaqah, muzara’ah dan mukhabarah serta hikmahnya
aturan dalam musaqah, muzara’ah dan mukhabarah
·     Mengidentifikasi aturan dalam musaqah, muzara’ah dan mukhabarah
·     Merefleksikan ber-bagai aturan musa-qah, muzara’ah dan mukhabarah
·         Menjelaskan pengertian musaqah, muzara`ah, dan mukhabarah
·         Menyebutkan syarat dan rukun musaqah, muzara`ah, dan mukhabarah
·         Menjelaskan hikmah musaqah, muzara`ah, dan mukhabarah
Tes tulis
Isian
Menjelaskan aturan Islam tentang syirkah dan hikmahnya
Aturan Islam tentang syirkah dan hikmahnya
·     Membaca aturan syirkah
·     Mengidentifikasi macam-macam syirkah
·     Mendemonstrasi-kan syirkah
·         Menjelaskan pengertian dan hukum syirkah
·         Menyebutkan macam-macam syirkah
·         Menjelaskan syarat dan rukun syirkah
·         Mempraktekkan syirkah
Tes tulis
Isian
2 x 45’
Menjelaskan aturan Islam tentang ji’alah dalam Islam
aturan Islam tentang ji’alah dalam Islam
·     Mencari informasi tentang ji’alah
·     Merangkum syarat dan rukun ji’alah
·     Menggali hikmah yang terkandung dalam aturan ji’alah
·         Menjelaskan pengertian dan hukum Ji`alah
·         Menyebutkan syarat dan rukun Ji`alah
·         Mempraktekkan Ji`alah
·         Menjelaskan hikmah yang terkandung dalam aturan ji’alah
Tes tulis
Isian
·    Buku Fiqih untuk Madrah Aliyah

Menerapkan cara jual beli, khiyar, musaqah, muzara’ah, mukhabarah, syirkah dan ji’alah
Penerapan prinsip-prinsip ekonomi dalam Islam
·     Menganalisis beberapa transaksi modern dalam kesesuaiannya dengan prinsip transaksi dalam Islam
·     Melakukan refleksi atas prinsip-prinsip islami dalam bertransaksi
·         Mempraktekkan cara jual beli, khiyar, musaqah, muzara’ah, mukhabarah, syirkah dan ji’alah
·         Menarik hikmah dari pensyari’atan jual beli, khiyar, musaqah, muzara’ah, mukhabarah, syirkah dan ji’alah
Tes tulis
Isian


Kritik & Analisa        :
1.      Kritik              :secara keseluruhan sistem penulisannya  materi yang terdapat dalam buku sudah cukup baik, bahkan disertai dengan dalil yang relavan dengan materi terebut. Namun, terdapat kritik yang mungkin dapat dimunculkan antara lain:
a)         Penulisannya materi inti tiap bab sudah baik namun pada soal uji kompetensi terlalu sedikit alangkah baiknya kalau ditambah.
b)        Dalam bab ini terlalu banyak materi, dibanding dengan bab yang lain.

2.      Analisa Deskriptif Normatif
no
Instrumen Telaah
Analisa Deskriptif Normatif
1

Identitas
Dalam buku tersebut sudah memuat tentang tata cara pengamalan Fiqih
2
SK
Sudah memunculkan aspek spiritual, sosial, pengetahuan dan keterampilan dalam setiap bab yang terdapat dalam buku tersebut
3
KD
Memberikan gambaran secara jelas apa yang harus dipelajari dan langkah apa yang ditempuh untuk mencapai tujuan pembelajaran yang tertera pada setiap bab
4
Materi

Materi yang disajikan sudah baik tetapi masih kurang memadai dalam memenuhi kebutuhan tentang pemahaman dalam tiap bab sehingga peserta didik harus mencari sumber lain yang relavan terhadap materi tersebut
5
Kegiatan Belajar Mengajar
Proses pembelajaran yang ditunjukkan dalam silabus sudah baik (menjadikan peserta didik aktif dalam KBM), tinggal bagaimana guru dalam mengolah dan menjadikan menarik dalam setiap kegiatan belajar mengajar.
6
Indikator

Indikator pencapaian yang ingin dicapai sudah lengkap dan menyeluruh sebagai acuan setelah proses pembelajaran
7
Teknik Evaluasi
Penilaian yang dilakukan sudah mencangkup banyak hal mulai dari aspek spiritual, sosial, pengetahuan, dan keterampilan.
8
Alokasi Waktu
Alokasi waktu telah disesuaikan dengan tingkat kesulitan atau banyaknya proses pembelajaran yang dibutuhkan.
9
Sumber Belajar
Selain dari buku siswa yang ada, peserta didik juga harus mencari sumber belajar yang lain seperti majalah, buku belajar lain, serta sumber lain yang relavan dengan materi yang dipelajarinya.
10
Metode dan Pendekatan
Metode yang dilakukan telah disesuaikan dengan materi yang dipelajari, materi mana yang memerlukan diskusi dan presentasi serta praktik agar peserta didik mengerti.

3.      SOLUSI DAN SARAN
a)        SOLUSI
Solusi dari kritik di atas antara lain:
·           Guru memberitahu sumber bacaan relevan yang lain terkait materi tersebut sehingga peserta didik dapat menambah pengtahuan dan wawasannya.
·           Tidak semua bab dijadikan sebagai materi pokok, adanya keterkaitan bab satu dengan bab lain yang hampir sama dapat dijadikan satu bab saja sehingga tidak terkesan siswa harus menyelesaikan banyak bab dala satu tahun pelajaran tersebut.
·           Guru dalam melakukan penilaian dituntut, mulai dari aspek spiritual, sosial, pemhetahuan dan keterampilan. Hal ini dapat menyita guru dalam mempersiapkan materi pembelajaran selanjutnya. Diharapkan ada kesederhanaan dalam penilaian sehingga dapat meringankan tugas guru dalam mendidik peserta didik.
·           Tata urutan dalam pemilihan bab perlu diperhatiakan oleh tim penyusun buku agar tidak terjadi kebingungan dalam memahami pelajaran.

b)        SARAN
·           Guru juga sangat berperan aktif dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas. Oleh karena itu, guru juga harus menguasai bahan ajar yang akan disampaikan dan penggunaan metode yang tepat dalam proses pembelajaran.
·           Di harapkan bagi peserta didik dapat menjadi pribadi yang beriman dan bertaqwa, berilmu, berperilaku adil dan jujur, giat dalam belajar serta berakhlak al-karimah yang baik sesuai tuntunan islam.
·           Semoga hasil telaah kami bisa menjadi bahan tolak ukur  untuk memperbaiki buku ajar yang telah ada.
·           Harapan penulis semoga karya yang sederhana dan jauh dari kesempurnaan ini dapat membawa manfaat yang lebih banyak bagi siapa saja yang membaca makalah ini

Posted on by Abd.Rozaq.6.PAI.A.7.TelaahPAI.UNISNU.JEPARA | No comments

0 komentar:

Posting Komentar