Nama : Zainal arif
NIM : 213219
Kelompok : 6
TELAAH MATERI FIQIH (MA) KELAS X
PEREKONOMIAN DALAM ISLAM
Identitas : Fiqih Kelas X MA
Materi Bab 7 : PEREKONOMIAN DALAM ISLAM
KI : Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro -aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan.
Memahami ,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
Penilaian
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
||||||
Menjelaskan aturan Islam tentang
jual beli dan hikmahnya
|
aturan Islam tentang jual beli dan hikmahnya
|
· Melakukan
studi pustaka yang berkaitan dengan aturan jual beli
· Mengidentifikasi
jual beli yang dilarang syari’at
· Mengidentifikasi
prinsip jual beli yang diperboleh-kan syari’at
|
·
Menjelaskan pengertian dan dasar hukum jual
beli
·
Menyebutkan syarat dan rukun jual beli
·
Menjelaskan jual beli yang dilarang
·
Menjelaskan hikmah jual beli
·
Melaksanakan jual beli secara benar dalam kehidupan
|
Tes tulis
|
Isian
|
2 x 45’
|
·
Buku
Fiqih untuk Madrah Aliyah
|
Menjelaskan aturan Islam tentang
khiyar
|
aturan Islam tentang khiyar
|
· Membaca
literatur tentang khiyar
· Mengidentifikasi
ciri-ciri dari macam-macam khiyar
· Merefleksikan
hikmah atas aturan khiyar
|
·
Menjelaskan pengertian dan hukum khiyar
·
Menyebutkan macam-macam khiyar
·
Mempraktekkan khiyar
·
Menjelaskan hikmah khiyar
|
Tes tulis
|
Isian
|
||
Menjelaskan aturan Islam tentang musaqah, muzara’ah dan
mukhabarah serta hikmahnya
|
aturan
dalam musaqah, muzara’ah dan mukhabarah
|
· Mengidentifikasi aturan
dalam musaqah, muzara’ah dan mukhabarah
· Merefleksikan ber-bagai
aturan musa-qah, muzara’ah dan mukhabarah
|
·
Menjelaskan pengertian musaqah, muzara`ah,
dan mukhabarah
·
Menyebutkan syarat dan rukun musaqah, muzara`ah, dan mukhabarah
·
Menjelaskan hikmah musaqah, muzara`ah, dan mukhabarah
|
Tes tulis
|
Isian
|
||
Menjelaskan aturan Islam tentang
syirkah dan hikmahnya
|
Aturan Islam tentang syirkah dan hikmahnya
|
· Membaca
aturan syirkah
· Mengidentifikasi
macam-macam syirkah
· Mendemonstrasi-kan
syirkah
|
·
Menjelaskan pengertian dan hukum syirkah
·
Menyebutkan macam-macam syirkah
·
Menjelaskan syarat dan rukun syirkah
·
Mempraktekkan syirkah
|
Tes tulis
|
Isian
|
2 x 45’
|
|
Menjelaskan aturan Islam tentang
ji’alah dalam Islam
|
aturan Islam tentang ji’alah dalam Islam
|
· Mencari
informasi tentang ji’alah
· Merangkum
syarat dan rukun ji’alah
· Menggali
hikmah yang terkandung dalam aturan ji’alah
|
·
Menjelaskan pengertian dan hukum Ji`alah
·
Menyebutkan syarat dan rukun Ji`alah
·
Mempraktekkan Ji`alah
·
Menjelaskan hikmah yang terkandung dalam
aturan ji’alah
|
Tes tulis
|
Isian
|
·
Buku
Fiqih untuk Madrah Aliyah
|
|
Menerapkan cara jual beli, khiyar, musaqah, muzara’ah,
mukhabarah, syirkah dan ji’alah
|
Penerapan prinsip-prinsip ekonomi dalam Islam
|
· Menganalisis
beberapa transaksi modern dalam kesesuaiannya dengan prinsip transaksi dalam
Islam
· Melakukan
refleksi atas prinsip-prinsip islami dalam bertransaksi
|
·
Mempraktekkan cara jual beli, khiyar, musaqah,
muzara’ah, mukhabarah, syirkah dan ji’alah
·
Menarik hikmah dari pensyari’atan jual beli, khiyar,
musaqah, muzara’ah, mukhabarah, syirkah dan ji’alah
|
Tes tulis
|
Isian
|
Kritik & Analisa :
1.
Kritik :secara keseluruhan sistem penulisannya materi yang terdapat dalam buku sudah cukup
baik, bahkan disertai dengan dalil yang relavan dengan materi terebut. Namun,
terdapat kritik yang mungkin dapat dimunculkan antara lain:
a)
Penulisannya
materi inti tiap bab sudah baik namun pada soal uji kompetensi terlalu sedikit
alangkah baiknya kalau ditambah.
b)
Dalam
bab ini terlalu banyak materi, dibanding dengan bab yang lain.
2.
Analisa
Deskriptif Normatif
no
|
Instrumen Telaah
|
Analisa Deskriptif Normatif
|
1
|
Identitas
|
Dalam buku tersebut sudah memuat tentang tata cara pengamalan
Fiqih
|
2
|
SK
|
Sudah memunculkan aspek spiritual, sosial, pengetahuan dan
keterampilan dalam setiap bab yang terdapat dalam buku tersebut
|
3
|
KD
|
Memberikan gambaran secara jelas apa yang harus dipelajari dan
langkah apa yang ditempuh untuk mencapai tujuan pembelajaran yang tertera
pada setiap bab
|
4
|
Materi
|
Materi yang disajikan sudah baik tetapi masih kurang memadai
dalam memenuhi kebutuhan tentang pemahaman dalam tiap bab sehingga peserta
didik harus mencari sumber lain yang relavan terhadap materi tersebut
|
5
|
Kegiatan Belajar Mengajar
|
Proses pembelajaran yang ditunjukkan dalam silabus sudah baik
(menjadikan peserta didik aktif dalam KBM), tinggal bagaimana guru dalam
mengolah dan menjadikan menarik dalam setiap kegiatan belajar mengajar.
|
6
|
Indikator
|
Indikator pencapaian yang ingin dicapai sudah lengkap dan
menyeluruh sebagai acuan setelah proses pembelajaran
|
7
|
Teknik Evaluasi
|
Penilaian yang dilakukan sudah mencangkup banyak hal mulai dari
aspek spiritual, sosial, pengetahuan, dan keterampilan.
|
8
|
Alokasi Waktu
|
Alokasi waktu telah disesuaikan dengan tingkat kesulitan atau
banyaknya proses pembelajaran yang dibutuhkan.
|
9
|
Sumber Belajar
|
Selain dari buku siswa yang ada, peserta didik juga harus mencari
sumber belajar yang lain seperti majalah, buku belajar lain, serta sumber
lain yang relavan dengan materi yang dipelajarinya.
|
10
|
Metode dan Pendekatan
|
Metode yang dilakukan telah disesuaikan dengan materi yang
dipelajari, materi mana yang memerlukan diskusi dan presentasi serta praktik
agar peserta didik mengerti.
|
3.
SOLUSI
DAN SARAN
a)
SOLUSI
Solusi
dari kritik di atas antara lain:
·
Guru
memberitahu sumber bacaan relevan yang lain terkait materi tersebut sehingga
peserta didik dapat menambah pengtahuan dan wawasannya.
·
Tidak
semua bab dijadikan sebagai materi pokok, adanya keterkaitan bab satu dengan
bab lain yang hampir sama dapat dijadikan satu bab saja sehingga tidak terkesan
siswa harus menyelesaikan banyak bab dala satu tahun pelajaran tersebut.
·
Guru
dalam melakukan penilaian dituntut, mulai dari aspek spiritual, sosial,
pemhetahuan dan keterampilan. Hal ini dapat menyita guru dalam mempersiapkan
materi pembelajaran selanjutnya. Diharapkan ada kesederhanaan dalam penilaian
sehingga dapat meringankan tugas guru dalam mendidik peserta didik.
·
Tata
urutan dalam pemilihan bab perlu diperhatiakan oleh tim penyusun buku agar
tidak terjadi kebingungan dalam memahami pelajaran.
b)
SARAN
·
Guru
juga sangat berperan aktif dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas. Oleh
karena itu, guru juga harus menguasai bahan ajar yang akan disampaikan dan
penggunaan metode yang tepat dalam proses pembelajaran.
·
Di
harapkan bagi peserta didik dapat menjadi pribadi yang beriman dan bertaqwa,
berilmu, berperilaku adil dan jujur, giat dalam belajar serta berakhlak
al-karimah yang baik sesuai tuntunan islam.
·
Semoga
hasil telaah kami bisa menjadi bahan tolak ukur
untuk memperbaiki buku ajar yang telah ada.
·
Harapan
penulis semoga karya yang sederhana dan jauh dari kesempurnaan ini dapat
membawa manfaat yang lebih banyak bagi siapa saja yang membaca makalah ini
0 komentar:
Posting Komentar