Sabtu, 18 Juni 2016

TELAAH MATERI PAI 2 QUR’AN HADITS KELAS X MA KURIKULUM 2013 BAB 4 POKOK-POKOK ISI KITAB-KU



Nama               : Fatihatus Sa’adah
NIM                : 131310000897
Kelompok       : Tiga (3)

TELAAH MATERI PAI 2
QUR’AN HADITS KELAS X MA KURIKULUM 2013
BAB 4 POKOK-POKOK ISI KITAB-KU
A.    Identifikasi Bab 4 Pokok-Pokok Isi Kitab-Ku
Pendidikan Agama Islam mempunyai peran yang sangat penting dalam membentuk karakter dan perilaku peserta didik. Melalui pendidikan agama islam diharapkan siswa akan terbentuk menjadi pribadi yang bertakwa, berwibawa, dan berakhlak mulia. Mata pelajaran al-Qur’an Hadits adalah salah satu mata pelajaran pendidikan agama islam yang dipelajari di madrasah aliyah. Aspek yang dipelajari meliputi sumber aturan dalam agama islam itu sendiri. Seperti yang dibahas dalam materi al-Qur’an Hadits Madrasah Aliyah kelas X Bab 4 tentang pokok-pokok isi Kitab-Ku, al-Qur’an membahas akidah, ibadah dan muamalah,  akhlak, hukum, sejarah atau kisah umat masa lalu, dan dasar-dasar ilmu pengetahuan (sains) dan teknologi. Mempelajari al-Qur’an Hadits diharapkan siswa dapat mengenal aturan-aturan islam yang sesuai Kitab Allah untuk kemudian diamalkan dalam kehidupan sosial manusia.
B.     Kompetensi Inti
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai) sntun, responsive dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
C.     Kompetensi Dasar
1.4  Meyakini kebenaran nilai-nilai yang terdapat pada pokok-pokok isi al-Qur’an
2.4 Menunjukkan perilaku yang menjadikan al-Qur’an sebagai sumber hukum dalam kehidupan sehari-hari
3.4  Memahami pokok-pokok isi l-Qur’an
4.4  Memaparkan pokok-pokok ajaran al-Qur’an besera contoh-contohnya dalam ayat.

Kompetensi Dasar dalam bab ini telah sesuai dan mencakup Kompetensi Inti,  mulai dari aspek spiritual (menghayati), sosial ( membiasakan), pengetahuan (memahami), dan ketrampilan (mempraktikan).

D.    Identifikasi Pencapaian
1.      Indikator Pembelajaran
·         Mengidentifikasi pokok-pokok isi al-Qur’an.
·         Menunjukkan ayat terkait dengan pokok isi al-Qur’an.
·         Menjelaskan kandungan ayat yang terkait dengan isi pokok ajaran al-Qur’an.
2.      Tujuan Pembelajaran
Setelah melakukan pengamatan, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasi diharapkan:
a.    Peserta didik dapat mengidentifikasi pokok-pokok isi al-Qur’an dengan benar.
b.   Peserta didik dapat menunjukkan ayat terkait dengan pokok isi al-Qur’an dengan benar.
c.    Peserta didik dapat menjelaskan kandungan ayat yang terkait dengan isi pokok ajaran al-Qur’an.

Indikator pencapaian dalam bab ini sudah sesuai dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar, serta materi yang sajikan dalam buku sudah dapat digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran.
E.     Materi
Materi yang disajikan disusun dengan baik sesuai kompetensi yang akan dicapai. Sebelum mempelajari materi siswa diajak berfikir pada sesi “Mari Renungkan” dan “Mari Mengamati” dengan menganalisa ilustrasi gambar tentang praktik materi, sehingga sudah ada gambaran pemahaman. Dalam segi kebahasaan, materi disajikan dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami. Tulisan arab maupun tulisan latin dalam buku ini sangat jelas dan mudah dibaca. Materi juga disertai dengan dalil yang sesuai.

F.      Alokasi Waktu

Alokasi waktu yang disediakan sesuai dengan silabus adalah 2 tatap muka(45 menit x 4). Alokasi waktu yang disediakan sudah sesuai dengan muatan materi yang disajikan dengan rincian 45 pertama dan kedua adalah penjelasan materi (menyampaikan materi, mengamati gambar, tanya jawab, penguatan materi). 45 ketiga: guru membagi kelompok kemudian melakukan diskusi secara bargantian di depan kelas dan 45 terakhir adalah praktik bagi siswa dalam kelas.

G.    Metode Pembelajaran
Untuk menguasai kompetensi ini salah satu model pembelajaran yang cocok di antaranya model direct instruction (model pengajaran langsung) yang termasuk ke dalam rumpun model sistem perilaku (the behavioral systems family of model). Direct instruction diartikan sebagai instruksi langsung, dikenal juga dengan active learning atau whole-class teaching mengacu kepada gaya mengajar pendidik yang mengusung isi pelajaran kepada peserta didik dengan mengajarkan memberikan koreksi, dan memberikan penguatan secara langsung pula. Model ini dipadukan dengan model artikulasi (membuat/mencari pasangan yang bertujuan untuk mengetahui daya serap peserta didik).

H.    Sumber Belajar
1.       Buku Pedoman Guru Mapel Qur’an Hadits MA Kelas X, Kemenag RI, 2014
2.      Buku Pegangan Siswa Mapel Qur’an Hadits MA Kelas X, Kemenag RI. 2014
3.      AL-Qur’an dan terjemhnya
4.      Buku  penunjang lainnya yang relevan
5.      Media cetak dan elektronik sesuai materi
6.      Lingkungan sekitar yang mendukung

I.       KBM/Proses Belajar
Kegiatan belajar mengajar penulis gambarkan demikian:
1.      Persiapan
a.       Guru mengucap salam dan berdoa bersama.
b.      Guru memeriksa kehadiran peserta didik, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk yang disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
c.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
d.      Guru menyampaikan pertanyaan secara komunikatif mengenai hal yang terkait dengan materi Pokok-pokok isi al-Qur’an.
e.       Media/alat peraga/alat bantu bisa berupa tulisan manual di papan tulis, kertas karton (tulisan yang besar dan mudah dilihat/dibaca), atau dapat juga menggunakan multimedia berbasis ICT atau media lainnya.
2.      Pelaksanaan
a.       Pertemuan pertama (45 menit x 2)
·         Guru meminta peserta didik untuk mencermati perenungan yang ada pada kolom “Mari Renungkan”.
·         Peserta didik mengemukakan pendapatnya tentang hasil perenungannya.
·         Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan terhadap hasil perenungan peserta didik.
·         Guru meminta kembali peserta didik untuk mengamati gambar yang ada yang ada di kolom “Mari Mengamati”.
·         Peserta didik mengemukakan pendapatnya tentang gambar tersebut.
·         Guru memberikan penjelaskan tambahan kembali dan penguatan yang dikemukakan peserta didik tentang isi gambar tersebut.
·         Peserta didik melakukan tanya jawab seputar pokok-pokok isi al-Qur’an.
·         Peserta didik menyimak penyampaian cerita/kisah dari guru melalui bantuan gambar atau tayangan visual/film tentang pokok-pokok isi al-Qur’an.
b.      Pertemuan kedua (45 menit x 2)
·         Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok dan diberikan tugas untuk berdiskusi sesuai dengan tema yang telah ditentukan.
·         Secara bergantian masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusi sedangkan kelompok lainnya memperhatikan/menyimak dan memberikan tanggapan.
·         Guru memberikan penambahan dan penguatan kepada peserta didik tentang materi tersebut.
·         Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan kisah tersebut.
·         Guru dan peserta didik menyimpulkan intisari dari pelajaran tersebut sesuai yang terdapat dalam buku teks peserta didik pada kolom rangkuman.
J.       Teknik Evaluasi
Ø Penilaian
1.      Skala Sikap
Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam Pengamatan pada saat pelaksanaan diskusi. Aspek dan rubik penilaiannya meliputi:
a.       Kejelasan dan kedalaman informasi.
·         Jika kelompok tersebut dapat memberikan kejelasan dan kedalaman informasi lengkap dan sempurna, skor 30.
·         Jika kelompok tersebut dapat memberikan penjelasan dan kedalaman informasi lengkap dan kurang sempurna, skor 20.
·         Jika kelompok tersebut dapat memberikan penjelasan dan kedalaman informasi kurang lengkap, skor 10.
b.      Keaktifan dalam diskusi
·         Jika kelompok tersebut berperan sangat aktif dalam diskusi, skor 30.
·         Jika kelompok tersebut berperan aktif dalam diskusi, skor 20.
·         Jika kelompok tersebut kurang aktif dalam diskusi, skor 10.
c.       Kejelasan dan kerapian presentasi
·         Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan jelas dan rapi, skor 30.
·         Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan sangat jelas dan kurang rapi, skor 20.
·         Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan kurang jelas dan tidak rapi, skor 10.
2.      Tugas Portofolio
Skor penilaian sebagai berikut:
a.       Jika peserta didik dapat mengumpulkan tugasnya tepat pada waktu yang ditentukan dan perilaku yang diamati serta tanggapannya benar, nilai 100.
b.      Jika peserta didik dapat mengumpulkan tugasnya setelah waktu yang ditentukan dan perilaku yang diamati serta alasannya benar, nilai 90.
c.       Jika peserta didik dapat mengumpulkan tugasnya setelah waktu yang ditentukan dan perilaku yang diamati serta alasannya sedikit ada kekurangan, nilai 80.

Nilai akhir yang diperoleh oleh peserta didik adalah:
a.       Nilai rata-rata pada sesi diskusi x 50%
b.      Nilai rata-rata pada tugas portofolio x 50%
c.       Nilai akhir = nilai a + nilai b

Ø  Remedial
Peserta didik yang  belum menguasai materi akan dijelaskan kembali oleh guru. Guru akan melakukan penilaian kembali dengan soal yang sejenis atau member tugas individu membuat makalah. Remedial dilaksanakan pada waktu yang telah ditentukan, boleh pada saat pembelajaran apabila masih ada waktu, atau diluar jam pelajaran (30 menit setelah jam pelajaran selesai)
Ø  Interaksi guru dengan orang tua
Guru meminta peserta didik agar membuat makalah tentang materi tersebut dengan ditadai paraf orang tua. Cara lainnya juga dapat dengan menggunakan buku penghubug keepada orang tua yang berisitentang perubahan perilaku siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran atau berkomunikasi langsung baik tatap muka, bertelepon mengenai perkembangan perilaku anak.
Posted on by Abd.Rozaq.6.PAI.A.7.TelaahPAI.UNISNU.JEPARA | No comments

0 komentar:

Posting Komentar