Nama : Fatihatus Sa’adah
NIM : 131310000897
Kelompok : Tiga (3)
TELAAH MATERI PAI 2
QUR’AN HADITS KELAS X MA KURIKULUM 2013
BAB 4 POKOK-POKOK ISI KITAB-KU
A.
Identifikasi
Bab 4 Pokok-Pokok Isi Kitab-Ku
Pendidikan Agama Islam mempunyai
peran yang sangat penting dalam membentuk karakter dan perilaku peserta didik.
Melalui pendidikan agama islam diharapkan siswa akan terbentuk menjadi pribadi
yang bertakwa, berwibawa, dan berakhlak mulia. Mata pelajaran al-Qur’an Hadits
adalah salah satu mata pelajaran pendidikan agama islam yang dipelajari di
madrasah aliyah. Aspek yang dipelajari meliputi sumber aturan dalam agama islam
itu sendiri. Seperti yang dibahas dalam materi al-Qur’an Hadits Madrasah Aliyah
kelas X Bab 4 tentang pokok-pokok isi Kitab-Ku, al-Qur’an membahas akidah,
ibadah dan muamalah, akhlak, hukum,
sejarah atau kisah umat masa lalu, dan dasar-dasar ilmu pengetahuan (sains) dan
teknologi. Mempelajari al-Qur’an Hadits diharapkan siswa dapat mengenal
aturan-aturan islam yang sesuai Kitab Allah untuk kemudian diamalkan dalam
kehidupan sosial manusia.
B.
Kompetensi Inti
1.
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai) sntun, responsive dan pro-aktif dan menunjukan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik dengan
bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah
keilmuan.
C.
Kompetensi
Dasar
1.4 Meyakini kebenaran
nilai-nilai yang terdapat pada pokok-pokok isi al-Qur’an
2.4
Menunjukkan perilaku yang menjadikan al-Qur’an sebagai sumber hukum dalam
kehidupan sehari-hari
3.4 Memahami pokok-pokok isi
l-Qur’an
4.4 Memaparkan pokok-pokok
ajaran al-Qur’an besera contoh-contohnya dalam ayat.
Kompetensi Dasar dalam bab ini telah sesuai dan mencakup Kompetensi
Inti, mulai dari aspek spiritual
(menghayati), sosial ( membiasakan), pengetahuan (memahami), dan ketrampilan
(mempraktikan).
D.
Identifikasi
Pencapaian
1.
Indikator
Pembelajaran
·
Mengidentifikasi
pokok-pokok isi al-Qur’an.
·
Menunjukkan
ayat terkait dengan pokok isi al-Qur’an.
·
Menjelaskan
kandungan ayat yang terkait dengan isi pokok ajaran al-Qur’an.
2.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah melakukan pengamatan, menanya, mengeksplorasi,
mengasosiasi dan mengkomunikasi diharapkan:
a.
Peserta
didik dapat mengidentifikasi pokok-pokok isi al-Qur’an dengan benar.
b.
Peserta
didik dapat menunjukkan ayat terkait dengan pokok isi al-Qur’an dengan benar.
c.
Peserta
didik dapat menjelaskan kandungan ayat yang terkait dengan isi pokok ajaran
al-Qur’an.
Indikator pencapaian dalam bab ini sudah sesuai dengan kompetensi
inti dan kompetensi dasar, serta materi yang sajikan dalam buku sudah dapat
digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran.
E.
Materi
Materi yang disajikan disusun dengan baik sesuai kompetensi yang
akan dicapai. Sebelum mempelajari materi siswa diajak berfikir pada sesi “Mari
Renungkan” dan “Mari Mengamati” dengan menganalisa ilustrasi gambar tentang
praktik materi, sehingga sudah ada gambaran pemahaman. Dalam segi kebahasaan,
materi disajikan dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami. Tulisan arab
maupun tulisan latin dalam buku ini sangat jelas dan mudah dibaca. Materi juga
disertai dengan dalil yang sesuai.
F.
Alokasi Waktu
Alokasi waktu yang disediakan sesuai dengan silabus adalah 2 tatap
muka(45 menit x 4). Alokasi waktu yang disediakan sudah sesuai dengan muatan
materi yang disajikan dengan rincian 45 pertama dan kedua adalah penjelasan
materi (menyampaikan materi, mengamati gambar, tanya jawab, penguatan materi).
45 ketiga: guru membagi kelompok kemudian melakukan diskusi secara bargantian
di depan kelas dan 45 terakhir adalah praktik bagi siswa dalam kelas.
G.
Metode
Pembelajaran
Untuk menguasai kompetensi ini salah satu model
pembelajaran yang cocok di antaranya model direct instruction (model
pengajaran langsung) yang termasuk ke dalam rumpun model sistem perilaku (the
behavioral systems family of model). Direct instruction diartikan
sebagai instruksi langsung, dikenal juga dengan active learning atau whole-class
teaching mengacu kepada gaya mengajar pendidik yang mengusung isi pelajaran
kepada peserta didik dengan mengajarkan memberikan koreksi, dan memberikan
penguatan secara langsung pula. Model ini dipadukan dengan model artikulasi
(membuat/mencari pasangan yang bertujuan untuk mengetahui daya serap peserta
didik).
H.
Sumber Belajar
1.
Buku Pedoman Guru Mapel Qur’an Hadits MA Kelas
X, Kemenag RI, 2014
2.
Buku Pegangan
Siswa Mapel Qur’an Hadits MA Kelas X, Kemenag RI. 2014
3.
AL-Qur’an dan
terjemhnya
4.
Buku penunjang lainnya yang relevan
5.
Media cetak dan
elektronik sesuai materi
6.
Lingkungan
sekitar yang mendukung
I.
KBM/Proses
Belajar
Kegiatan
belajar mengajar penulis gambarkan demikian:
1.
Persiapan
a.
Guru
mengucap salam dan berdoa bersama.
b.
Guru
memeriksa kehadiran peserta didik, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk
yang disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
c.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
d.
Guru
menyampaikan pertanyaan secara komunikatif mengenai hal yang terkait dengan
materi Pokok-pokok isi al-Qur’an.
e.
Media/alat
peraga/alat bantu bisa berupa tulisan manual di papan tulis, kertas karton
(tulisan yang besar dan mudah dilihat/dibaca), atau dapat juga menggunakan
multimedia berbasis ICT atau media lainnya.
2.
Pelaksanaan
a.
Pertemuan
pertama (45 menit x 2)
·
Guru
meminta peserta didik untuk mencermati perenungan yang ada pada kolom “Mari
Renungkan”.
·
Peserta
didik mengemukakan pendapatnya tentang hasil perenungannya.
·
Guru
memberikan penjelasan tambahan dan penguatan terhadap hasil perenungan peserta
didik.
·
Guru
meminta kembali peserta didik untuk mengamati gambar yang ada yang ada di kolom
“Mari Mengamati”.
·
Peserta
didik mengemukakan pendapatnya tentang gambar tersebut.
·
Guru
memberikan penjelaskan tambahan kembali dan penguatan yang dikemukakan peserta
didik tentang isi gambar tersebut.
·
Peserta
didik melakukan tanya jawab seputar pokok-pokok isi al-Qur’an.
·
Peserta
didik menyimak penyampaian cerita/kisah dari guru melalui bantuan gambar atau
tayangan visual/film tentang pokok-pokok isi al-Qur’an.
b.
Pertemuan
kedua (45 menit x 2)
·
Peserta
didik dibagi menjadi beberapa kelompok dan diberikan tugas untuk berdiskusi
sesuai dengan tema yang telah ditentukan.
·
Secara
bergantian masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusi sedangkan kelompok
lainnya memperhatikan/menyimak dan memberikan tanggapan.
·
Guru
memberikan penambahan dan penguatan kepada peserta didik tentang materi
tersebut.
·
Guru
memberikan penjelasan tambahan dan penguatan kisah tersebut.
·
Guru
dan peserta didik menyimpulkan intisari dari pelajaran tersebut sesuai yang
terdapat dalam buku teks peserta didik pada kolom rangkuman.
J.
Teknik Evaluasi
Ø Penilaian
1.
Skala Sikap
Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam Pengamatan
pada saat pelaksanaan diskusi. Aspek dan rubik penilaiannya meliputi:
a. Kejelasan dan kedalaman informasi.
·
Jika
kelompok tersebut dapat memberikan kejelasan dan kedalaman informasi lengkap
dan sempurna, skor 30.
·
Jika
kelompok tersebut dapat memberikan penjelasan dan kedalaman informasi lengkap
dan kurang sempurna, skor 20.
·
Jika
kelompok tersebut dapat memberikan penjelasan dan kedalaman informasi kurang
lengkap, skor 10.
b. Keaktifan dalam diskusi
·
Jika
kelompok tersebut berperan sangat aktif dalam diskusi, skor 30.
·
Jika
kelompok tersebut berperan aktif dalam diskusi, skor 20.
·
Jika
kelompok tersebut kurang aktif dalam diskusi, skor 10.
c.
Kejelasan dan kerapian presentasi
·
Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan
jelas dan rapi, skor 30.
·
Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan
sangat jelas dan kurang rapi, skor 20.
·
Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan
kurang jelas dan tidak rapi, skor 10.
2.
Tugas Portofolio
Skor penilaian sebagai berikut:
a.
Jika peserta didik dapat mengumpulkan tugasnya tepat
pada waktu yang ditentukan dan perilaku yang diamati serta tanggapannya benar,
nilai 100.
b.
Jika peserta didik dapat mengumpulkan tugasnya
setelah waktu yang ditentukan dan perilaku yang diamati serta alasannya benar,
nilai 90.
c.
Jika peserta didik dapat mengumpulkan tugasnya
setelah waktu yang ditentukan dan perilaku yang diamati serta alasannya sedikit
ada kekurangan, nilai 80.
Nilai akhir yang diperoleh oleh peserta didik adalah:
a.
Nilai rata-rata pada sesi diskusi x 50%
b.
Nilai rata-rata pada tugas portofolio x 50%
c.
Nilai akhir = nilai a + nilai b
Ø Remedial
Peserta didik yang belum
menguasai materi akan dijelaskan kembali oleh guru. Guru akan melakukan
penilaian kembali dengan soal yang sejenis atau member tugas individu membuat
makalah. Remedial dilaksanakan pada waktu yang telah ditentukan, boleh pada
saat pembelajaran apabila masih ada waktu, atau diluar jam pelajaran (30 menit
setelah jam pelajaran selesai)
Ø Interaksi
guru dengan orang tua
Guru meminta peserta didik agar membuat makalah tentang materi
tersebut dengan ditadai paraf orang tua. Cara lainnya juga dapat dengan
menggunakan buku penghubug keepada orang tua yang berisitentang perubahan
perilaku siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran atau berkomunikasi
langsung baik tatap muka, bertelepon mengenai perkembangan perilaku anak.
0 komentar:
Posting Komentar