Nama :
Syamsul Ma’arif
Nim : 131310000928
(213217)
Kelompok : 2
Materi : Telaah PAI 2, SKI MTs VIII (Bani Abbasyiah)
KATA PENGANTAR
Assalamualaikum Wr.Wb.
Segala
puji bagi ALLAH SWT yang telah melimpahkan rahmat-Nya bagi semua mahluk di dunia,
sehingga kita masih bisa diberi kesempatan untuk menuntut ilmu. Tanpa nikmat-nikmat
Allah itu andaikan kita hitung dengan alat-alat yang serba bertehnologi tidak
mungkin kita bisa menghitungnya.
Shalawat
serta salam senantiasa tercurahkan kepada Baginda Rosul SAW, yang telah membawa
ajaran-ajaran wahyu dari Sang Pencipta Alam Semesta, yang wajib kita ikuti
sunahnya, sehingga kita nanti mendapatkan syafaatnya dihari dimana manusia
tidak bisa berbuat apa-apa. Semoga kita semua bisa ditolong Baginda Rosul kita..
Amin.
Dalam
kesempatan ini penulis makalah mengucapkan beribu – ribu terima kasih, kami
sampaikan kepada pengampu mata kuliah “TELAAH MATERI PAI 2”. Beliau Bapak Dosen
Drs. Abd. Razaq dengan materi pembahasan “TELAAH MATERI SKI MTs Kelas VIII
Semester 1 (Bani Abbasyiah) ”. Karena beliaulah kita tahu dan faham bagaimana
menjadi guru yang professional, dan selanjutnya ucapan terima kasih kami
sampaikan kepada teman-teman kelompok dengan kerja sama yang baik dan arif
bijaksana, maka tertulislah makalah ini. Kami menyadari bahwa dari kelompok dua
ini masih awam dan banyak kekurangan dalam penulisan makalah ini. Kami dari
kelompok dua, mengharap kritik dan sarannya dari bapak dosen
pengampu untuk penyempurnaan penulisan makalah ini. Atas kritik dan sarannya
kami ucapkan banyak terima kasih
Wassalamualaikum Wr.Wb.
Penyusun
(Kelompok
2)
BAB 1
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Di dalam UU No. 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional,
dinyatakan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk
watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan
kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar
menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak
mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang
demokratis serta bertanggung jawab.
Sedangkan tarikh
(sejarah) kebudayaan Islam merupakan perkembangan perjalanan hidup manusia
muslim dari masa ke masa dalam usaha bersyariah (beribadah dan bermuamalah) dan
berakhlak serta dalam mengembangkan sistem kehidupannya yang dilandasi
oleh Pendidikan agama Islam (PAI) di Madrasah Tsanawiyah yang
terdiri dari empat mata pelajaran tersebut memiliki karakteristik
sendiri-sendiri. Pelajaran tersebut antara lain :
1) Al-Qur’an-Hadits
Menekankan pada kemampuan baca tulis yang baik dan benar, memahami
makna secara tekstual dan kontekstual, serta mengamalkan kandungannya dalam
kehidupan sehari-hari.
2) Aspek Akidah dan Akhlak
Menekankan pada kemampuan memahami dan mempertahankan
keyakinan/keimanan yang benar serta menghayati dan mengamalkan nilai-nilai Al-Asma’ Al-Husna. Menekankan pada
pembiasaan untuk melaksanakan akhlak terpujidan menjauhi akhlak tercela dalam
kehidupan sehari-hari.
3) Aspek Fikih
Menekankan pada kemampuan cara melaksanakan ibadah dan muamalah
yang benar dan baik.
4) Aspek Tarikh & Kebudayaan Islam
Menekankan pada kemampuan mengambil ‘ibrah dari peristiwa-peristiwa bersejarah (Islam), meneladani
tokoh-tokoh berprestasi, dan mengaitkannya dengan fenomena sosial, budaya,
politik, ekonomi, ipteks dan lain-lain untuk mengembangkan kebudayaan dan
peradaban Islam. Sejarah Kebudayaan Islam di MTs merupakan salah satu mata
pelajaran yang menelaah tentang asal-usul, perkembangan, peranan
kebudayaan/peradaban Islam dan para tokoh yang berprestasi dalam sejarah Islam
di masa Bani Abbasiyah. Secara substansial mata pelajaran Sejarah Kebudayan
Islam memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk
mengenal, memahami, menghayati Sejarah
B.
Tujuan
Sejarah Kebudayaan Islam di
MTs merupakan salah satu mata pelajaran yang menelaah tentang asal-usul,
perkembangan, peranan kebudayaan/peradaban Islam dan para tokoh yang
berprestasi dalam sejarah Islam di masa lampau, mulai dari perkembangan
masyarakat Islam pada masa Bani Abbasiyah, sampai perkembangan Islam
di Indonesia. Secara substansial, mata pelajaranSejarah Kebudayan Islam memiliki kontribusi dalam memberikan
motivasi kepada peserta didik untuk mengenal, memahami,
menghayati sejarah kebudayaan Islam, yang
mengandung nilai-nilai kearifan yang dapat digunakan untuk melatih kecerdasan,
membentuk sikap, watak, dan kepribadian peserta didik.
Mata pelajaran Sejarah
Kebudayaan Islam di MTs bertujuan agar peserta didik memiliki
kemampuan-kemampuan sebagai berikut:
1)
Membangun kesadaran
peserta didik tentang pentingnya mempelajari landasan ajaran nilai- nilai
dan norma-norma Islam yang telah dibangun oleh Rasulullah SAW dalam rangka
mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.
2) Membangun kesadaran peserta
didik tentang pentingnya waktu dan tempat yang merupakan
sebuah proses dari masa lampau, masa kini, dan masa depan.
3) Melatih daya kritis peserta
didik untuk memahami fakta sejarah secara benar dengan didasarkan pada
pendekatan ilmiah.
4)
Menumbuhkan apresiasi dan
penghargaan peserta didik terhadap peninggalan Sejarah Islam sebagai bukti
peradaban umat Islam di masa lampau.
5) Mengembangkan kemampuan
peserta didik dalam mengambil ibrah dari peristiwa-peristiwa
bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh berprestasi, dan mengaitkannya
dengan fenomena sosial, budaya, politik, ekonomi, iptek dan seni, dan
lain-lain untuk mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.
C.
Ruang Lingkup
Ruang lingkup Sejarah
Kebudayan Islam di Madrasah Tsanawiyah kelas VIII semester
1, BAB 1 adalah
tentang Sejarah Islam pada masa Dinasti Bani Abbasiyah, meliputi :
1)
Sejarah Berdirinya Dinasti Abbasyiah.
2)
Tokoh-tokoh yang Berjasa dalam Dinasti Abbasyiah.
3)
Periodesasi Kekuasaan Dinasti Abbasyiah.
D.
Rumusan Makalah
1. Tentang bagaimana Standar
Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar materi sejarah kebudayaan islam di tingkat
MTs kelas VIII semester 1 yang sesuai Peraturan Menteri Agama RI No. 2 Tahun
2008 ?
2. Apa saja bahan materi pada
mata pelajaran Sejarah kebudayaan islam di tingkat MTs kelas VIII
semester 1 ?
3.
Bagaimana hasil analisis
materi Sejarah kebudayaan islam di tingkat MTs kelas VIII semester 1 ?
Standar Kompetensi Kelulusan Dan Standar Isi 2008
Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas VIII MTs
Semester 1
No
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1.
|
Memahami perkembangan Islam pada masa Bani Abbasiyah.
|
1.1 Menceritakan Sejarah Berdirinya Daulah Abbasiyah.
1.2 Mendeskripsikan Kebudayaan/ Peradaban Islam Pada Masa Bani
Abbasiyah.
1.3 Mengidentifikasi Tokoh Ilmuwan Muslim dan Perannya dalam Kemajuan
Kebudayaan/Peradaban Islam pada Masa Bani Abbasiyah.
1.4 Mengambil ‘ibrah dari
perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah untuk masa
kini dan yang akan dating.
1.5 Meneladani ketekunan dan kegigihan Bani Abbasiyah.
|
BAB IV
ANALISIS
A. Analisis Kompetensi
Setelah menelaah SK-KD dan uraian materi SKI MTS, dapat
kita klasifikasikan secara global kompetensi – kompetensi sesuai dalam tiga
domain:
1.
Domain Kognitif
Domain kognitif berhubungan dengan kemampuan berfikir, termasuk
didalamnya kemampuan menghafal, memahami, mengaplikasi, menganalisis,
mensintesis, dan kemampuan mengevaluasi sehingaa kompetensi yang masuk
dalam domain ini adalah kompetensi yang redaksinya berbunyi antara lain : menghafal,
memahami, mengidentifikasi, menerjemahkan.
2.
Domain Psikomotorik
Domain yang berkaitan dengan keterampilan (skill) atau kemampuan bertindak setelah seseorang menerima
pengalaman belajar tertentu, maka kompetensi yang masuk dalam domain ini adalah
kompetensi yang redaksinya berbunyi antara lain : menerapkan menunjukan sikap
sosial tertentu.
3.
Domain Afektif
Domain yang berkaitan dengan sikap dan nilai. Ranah afektif
mencakup watak perilaku seperti perasaan, minat, sikap, emosi, dan nilai.
Berdasarkan penjelasan tersebut tidak ada kompetensi yang secara khusus
menyuratakan muatan ranah afektif.
E. Analisis Berdasarakan
Aspek Psikologis
Menurut kami materi pembelajaran SKI tersebut
mudah dipahami oleh peserta didik pada tingkat MTS : sesuai dengan kemampuan
peserta didik pada jenjang tersebut. Setiap materi disesuaikan dengan tingkatan
kelasnya.
F.
Analisis Berdasarkan Aspek Kuantitas Materi
Kuantitas materi SKI di tingkat MTS cukup padat. Sehingga
pembelajaran mungkin dominan secara teoritis, sedangkan ada kompetensi yang
masuk pada ranah psikomotorik aplikatif ( praktek ) yang juga harus
dituntaskan.
BAB V
PENUTUP
A. Kesimpulan
Telaah berdasarkan beberapa aspek diatas, bahwa SK – KD dan
materi SKI MTS memiliki Kelebihan dan kelemahan. Kelemahan
tersebut lebih kepada pemahaman yang pada hal ini masuk ranah afektif dan
psikomotorik. Nilai-nilai yang ada dalam Mata Pelajaran SKI. Namun hal tersebut
dapat disiasati dengan lebih proakrtifnya guru terhadap perkembangan sikap dan
perilaku peserta didik baik ketika di madrasah maupun di rumah.
B. Kritik dan
Saran
Demikian makalah Telaah Materi ski tingkat mts yang telah kami
susun. Tiada gading yang tak retak, maka kami selaku penyusun senantiasa
menerima kritik dan saran yang kontruktif sebagai penyempurnaan dari makalah
ini.
DAFTAR PUSTAKA
Al-Maududi, Abul a ‘la, Khilafah dan Kerajaan. 1998. Evaluasi Kritis Atas Sejarah Pemerintahan
Islam, Bandung : Mizan.
Ali, K, Sejarah Islam
(Tarikh Pramodern), Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2003. Esposito, John
L. (ed), The Oxford History of Islam, New York, Oxford University Press,1999.
Koentjaraningrat, Kebudayaan,
Mentalitas, dan Pembangunan, Gramedia : Jakarta, 1985.
Lapidus, Ira M, Sejarah
Sosial Ummat Islam, Jakarta : Rajawali Pers, 1999.
Mubarok, Jaih, Sejarah
Peradaban Islam, Bandung: Pustaka Bani Quraisyi, Cet. 1, 2004.
Murodi, Sejarah
Kebudayaan Islam, Semarang: PT. Karya Toha Putra, 2009.
Musyrifah, Sunanto, Sejarah Islam Klasik, Jakarta: Prenada Media, 2004.
Musyrifah, Sunanto, Sejarah Islam Klasik, Jakarta: Prenada Media, 2004.
Nasution, Harun, Islam
Rasional Gagasan dan Pemikiran, Bandung : Mizan, 1995.
Watt, W. Montgomery, Politik
Islam dalam Lintasan Sejarah, Jakarta : P3M, 1988.
Yatim, Badri, Sejarah
Peradaban Islam : Dirasah Islamiyah II, Jakarta : PT. Grafindo Persada,
2006.
0 komentar:
Posting Komentar