Sabtu, 18 Juni 2016

Telaah PAI 2, SKI MTs VIII (Bani Abbasyiah) By Syamsul Ma'arif

Nama         : Syamsul Ma’arif
Nim            : 131310000928 (213217)
Kelompok  : 2
Materi        : Telaah PAI 2, SKI  MTs VIII  (Bani Abbasyiah)



KATA PENGANTAR

Assalamualaikum Wr.Wb.
            Segala puji bagi ALLAH SWT yang telah melimpahkan rahmat-Nya bagi semua mahluk di dunia, sehingga kita masih bisa diberi kesempatan untuk menuntut ilmu. Tanpa nikmat-nikmat Allah itu andaikan kita hitung dengan alat-alat yang serba bertehnologi tidak mungkin kita bisa menghitungnya.
            Shalawat serta salam senantiasa tercurahkan kepada Baginda Rosul SAW, yang telah membawa ajaran-ajaran wahyu dari Sang Pencipta Alam Semesta, yang wajib kita ikuti sunahnya, sehingga kita nanti mendapatkan syafaatnya dihari dimana manusia tidak bisa berbuat apa-apa. Semoga kita semua bisa ditolong Baginda Rosul kita.. Amin.
            Dalam kesempatan ini penulis makalah mengucapkan beribu – ribu terima kasih, kami sampaikan kepada pengampu mata kuliah “TELAAH MATERI PAI 2”. Beliau Bapak Dosen Drs. Abd. Razaq dengan materi pembahasan “TELAAH MATERI SKI MTs Kelas VIII Semester 1 (Bani Abbasyiah) ”. Karena beliaulah kita tahu dan faham bagaimana menjadi guru yang professional, dan selanjutnya ucapan terima kasih kami sampaikan kepada teman-teman kelompok dengan kerja sama yang baik dan arif bijaksana, maka tertulislah makalah ini. Kami menyadari bahwa dari kelompok dua ini masih awam dan banyak kekurangan dalam penulisan makalah ini. Kami dari kelompok dua, mengharap  kritik dan sarannya dari bapak dosen pengampu untuk penyempurnaan penulisan makalah ini. Atas kritik dan sarannya kami ucapkan banyak terima kasih
Wassalamualaikum Wr.Wb.
                                                                                                             Penyusun
                                                                                                           
                                                                                                (Kelompok 2)



BAB 1
PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang
Di dalam UU No. 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dinyatakan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
 Sedangkan tarikh (sejarah) kebudayaan Islam merupakan perkembangan perjalanan hidup manusia muslim dari masa ke masa dalam usaha bersyariah (beribadah dan bermuamalah) dan berakhlak serta dalam mengembangkan sistem kehidupannya yang dilandasi oleh  Pendidikan agama Islam (PAI) di Madrasah Tsanawiyah yang terdiri dari empat mata pelajaran tersebut memiliki karakteristik sendiri-sendiri. Pelajaran tersebut antara lain :
1)   Al-Qur’an-Hadits
Menekankan pada kemampuan baca tulis yang baik dan benar, memahami makna secara tekstual dan kontekstual, serta mengamalkan kandungannya dalam kehidupan sehari-hari.
2)   Aspek Akidah dan Akhlak
Menekankan pada kemampuan memahami dan mempertahankan keyakinan/keimanan yang benar serta menghayati dan mengamalkan nilai-nilai Al-Asma’ Al-Husna. Menekankan pada pembiasaan untuk melaksanakan akhlak terpujidan menjauhi akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari.
3)   Aspek Fikih
Menekankan pada kemampuan cara melaksanakan ibadah dan muamalah yang benar dan baik.
4)   Aspek Tarikh & Kebudayaan Islam
Menekankan pada kemampuan mengambil ‘ibrah dari peristiwa-peristiwa bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh berprestasi, dan mengaitkannya dengan fenomena sosial, budaya, politik, ekonomi, ipteks dan lain-lain untuk mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam. Sejarah Kebudayaan Islam di MTs merupakan salah satu mata pelajaran yang menelaah tentang asal-usul, perkembangan, peranan kebudayaan/peradaban Islam dan para tokoh yang berprestasi dalam sejarah Islam di masa Bani Abbasiyah. Secara substansial mata pelajaran Sejarah Kebudayan Islam memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati Sejarah

B.     Tujuan
Sejarah Kebudayaan Islam di MTs merupakan salah satu mata pelajaran yang menelaah tentang asal-usul, perkembangan, peranan kebudayaan/peradaban Islam dan para tokoh yang berprestasi dalam sejarah Islam di masa lampau, mulai dari perkembangan masyarakat Islam pada masa Bani Abbasiyah, sampai perkembangan Islam di Indonesia. Secara substansial, mata pelajaranSejarah Kebudayan Islam memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati sejarah kebudayaan Islam, yang mengandung nilai-nilai kearifan yang dapat digunakan untuk melatih kecerdasan, membentuk sikap, watak, dan kepribadian peserta didik. 

Mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan-kemampuan sebagai berikut: 
1)      Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya mempelajari landasan ajaran  nilai- nilai dan norma-norma Islam yang telah dibangun oleh Rasulullah SAW dalam rangka mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.
2)   Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya waktu dan tempat yang      merupakan sebuah proses dari masa lampau, masa kini, dan masa depan.
3)   Melatih daya kritis peserta didik untuk memahami fakta sejarah secara benar dengan didasarkan pada pendekatan ilmiah.
4)      Menumbuhkan apresiasi dan penghargaan peserta didik terhadap peninggalan Sejarah Islam sebagai bukti peradaban umat Islam di masa lampau.
5)  Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam mengambil ibrah dari peristiwa-peristiwa bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh berprestasi, dan mengaitkannya dengan fenomena sosial, budaya, politik, ekonomi, iptek dan seni, dan lain-lain untuk mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.

C.    Ruang Lingkup
Ruang lingkup Sejarah Kebudayan Islam di Madrasah Tsanawiyah kelas VIII semester 1, BAB 1 adalah tentang Sejarah Islam pada masa Dinasti Bani Abbasiyah, meliputi :
1)      Sejarah Berdirinya Dinasti Abbasyiah.
2)      Tokoh-tokoh yang Berjasa dalam Dinasti Abbasyiah.
3)      Periodesasi Kekuasaan Dinasti Abbasyiah.

D.    Rumusan Makalah
1. Tentang bagaimana Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar materi sejarah kebudayaan islam di tingkat MTs kelas VIII semester 1 yang sesuai Peraturan Menteri Agama RI No. 2 Tahun 2008 ? 
2.   Apa saja bahan materi pada mata pelajaran  Sejarah kebudayaan islam di tingkat MTs kelas VIII semester 1 ?
3.       Bagaimana hasil analisis materi Sejarah kebudayaan islam di tingkat MTs kelas VIII semester 1  ?

Standar Kompetensi Kelulusan Dan Standar Isi 2008
Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas VIII MTs

Semester 1
No
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.
Memahami perkembangan Islam pada masa Bani Abbasiyah.
1.1  Menceritakan Sejarah Berdirinya Daulah Abbasiyah.
1.2  Mendeskripsikan Kebudayaan/ Peradaban Islam Pada Masa Bani Abbasiyah.
1.3  Mengidentifikasi Tokoh Ilmuwan Muslim dan Perannya dalam Kemajuan Kebudayaan/Peradaban Islam pada Masa Bani Abbasiyah.
1.4  Mengambil ‘ibrah dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah untuk masa kini dan yang akan dating.
1.5  Meneladani ketekunan dan kegigihan Bani Abbasiyah.


BAB IV
ANALISIS

A.    Analisis Kompetensi
Setelah menelaah  SK-KD dan uraian materi SKI MTS, dapat kita klasifikasikan secara global kompetensi – kompetensi sesuai dalam tiga domain:
1.      Domain Kognitif
Domain kognitif berhubungan dengan kemampuan berfikir, termasuk didalamnya kemampuan menghafal, memahami, mengaplikasi, menganalisis, mensintesis, dan kemampuan mengevaluasi sehingaa kompetensi yang masuk dalam domain ini adalah kompetensi yang redaksinya berbunyi antara lain : menghafal, memahami, mengidentifikasi, menerjemahkan.
2.      Domain Psikomotorik
Domain yang berkaitan dengan keterampilan (skill) atau kemampuan bertindak setelah seseorang menerima pengalaman belajar tertentu, maka kompetensi yang masuk dalam domain ini adalah kompetensi yang redaksinya berbunyi antara lain : menerapkan menunjukan sikap sosial tertentu.
3.      Domain Afektif
Domain yang berkaitan dengan sikap dan nilai. Ranah afektif mencakup watak perilaku seperti perasaan, minat, sikap, emosi, dan nilai. Berdasarkan penjelasan tersebut tidak ada kompetensi yang secara khusus menyuratakan muatan ranah afektif.



E.     Analisis Berdasarakan Aspek Psikologis
Menurut kami materi pembelajaran SKI tersebut mudah dipahami oleh peserta didik pada tingkat MTS : sesuai dengan kemampuan peserta didik pada jenjang tersebut. Setiap materi disesuaikan dengan tingkatan kelasnya.

F.     Analisis Berdasarkan Aspek Kuantitas Materi
Kuantitas materi SKI di tingkat MTS cukup padat. Sehingga pembelajaran mungkin dominan secara teoritis, sedangkan ada kompetensi yang masuk pada ranah psikomotorik aplikatif ( praktek ) yang juga harus dituntaskan.


BAB  V
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Telaah berdasarkan beberapa aspek diatas, bahwa SK – KD dan materi  SKI MTS memiliki Kelebihan dan kelemahan. Kelemahan tersebut lebih kepada pemahaman yang pada hal ini masuk ranah afektif dan psikomotorik. Nilai-nilai yang ada dalam Mata Pelajaran SKI. Namun hal tersebut dapat disiasati dengan lebih proakrtifnya guru terhadap perkembangan sikap dan perilaku peserta didik baik ketika di madrasah maupun di rumah.

B.     Kritik dan Saran
Demikian makalah Telaah Materi ski tingkat mts yang telah kami susun. Tiada gading yang tak retak, maka kami selaku penyusun senantiasa menerima kritik dan saran yang kontruktif sebagai penyempurnaan dari makalah ini.

DAFTAR PUSTAKA
Al-Maududi, Abul a ‘la, Khilafah dan Kerajaan. 1998. Evaluasi Kritis Atas Sejarah Pemerintahan Islam, Bandung : Mizan.
Ali, K, Sejarah Islam (Tarikh Pramodern), Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2003. Esposito, John L. (ed), The Oxford History of Islam, New York, Oxford University Press,1999.
Koentjaraningrat, Kebudayaan, Mentalitas, dan Pembangunan, Gramedia : Jakarta, 1985.
Lapidus, Ira M, Sejarah Sosial Ummat Islam, Jakarta : Rajawali Pers, 1999.
Mubarok, Jaih, Sejarah Peradaban Islam, Bandung: Pustaka Bani Quraisyi, Cet. 1, 2004.
Murodi, Sejarah Kebudayaan Islam, Semarang: PT. Karya Toha Putra, 2009.
Musyrifah, Sunanto, Sejarah Islam Klasik, Jakarta: Prenada Media, 2004.
Nasution, Harun, Islam Rasional Gagasan dan Pemikiran, Bandung : Mizan, 1995.
Watt, W. Montgomery, Politik Islam dalam Lintasan Sejarah, Jakarta : P3M, 1988.
Yatim, Badri, Sejarah Peradaban Islam : Dirasah Islamiyah II, Jakarta : PT. Grafindo Persada, 2006.


Posted on by Abd.Rozaq.6.PAI.A.7.TelaahPAI.UNISNU.JEPARA | No comments

0 komentar:

Posting Komentar