Sabtu, 18 Juni 2016

fiqih bab tentang Thaharah (bersuci) - kelompok 1

Nama : Sri Syafaatinningsih
Kelompok : 1 (satu)

SILABUS

Madrasah                   : MTs
Kelas/Semester          : VII/ I
Mata Pelajaran          : Fikih

Standar Kompetensi : 1. Melaksanakan ketentuan thaharah (bersuci)

KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
1
2
3
4
5
6
7
1.1  menjelaskan macam-macam najis dan tatacara thaharahnya
     (bersucinya)
Najis

·         Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk menemukan konsep yang benar dan jelas tentang najis dan macam-macamnya
·         Mendengarkan pen-jelasan macam-macam air
·         Mengklasifikasi-kan macam-macam air.
·         Menyebutkan per-bedaan air mutlaq, musta’mal, mak-ruh dan mutanajis
·         Mempraktikkan cara bersuci dari najis
§  Siswa dapat  menjelaskan pengertian najis
§  Siswa dapat menyebutkan macam-macam najis berikut pengertiannya
·     Siswa dapat menjelaskan cara membersihkan najis mutawasitoh





Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
2x40’
menit
Buku Paket Fikih kelas VII
Gambar seputar macam-macam najis
Air,Teh,kopi,susu,sirup,air kelapa,air es,garam,kotoran kambing.
Gelas plastik.
Lembar observasi.
LKS.


1.2  Menjelaskan hadast kecil dan tatacara thaharahnya          (bersucinya )


Hadast kecil



·         Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk menemukan konsep yang benar dan jelas tentang hadast kecil dan melakukan tanya jawab seputar hadast kecil
·         Mengidentifikasi kondisi berhadast kecil

Siswa dapat :

·     Menjelaskan pengertian hadast kecil
·     Mengidentifikasi ciri-ciri hadast kecil
·     Menyebutkan contoh yang termasuk hadast kecil



Tes unjuk kerja
Observasi
Performan


4 x 40 menit
Buku paket Fikih kelas VII
LKS
Lembar observasi
Lembar penilaian
Boneka
Batu, kertas,tissue,daun kering,kaca,plastik,batu apung, batu kali
Air
Gambar peragaan wudhu


Istinja’












·         Membaca kemudian menjelaskan masalah istinja’
·         Mengidentifikasi  alat yang dapat digunakan untuk beristinja’  dan memperagakannya

Siswa dapat :

·     Menjelaskan pengertian istinja’
·     Menjelaskan hukum Istinja’
·     Menjelaskan adab buang air
·     Menentukan alat –alat yang dapat digunakan untuk istinja.
·     Mempraktikkan tata-cara istinja’


Tes unjuk kerja
Observasi
Performan


2x40’
menit
Buku Paket Fikih kelas VII
Gambar seputar macam-macam najis
Air,Teh,kopi,susu,sirup,air kelapa,air es,garam,kotoran kambing.
Gelas plastik.
Lembar observasi.
LKS.


Wudhu


·         Membaca materi, melakukan penga-matan terhadap teman yang mela-kukan wudhu menuliskan hasil pengamatannya dan memberikan kesimpulan
·         Mempraktikkan wudhu secara bergantian
Siswa dapat :

·     Menjelaskan
·     pengertian wudhu
·     Menetukan syarat dan rukun wudhu
·     Menunjukkan sunnah wudhu
·     Mengemukakan hal-hal yang membatalkan wudhu
·     Mempraktekkan tata cara wudhu


Tes unjuk kerja
Observasi
Performan


2x40’
menit
Buku Paket Fikih kelas VII
Gambar seputar macam-macam najis
Air,Teh,kopi,susu,sirup,air kelapa,air es,garam,kotoran kambing.
Gelas plastik.
Lembar observasi.
LKS.


1.3 Menjelaskan hadast besar dan tatacara thaharahnya 








Hadast besar


·         Mendengarkan penjelasan tentang pengertian dan contoh hadast besar Melakukan studi kasus seputar masalah hadast besar
Siswa dapat :

·     Menjelaskan pengertian hadast besar
·     Menjelaskan contoh hadast besar



Tugas kelompok
Observasi
Tes unjuk kerja



2 x 40 menit
Buku Paket Fikih kelas VII
Lembar kerja
Lembar penilaian
Lembar observasi
Boneka
Air


Haid



·         Membaca dan memahami materi haid.
·         Mengidentifikasi ciri-ciri dan siklus haid
·         Mengklasifikasikan jenis kewajiban bagi wanita yang sudah haid
Siswa dapat :

·         Menjelaskan pengertian haid
·         Menunjukkan ciri-ciri darah haid
·         Membedakan darah haid dengan darah istikhadho
·         Menentukan  siklus darah haid
·         Mengidentifikasi kewajiban syar’i bagi wanita yang sudah haid 

Tes unjuk kerja
Observasi
Performan


2x40’
menit
Buku Paket Fikih kelas VII
Gambar seputar macam-macam najis
Air,Teh,kopi,susu,sirup,air kelapa,air es,garam,kotoran kambing.
Gelas plastik.
Lembar observasi.
LKS.



Mimpi Basah





·         Membaca dan memahami materi mimpi basah.
·         Mengidentifikasi ciri-ciri dan waktu terjadinya mimpi basah

Siswa dapat :

·         Menjelaskan pengertian mimpi basah
·         Menunjukkan  ciri-ciri mimpi basah
·         Mengidentifikasi Kewajiban syar’i bagi laki-laki yang sudah mimpi basah


Tes unjuk kerja
Observasi
Performan


2x40’
menit
Buku Paket Fikih kelas VII
Gambar seputar macam-macam najis
Air,Teh,kopi,susu,sirup,air kelapa,air es,garam,kotoran kambing.
Gelas plastik.
Lembar observasi.
LKS.


Mandi wajib


·         Melakukan tanya jawab seputar mandi
·         Mendengarkan penjelasan seputar syarat,rukun dan sunnah mandi
·         Mengidentifikasi sebab diwajibkannya mandi
·         Mencontohkan mandi wajib dengan alat boneka
Siswa dapat :

·         Menjelaskan pengertian mandi
·         Menjelaskan macam-macam mandi
·          Menjelaskan syarat,rukun dan sunnah mandi
·         .Menjelaskan hal-hal yang mewajibkan mandi  Mendemonstrasikan cara mandi wajib


Tes unjuk kerja
Observasi
Performan


2x40’
menit
Buku Paket Fikih kelas VII
Gambar seputar macam-macam najis
Air,Teh,kopi,susu,sirup,air kelapa,air es,garam,kotoran kambing.
Gelas plastik.
Lembar observasi.
LKS.


Tayammum


·         Membaca dan memahami seputar materi tayammum dengan benar
·         Melakukan tanya jawab
·         Memperagakan cara bertayammum
Siswa dapat :

·         Menjelaskan penger-tian tayammum
·         Menjelaskan penger-tian tayammum
·         Menjelaskan syarat dan rukun tayammum
·         Menjelaskan hal-hal yang membatalkan tayammum
·         Menjelaskan sebab-sebab tayammum
·         Mempraktikan cara bertayammum

Tes unjuk kerja
Observasi
Performan


2x40’
menit
Buku Paket Fikih kelas VII
Gambar seputar macam-macam najis
Air,Teh,kopi,susu,sirup,air kelapa,air es,garam,kotoran kambing.
Gelas plastik.
Lembar observasi.
LKS.


1.4. Memprakt-ikkan bersuci dari najis dan hadas


bersuci dari najis dan hadas


·         Memperagakan bersuci dari najis dan hadas
·         Mengamati siswa sedang praktek bersuci dari najis dan hadas kemudian memberikan penilaian

Siswa dapat :

·         Mempraktikkan tata Cara bersuci dari najis dan hadas


Tugas kelompok
Observasi
Tes unjuk kerja



2 x 40 menit
Buku Paket Fikih kelas VII
Lembar kerja
Lembar penilaian
Lembar observasi
Boneka
Air



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  R  P  P  )

MTs                                     : ...............................................
Mata Pelajaran                   :  Fiqih
Kelas/Semester                   :  VII / 1
Alokasi Waktu                    :  2 x 40 menit (1 Kali pertemuan)

A.     Standar Kompetensi
         1.   Melaksanakan ketentuan taharah (bersuci)                   
B.     Kompetensi Dasar
1.1       Menjelaskan macam-macam najis dan tatacara taharahnya ( bersucinya )
C.     Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat menyebutkan pengertian najis
§  Siswa dapat menyebutkan macam-macam najis
§  Siswa dapat menjelaskan tatacara membersihkan najis
D.     Materi Pembelajaran
§  Pengertian najis
§  Macam-macam najis
§  Ketentuan dan tatacara membersihkan najis
E.     Metode Pembelajaran
§  Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§  Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang pengertian najis, macam-macam najis, membuat bagan najis
§  Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§  Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan



F.      Langkah-langkah Pembelajaran
No
Uraian Kegiatan
Waktu
1
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§  Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi najis
Motivasi :
§  Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar najis, macam-macam najis dan tatacara membersihkannya yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari
10  menit
2
Kegiatan Inti :
§  Siswa membaca literatur/referensi tentang najis, dan macam-macam najis.  (fase eksplorasi)
§  Siswa mengamati demonstrasi guru tentang  cara membersihkan macam-macam najis (fase eksplorasi)
§  Membuat bagan najis dan tatacara mensucikannya (fase elaborasi)
§  Pameran bagan dan saling mengomentari (fase elaborasi)
§  Salah seorang siswa mempraktekkan tatacara membersihkan najis sementara yang lain memperhatikan dan mencatat mencatat pokok-pokok penting dari hasil kegiatan pengamatan (fase elaborasi)
§  Penguatan tentang pengertian najis, macam-macam najis dan cara membersihkanya (fase konfirmasi)
60 Menit
3
Kegiatan akhir :
§  Tanya jawab tentang materi najis dan macam-macam najis serta tatacara membersihkannya.
§  Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian hadats dan macam-macamnya serta perbedaan cara membersihkannya untuk pertemuan selanjutnya.
10 menit


G.    Sumber belajar dan media pembelajaran
§  Buku yang relevan dengan mata pelajaran fikih
§  Kertas manila atau lainnya
H.     Penilaian
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Siswa dapat  menjelaskan pengertian najis
§  Siswa dapat menyebutkan macam-macam najis berikut pengertiannya
§  Siswa dapat menjelaskan cara membersihkan najis mutawasitoh

Tes tulis

Tes tulis

Tes Tulis
Uraian

Pilihan ganda

Uraian
§  Jelaskan apa yang dimaksud dengan najis....?
§  Najis ringan adalah :
a.       MUgholladhoh
b.      Mukhoffafah
c.       Mutawashithoh
§  Jelaskan  cara membersihkan najis mutawasitthoh



Mengetahui
Kepala Madrasah





...........................................
NIP.

.............. , ...............................
Guru Bidang Studi Fiqih





..........................................
NIP.
                                                                            


RINGKASAN MATERI FIQIH
KELAS 7 MTs SEMESTER GASAL (1)

A. NAJIS
1. Pengertian
Najis adalah sesuatu yang kotor atau dianggap kotor oleh syara’, sehingga menyebabkan tidak syahnya ibadah.
2. Macam-macam najis dan cara mensucikannya.
Dalam hukum Islam, najis dibagi menjadi 3 macam, yaitu :
a. Najis Mughalladzah (Najis Berat)
Najis mughaladhah adalah najis berat yang disebabkan oleh air liur anjing dan babi yang mengenai barang. Cara mensucikannya adalah dengan menghilangkan wujud najis tersebut kemudian dicuci dengan air bersih sebanyak tujuh kali dan salah satunya dicampur dengan debu.

Cara ini berdasarkan Hadits Nabi Muhammad SAW sebagai berikut :

طَهُوْرُ اِنَاءِ اَحَدِكُمْ اِذَا وَلَغَ فِيْهِ الْكَلْبُ اَنْ يَغْسِلَهُ سَبْعَ مَرَّاتٍ اَوْلاَهُنَّ بِالتُّرَابِ (رواه مسلم

Artinya : “Cara mensucikan bejana seseorang diantara kamu apabila dijilat anjing hendaklah dibasuh tujuh kali dam salah satunya dicampur dengan debu” (HR. Muslim)

b. Najis Mutawassithah (Najis Menengah)
Najis mutawassitah adalah najis menengah. Najis mutawassitah dibagi menjadi dua macam, yaitu :
1.      Mutawassitah hukmiyah, yaitu najis yang diyakini adanya, tetapi tidak ada bau, rasa maupun wujudnya, seperti air kencing yang sudah kering. Cara mensucikannya cukup disiram dengan air di atasnya.
2.      Mutawassitah `Ainiyyah, adalah najis mutawassitah yang masih ada wujud, bau ataupun rasanya. Cara mensucikannya adalah dibasuh dengan air sampai hilang wujud, bau dan rasanya (kecuali jika wujudnya sangat sulit dihilangkan).

Benda-benda yang termasuk najis mutawassithah adalah :
a.       Bangkai binatang darat.
b.      Segala macam darah kecuali hati dan limpa. Darah yang dimaksud di sini adalah darah yang dapat mengalir ketika disembelih sehingga darah belalang dan laron tidak termasuk najis. Hukum memakan benda najis adalah haram.
c.       Nanah, yaitu darah yang sudah membusuk.
d.      Semua benda yang keluar dari dua jalan kotoran manusia, yaitu hubul (jalan depan) dan dubur (jalan belakang), baik benda cair maupun benda padat.
e.        Segala macam minuman keras.
Hadis nabi Muhammad SAW. :

أُحَلَّتْ لَكُمْ مَيْتَتَانِ وَدَمَانِ : فَاَمَّ الْمَيْتَتَانِ فَالْحُوْتُ وَالْجَرَادُ فَاَمَّ الدَّمَانِ فَالْكَبِدُ والطِّحَالُ (رواه ابن ماجه واحْمَد

Artinya : “Dihalalkan bagi kamu semua dua bangkai dan dua macam darah, yaitu bangkai ikan dan bangkai belalang serta hati dan limpa (HR. Ibnu Majah dan Ahmad)

c. Najis Mukhaffafah (Najis Ringan)
Najis mukhaffafah adalah najis ringan seperti air kencing anak laki-laki yang belum makan apa-apa kecuali ASI dan berumur kurang dari dua tahun. Cara mensucikan najis ini cukup dengan memercikkan air pada benda yang terkena najis. Sedangkan air kencing bayi perempuan pada umur yang sama cara mensucikannya dengan air yang mengalir pada benda yang terkena najis sehingga akan hilang bau, warna dan rasanya. Hadits nabi Muhammad SAW:

يُغْسَلُ مِنْ بَوْلِ الجَارِيَّةِ وَيُرَشُّ مِنْ بَوْلِ الْغُلاَمِ (رواه النساء

Artinya : “cucilah apa-apa yang terkena air kencing anak perempuan, sedangkan jika terkena air kencing anak laki-laki cukup dengan memercikkan air padanya” (HR. an-Nasa`i dan Abu Dawud)




3. Praktek bersuci dari najis
1.      Siapkan air untuk mensucikan najis
2.      Menyiapkan benda yang terkena najis
3.      Basuhlah benda yang tekena najis tersebut dengan air sehingga hilang bau warna dan rasanya khusus najis mugholadhoh bagian yang terkena najis disiram air tujuh kali dengan debu.

B. THAHARAH
1. Pengertian
Secara bahasa, thaharah artinya bersih atau suci. Sedangkan menurut istilah, thaharah adalah mensucikan badan, tempat maupun pakaian dari najis dan hadats. Melaksanakan thaharah hukumnya wajib sesuai firman Allah yang artinya:
“Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertobat dan menyukai orang-orang yang menyucikan diri” (QS. al-Baqarah/2 : 222)

قال رَسُول اللَّهِ ضَلَّى اللهًُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : الطُّهُوْرُ شَطْرُ الإِيْمَانِ، وَالحَمْدُ لِلَّهِ تَمْلأ ُالمِيْزَانَ (أخرجه مسلم

Artinya : “Rasulullah SAW bersabda : “Bersuci sebagian dari iman dan ucapan Alhamdulillah memenuhi timbangan”. (HR. Muslim)

2. Alat / Benda yang dapat untuk thaharah
a. Benda Padat
Benda padat yang dapat dipergunakan untuk bersuci adalah debu, batu, pecahan genting, bata merah, kertas, daun dan kayu yang dalam keadaan bersih dan tidak terpakai. Syarat benda padat yang dapat dipergunakan bersuci adalah :
1) Kasar/dapat membersihkan
2) Suci.
b. Benda Cair
Benda cair yang dapat dipergunakan untuk bersuci adalah air mutlak, yaitu air yang tidak tercampuri oleh najis seperti air sumur, air sungai, air laut dan air salju (es).

Menurut hukum Islam, air dibagi menjadi beberapa macam, yaitu:
1) Air Suci dan Mensucikan, yaitu air yang halal diminum dan dapat dipergunakan untuk bersuci, yaitu :
a) air hujan
b) air laut
c) air salju/es
d) air embun
e) air sungai
f) air mata air
2) Air suci tetapi tidak mensucikan, yaitu air yang halal untuk diminum tetapi tidak dapat dipergunakan untuk bersuci, misalnya: air kelapa, air teh, air kopi dan air yang dikeluarkan dari pepohonan.
3) Air muntanajis (air yang terkena najis). Air ini tidak halal untuk diminum dan tidak dapat dipergunakan untuk bersuci, seperti air yang sudah berubah warna, bau dan rasanya karena terkena najis, maupun air yang sudah berubah warna, bau dan rasanya karena tidak terkena najis tetapi dalam jumlah sedikit.
4) Air makruh dipakai bersuci seperti air yang terkena panas matahari dalam bejana.
5) Air musta`mal (air yang sudah terpakai). Air ini tidak boleh untuk bersuci karena dikhawatirkan sudah terdapat kotoran di dalamnya.                                                                     I



TELAAH MATERI PAI

A.    KELAS 7 SEMESTER 1
BAB
KESESUAIAN
SILABUS
KESESUAIAN
SK / KD
KESESUAIAN PSIKOLOGI PERKEMBANGAN
KEBAHASAAN
KESESUAIAN DALIL
KESESUAIAN EVALUASI
KESESESUAIAN KEBUTUHAN MASYARAKAT
KESESUAIAN METODE
1
Dalam Pelajaran 1  sudah sesuai dengan silabus dengan buku yang digunakan
Sudah sesuai dengan SK KD, buktinya di materi sudah ada
Sudah sesuai dengan perkembangan peserta didik 
Sudah sesuai dengan EYD dan bahasanya sederhan mudah dimengerti
Sudah sesuai dengan materi yang disampaikan
Sudah sesuai dengan SK KD
Sudah sesuai karena melati anak untuk terbiasa bersuci
Metode yang digunakan hendaknya menggunakan metode ceramah dan praktek


Posted on by Abd.Rozaq.6.PAI.A.7.TelaahPAI.UNISNU.JEPARA | No comments

0 komentar:

Posting Komentar