Muhammad Ubaidillah
213196
213196
KELOMPOK 5
TELAAH MATERI
PAI 2
BAB XI RIBA,
BANK DAN ASURANSI
FIQIH KELAS X
KURIKULUM 2013
MADRASAH ALIYAH
A.
Identitas : BAB
XI Riba, Bank, dan Asuransi
Ilmu fiqih
merupakan salah satu bidang keilmuan dalam syari’at Islam yang secara khusus
membahas persoalan hukum atau aturan yang terkait dengan kehidupan manusia baik
hubungan secara individu, masyarakat, maupun
hubungan manusia dengan Penciptanya. Ilmu fiqih terbagi menjadi 2
lingkup yaitu fiqih ibadah (ketentuan dan tatacara bersuci dari hadats dan
najis, shalat, puasa, zakat, ibadah haji, qurban dan aqiqah, pengurusan
jenazah, takziyah, ziarah kubur) dan fiqih muamalah (ketentuan dan hukum
kepemilikan dalam Islam, perekonomian dalam Islam, pelepasan dan perubahan
harta, wakalah, shulhu, dhaman, kafalah, riba, bank, asuransi, dan tabungan).
BAB XI fiqih MA
kelas X membahas tentang Riba, Bank dan Asuransi yang termasuk dalam aspek
fiqih muamalah.
Riba adalah
pengambilan tambahan baik dalam transaksi jual beli, maupun pinjam meminjam
secara batil atau bertentangan dengan prinsip mu’amalat islam.
Bank adalah
badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan
menyalurkannya kembali kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk
bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat.
Asuransi adalah
perjanjian pertanggungan bersama antara dua orang atau lebih untuk kemaslahatan
dan kepentingan bersama melalui iuran.
B.
KI
Kompetensi Inti (KI)
1.
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
C.
Kompetensi
Dasar
1.5
Meyakini adanya larangan praktik ribawi
2.6
Menolak segala praktik ribawi
3.6
Menganalisis hukum riba, bank, dan asuransi
4.6
Menunjukkan contoh tentang praktik ribawi
Kompetensi Dasar dalam bab ini telah sesuai dan mencakup Kompetensi
Inti yang ada mulai dari aspek spriritual (menghayati), sosial (membiasakan),
pengetahuan (memahami) dan keterampilan (mempraktikkan).
D.
Identifikasi
Pencapaian
1.
Indikator
Pembelajaran
·
Menjelaskan
larangan riba dengan benar
·
Menyebutkan
jenis-jenis riba dengan benar
·
Menghindari
praktik transaksi yang menyebabkan riba
·
Menyebutkan macam-macam
bank dengan benar
·
Menjelaskan
tentang ketentuan bank syariah dengan benar
·
Menganalisa
hukum riba, bank dan asuransi dengan benar
·
Menganalisa
hukum riba, bank dan asuransi dengan bai
·
Menunjukkan
beberapa contoh tentang praktik riba dalam maysarakat.
2.
Tujuan
pembelajaran
Setelah mengamati, menanya,
mengeksplorasi, dan mengkomunikasikan diharapkan peserta didik mampu :
·
Menjelaskan
larangan riba dengan benar
·
Menyebutkan
jenis-jenis riba dengan benar
·
Menghindari
praktik transaksiyang menyebabkan riba
·
Menyebutkan
macam-macam bank dengan benar
·
Menjelaskan
tentang ketentuan bank syariah dengan benar
·
Menganalisa
hukum riba, bank dan asuransi dengan baik
·
Menunjukkan
beberapa contoh tentang praktik riba dalam masyarakat.
Indikator pencapaian dalam bab ini sudah sesuai dengan KI/KD yang
ada dan materi yang disajikan dalam buku sudah dapat digunakan untuk mencapai
tujuan pembelajaran tersebut.
E.
Materi
Setelah memahami dan melihat sekilas buku fiqih MA kelas X Bab XI
penulis menganalisa bahwa materi yang disajikan sudah tertata dengan baik dan
runtut sesuai dengan KD dan indikator pencapaian. Sebelum menginjak materi
siswa diajak berfikir dengan menganalisa ilustrasi gambar tentang praktik Riba.
Materi yang disajikan dilengkapi dengan dalil yang sesuai sebagai sumber/dasar
hukum yang jelas.
F.
Alokasi Waktu
Alokasi waktu yang disediakan sesuai dengan silabus adalah 2 tatap
muka (45 menit x 4). Alokasi waktu yang disediakan sudah sesuai dengan muatan
materi yang disajikan dengan rincian 45 pertama dan kedua adalah penjelasan
materi (menyampaikan materi, mengamati gambar, tanya jawab, penguatan materi),
45 ketiga; guru membagi kelompok kemudian melakukan diskusi secara bergantian
di depan kelas dan 45 menit terakhir adalah praktik bagi siswa dalam kelas.
G.
Metode
Pembelajaran
Metode
pembelajarn yang cocok untuk menguasai materi ini diantaranya model direct
instruction (model pengajaran langsung) yang termasuk dalam rumpun model
system perilaku (the behavioral system family of model). Direct
instruction diartikan sebagai intruksi langsung, dikenal juga dengan active
learning atau whole-class teaching mengacu kepada gaya mengajar pendidik
yang mengusung isi pelajaran kepada peserta didik dengan
mengajarakan/memberikan koreksi, dan memberikan penguatan secara langsung.
Model ini dipadukan dengan model artikulasi (membuat/mencari pasangan yang
bertujuan untuk mengetahui daya serap peserta didik)
H.
Sumber Belajar
1.
Buku Pedoman Guru Mapel Fikih MA X, Kemenag RI,
2014
2.
Buku Pegangan Siswa Mapel Fikih MA X, Kemenag RI, 2014
3.
Al-Qur’an dan terjamahanya
4.
Buku penunjang lainnya yang relevan
5.
Media cetak dan elektronik sesuai materi
6.
Lingkungan sekitar yang mendukung
I.
KBM/Proses
Belajar
Kegiatan
belajar mengajar yang harus dilakukan yaitu:
1.
Persiapan
·
Guru
mengucapkan salam dan berdoa bersama
·
Guru memeriksa
kehadiran, kerapian brepakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan
pembelajaran
·
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
·
Guru mengajukan
pertanyaan secara komunikatif materi sebelumnya
·
Menjelaskan
secara umum materi riba, bank dan asuransi yang akan dipelajari hari ini
·
Menyiapkan
media/alatperaga/alat bantu yang sesuai dengan kegiatan pembelajaran
2.
Pelaksanaan
Pertemuan ke satu
·
Guru bersama
siswa mengawali materi dengan membaca ayat-ayat yang ada dalam tadabbur dan
memberikan penjelasan materi yang akan dipelajari secara umum
·
Siswa mengamati
gambar dan memberi tanggapan tentang contoh riba
·
Guru membentuk
kelompok sesuai dengan nomor dengan meminta siswa berhitung 1 sampai 7.
Masing-masing berkumpul/membentuk kelompok dengan nomor yang sama
·
Guru memberi
judul materi yang ada dalam riba, bank dan asuransi, masing masing kelompok
diberi topik yang berbeda.
·
Guru meminta
peserta didik mengamati/mencari tahu materi riba, bank dan asuransi
·
Peserta didik
membaca materi riba, bank dan asuransi dari berbagai sumber belajar
·
Siswa saling
tukan informasi dan berdiskusi tentang tema yang didapat
·
Guru member
pertanyaan kepada siswa apakah ada kesulitan
Pertemuan ke dua
·
Guru memberikan
kartu tentang riba, bank dan asuransi kepada siswa sesuai tema yang diberikan
pada pertemuan sebelumnya
·
Siswa
mempresentasikan secara bergiliran tentang tema yang dibahas dengan berpegang
pada kartu riba, bank dan asuransi
·
Kelompok yang
lain member tanggapan tentang presentasi yang sedang berlangsung
·
Kelompok yang
melakukan presentasi mencatat semua tanggapan dan pertanyaan dari kelompok lain,
menjawab dan mencatat pernyataan dari kelompok lain
·
Guru memberikan
penjelasan tambahan dan menguatkan jawaban yang dikemukakan peserta didik dalam
diskusi.
·
Guru memberikan
contoh-contoh masing-masing riba, bank dan asuransi sehingga dapat memberikan
pemahaman secara mendalam
·
Guru dan
peserta didik menyimpulkan intisari pelajaran yang telah didiskusikan
·
Selama proses
pembelajaran guru menilai sikap siswa
3.
Kegiatan Akhir
·
Guru melakukan
penilaian dengan meminta siswa mengerjakan soal-soal pada buku siswa
·
Guru bersama
siswa melakukan refleksi tentang hal-hal yang telah dipelajari
·
Guru memberikan
motivasi kepada siswa agar rajin belajar dan menjelaskan jika akan diadakan
ulangan harian setiap menyelesaikan satu KD
·
Guru memberikan
tugas tertruktur
J.
Teknik evaluasi
1.
Penilaian
Penilaian
yang ada dalam buku buku Fiqih Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 MA Kelas X
ini, sudah sesuai dengan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar yaitu dengan
memperhatikan aspek spiritual, sosial, pengetahuan serta keterampilan. Rincian
penilaian antara lain sebagai berikut:
a.
Uraian
Singkat
Catatan: Skor jawaban tiap
item soal 20
b.
Essay
Catatan: Skor jawaban tiap
item soal 20
c.
Portofolio
dan Penilaian Sikap
Skor penilaian sebagai
berikut:
·
Jika
peserta didik dapat mengumpulkan tugasnya tepat pada waktu yang ditentukan dan
perilaku yang diamati serta alasannya benar, nilai 100.
·
Jika
peserta didik dapat mengumpulkan tugasnya setelah waktu yang ditentukan dan
perilaku yang diamati serta alasannya benar, nilai 90.
·
Jika
peserta didik dapat mengumpulkan tugasnya setelah waktu yang ditentukan dan
perilaku yang diamati serta alasannya sedikit ada kekurangan, nilai 80.
2.
Pengayaan
Peserta didik yang sudah menguasai
materi mengerjakan soal pengayaan berupa materi Riba, Bank dan Asuransi yang
telah disiapkan oleh guru (Guru mencata dan memberikan tambahan nilai dari bagi
peserta didik yang berhasil dalam pengayaan)
3.
Remedial
Peserta didik yang belum menguasai
materi akan dijelaskan kembali oleh guru tentang RIba, Bank da Asuransi. Guru
akan melakukan penilaian kembali dengan soal yang sejenis atau memberikan tugas
individu membuat makalah. Remedial dilaksanakan pada waktu yang telah
ditentukan, boleh pada saat pembelajaran apabila masih ada waktu, atau diluar
jam pelajaran (30 menit setelah jam pelajaran selesai).
4.
Interaksi guru
dengan orang tua
Guru meminta peserta didik agar
membuat makalah tentang hukum asuransi dengan ditandai paraf orang tua. Cara
lainnya dapat juga dengan menggunakan buku penghubung kepada orang tua yang
berisi tentang perubahan perilaku siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran
atau berkomunikasi langsung baik tatap muka, bertelepon mengenai perkembangan
perilaku anak.
0 komentar:
Posting Komentar