Sabtu, 18 Juni 2016

TELAAH MATERI PAI 2 BAB XI RIBA, BANK DAN ASURANSI FIQIH KELAS X KURIKULUM 2013 MADRASAH ALIYAH

Muhammad Ubaidillah
213196
KELOMPOK 5


TELAAH MATERI PAI 2
BAB XI RIBA, BANK DAN ASURANSI
FIQIH KELAS X KURIKULUM 2013
MADRASAH ALIYAH


A.    Identitas : BAB XI Riba, Bank, dan Asuransi
Ilmu fiqih merupakan salah satu bidang keilmuan dalam syari’at Islam yang secara khusus membahas persoalan hukum atau aturan yang terkait dengan kehidupan manusia baik hubungan secara individu, masyarakat, maupun   hubungan manusia dengan Penciptanya. Ilmu fiqih terbagi menjadi 2 lingkup yaitu fiqih ibadah (ketentuan dan tatacara bersuci dari hadats dan najis, shalat, puasa, zakat, ibadah haji, qurban dan aqiqah, pengurusan jenazah, takziyah, ziarah kubur) dan fiqih muamalah  (ketentuan dan hukum kepemilikan dalam Islam, perekonomian dalam Islam, pelepasan dan perubahan harta, wakalah, shulhu, dhaman, kafalah, riba, bank, asuransi, dan tabungan).
BAB XI fiqih MA kelas X membahas tentang Riba, Bank dan Asuransi yang termasuk dalam aspek fiqih muamalah.
Riba adalah pengambilan tambahan baik dalam transaksi jual beli, maupun pinjam meminjam secara batil atau bertentangan dengan prinsip mu’amalat islam.
Bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kembali kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat.
Asuransi adalah perjanjian pertanggungan bersama antara dua orang atau lebih untuk kemaslahatan dan kepentingan bersama melalui iuran.
B.     KI
Kompetensi Inti (KI)
1.        Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.        Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.        Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.        Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

C.     Kompetensi Dasar
1.5 Meyakini adanya larangan praktik ribawi
2.6 Menolak segala praktik ribawi
3.6 Menganalisis hukum riba, bank, dan asuransi
4.6 Menunjukkan contoh tentang praktik ribawi
Kompetensi Dasar dalam bab ini telah sesuai dan mencakup Kompetensi Inti yang ada mulai dari aspek spriritual (menghayati), sosial (membiasakan), pengetahuan (memahami) dan keterampilan (mempraktikkan).

D.    Identifikasi Pencapaian
1.      Indikator Pembelajaran
·         Menjelaskan larangan riba dengan benar
·         Menyebutkan jenis-jenis riba dengan benar
·         Menghindari praktik transaksi yang menyebabkan riba
·         Menyebutkan macam-macam bank dengan benar
·         Menjelaskan tentang ketentuan bank syariah dengan benar
·         Menganalisa hukum riba, bank dan asuransi dengan benar
·         Menganalisa hukum riba, bank dan asuransi dengan bai
·         Menunjukkan beberapa contoh tentang praktik riba dalam maysarakat.
2.      Tujuan pembelajaran
Setelah mengamati, menanya, mengeksplorasi, dan mengkomunikasikan diharapkan peserta didik mampu :
·         Menjelaskan larangan riba dengan benar
·         Menyebutkan jenis-jenis riba dengan benar
·         Menghindari praktik transaksiyang menyebabkan riba
·         Menyebutkan macam-macam bank dengan benar
·         Menjelaskan tentang ketentuan bank syariah dengan benar
·         Menganalisa hukum riba, bank dan asuransi dengan baik
·         Menunjukkan beberapa contoh tentang praktik riba dalam masyarakat.
Indikator pencapaian dalam bab ini sudah sesuai dengan KI/KD yang ada dan materi yang disajikan dalam buku sudah dapat digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut.

E.     Materi
Setelah memahami dan melihat sekilas buku fiqih MA kelas X Bab XI penulis menganalisa bahwa materi yang disajikan sudah tertata dengan baik dan runtut sesuai dengan KD dan indikator pencapaian. Sebelum menginjak materi siswa diajak berfikir dengan menganalisa ilustrasi gambar tentang praktik Riba. Materi yang disajikan dilengkapi dengan dalil yang sesuai sebagai sumber/dasar hukum yang jelas.
F.      Alokasi Waktu
Alokasi waktu yang disediakan sesuai dengan silabus adalah 2 tatap muka (45 menit x 4). Alokasi waktu yang disediakan sudah sesuai dengan muatan materi yang disajikan dengan rincian 45 pertama dan kedua adalah penjelasan materi (menyampaikan materi, mengamati gambar, tanya jawab, penguatan materi), 45 ketiga; guru membagi kelompok kemudian melakukan diskusi secara bergantian di depan kelas dan 45 menit terakhir adalah praktik bagi siswa dalam kelas.

G.    Metode Pembelajaran
Metode pembelajarn yang cocok untuk menguasai materi ini diantaranya model direct instruction (model pengajaran langsung) yang termasuk dalam rumpun model system perilaku (the behavioral system family of model). Direct instruction diartikan sebagai intruksi langsung, dikenal juga dengan active learning atau whole-class teaching mengacu kepada gaya mengajar pendidik yang mengusung isi pelajaran kepada peserta didik dengan mengajarakan/memberikan koreksi, dan memberikan penguatan secara langsung. Model ini dipadukan dengan model artikulasi (membuat/mencari pasangan yang bertujuan untuk mengetahui daya serap peserta didik)
H.    Sumber Belajar
1.      Buku Pedoman Guru Mapel Fikih MA X, Kemenag RI, 2014
2.      Buku Pegangan Siswa Mapel Fikih MA X, Kemenag RI, 2014
3.      Al-Qur’an dan terjamahanya
4.      Buku penunjang lainnya yang relevan
5.      Media cetak dan elektronik sesuai materi
6.      Lingkungan sekitar yang mendukung

I.       KBM/Proses Belajar
Kegiatan belajar mengajar yang harus dilakukan yaitu:
1.      Persiapan
·         Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama
·         Guru memeriksa kehadiran, kerapian brepakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran
·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
·         Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif materi sebelumnya
·         Menjelaskan secara umum materi riba, bank dan asuransi yang akan dipelajari hari ini
·         Menyiapkan media/alatperaga/alat bantu yang sesuai dengan kegiatan pembelajaran
2.      Pelaksanaan
Pertemuan ke satu
·         Guru bersama siswa mengawali materi dengan membaca ayat-ayat yang ada dalam tadabbur dan memberikan penjelasan materi yang akan dipelajari secara umum
·         Siswa mengamati gambar dan memberi tanggapan tentang contoh riba
·         Guru membentuk kelompok sesuai dengan nomor dengan meminta siswa berhitung 1 sampai 7. Masing-masing berkumpul/membentuk kelompok dengan nomor yang sama
·         Guru memberi judul materi yang ada dalam riba, bank dan asuransi, masing masing kelompok diberi topik yang berbeda.
·         Guru meminta peserta didik mengamati/mencari tahu materi riba, bank dan asuransi
·         Peserta didik membaca materi riba, bank dan asuransi dari berbagai sumber belajar
·         Siswa saling tukan informasi dan berdiskusi tentang tema yang didapat
·         Guru member pertanyaan kepada siswa apakah ada kesulitan
Pertemuan ke dua
·         Guru memberikan kartu tentang riba, bank dan asuransi kepada siswa sesuai tema yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
·         Siswa mempresentasikan secara bergiliran tentang tema yang dibahas dengan berpegang pada kartu riba, bank dan asuransi
·         Kelompok yang lain member tanggapan tentang presentasi yang sedang berlangsung
·         Kelompok yang melakukan presentasi mencatat semua tanggapan dan pertanyaan dari kelompok lain, menjawab dan mencatat pernyataan dari kelompok lain
·         Guru memberikan penjelasan tambahan dan menguatkan jawaban yang dikemukakan peserta didik dalam diskusi.
·         Guru memberikan contoh-contoh masing-masing riba, bank dan asuransi sehingga dapat memberikan pemahaman secara mendalam
·         Guru dan peserta didik menyimpulkan intisari pelajaran yang telah didiskusikan
·         Selama proses pembelajaran guru menilai sikap siswa
3.      Kegiatan Akhir
·         Guru melakukan penilaian dengan meminta siswa mengerjakan soal-soal pada buku siswa
·         Guru bersama siswa melakukan refleksi tentang hal-hal yang telah dipelajari
·         Guru memberikan motivasi kepada siswa agar rajin belajar dan menjelaskan jika akan diadakan ulangan harian setiap menyelesaikan satu KD
·         Guru memberikan tugas tertruktur
J.       Teknik evaluasi
1.      Penilaian
Penilaian yang ada dalam buku buku Fiqih Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 MA Kelas X ini, sudah sesuai dengan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar yaitu dengan memperhatikan aspek spiritual, sosial, pengetahuan serta keterampilan. Rincian penilaian antara lain sebagai berikut:
a.       Uraian Singkat
Catatan: Skor jawaban tiap item soal 20
b.      Essay
Catatan: Skor jawaban tiap item soal 20
c.       Portofolio dan Penilaian Sikap
Skor penilaian sebagai berikut:
·         Jika peserta didik dapat mengumpulkan tugasnya tepat pada waktu yang ditentukan dan perilaku yang diamati serta alasannya benar, nilai 100.
·         Jika peserta didik dapat mengumpulkan tugasnya setelah waktu yang ditentukan dan perilaku yang diamati serta alasannya benar, nilai 90.
·         Jika peserta didik dapat mengumpulkan tugasnya setelah waktu yang ditentukan dan perilaku yang diamati serta alasannya sedikit ada kekurangan, nilai 80.
2.      Pengayaan
Peserta didik yang sudah menguasai materi mengerjakan soal pengayaan berupa materi Riba, Bank dan Asuransi yang telah disiapkan oleh guru (Guru mencata dan memberikan tambahan nilai dari bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan)
3.      Remedial
Peserta didik yang belum menguasai materi akan dijelaskan kembali oleh guru tentang RIba, Bank da Asuransi. Guru akan melakukan penilaian kembali dengan soal yang sejenis atau memberikan tugas individu membuat makalah. Remedial dilaksanakan pada waktu yang telah ditentukan, boleh pada saat pembelajaran apabila masih ada waktu, atau diluar jam pelajaran (30 menit setelah jam pelajaran selesai).
4.      Interaksi guru dengan orang tua
Guru meminta peserta didik agar membuat makalah tentang hukum asuransi dengan ditandai paraf orang tua. Cara lainnya dapat juga dengan menggunakan buku penghubung kepada orang tua yang berisi tentang perubahan perilaku siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran atau berkomunikasi langsung baik tatap muka, bertelepon mengenai perkembangan perilaku anak.


Posted on by Abd.Rozaq.6.PAI.A.7.TelaahPAI.UNISNU.JEPARA | No comments

0 komentar:

Posting Komentar